Ingin AC Awet Sampai 20 Tahun? Simak 4 Tipsnya!

Siapa yang tidak ingin sesuatu agar awet sampai 20 tahun atau bahkan lebih? Untuk hubungan saja, orang akan mencari hubungan yang awet. Begitu juga dengan barang-barang elektronik yang umumnya dipakai setiap hari, seperti AC. Tanpa kehadiran AC, tidur tidak nyenyak, sulit konsentrasi saat kerja, atau bawaannya kesal karena panas. Maka dari itu, AC harus dijaga dengan baik agar awet. Penasaran bagaimana cara merawat AC agar AC tahan lama? Simak tipsnya berikut ini!

AC Awet

Pastikan Anda Memilih AC dengan PK yang Sesuai

Setiap AC mempunyai PK berbeda-beda yang menentukan kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan. Ini yang harus disesuaikan jika tidak ingin AC Anda kelebihan beban. Bila Anda menaruh AC dengan PK yang kecil di ruangan yang besar, maka AC akan dipaksa bekerja melebihi kapasitasnya sehingga AC cepat rusak. Sebaliknya, bila Anda menaruh AC dengan PK besar di ruangan kecil, listrik yang digunakan akan terlalu banyak sehingga tidak efisien.

 

Pastikan Ruangan Anda Tertutup Rapat

Bila Anda ingin menghidupkan AC, pastikan semua pintu dan jendela sudah tertutup rapat untuk mencegah agar angin tidak keluar. Bila Anda mempunyai kamar mandi di dalam ruangan, tutup pintunya agar ruangan yang perlu didinginkan AC tidak terlalu luas. Dengan begitu, kerja AC tidak akan terlalu berat dan umur AC pun akan lebih panjang.

 

Jangan Setel AC Anda di Bawah 22 °C

Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan orang yang tidak paham cara kerja AC. Apabila Anda menyetel AC pada suhu dibawah 22 °C, maka kompresor AC akan bekerja agar suhu ruangan berada di angka 22 °C. Saat suhu ruangan sudah menyentuh suhu tersebut, maka kompresor AC akan berhenti bekerja dan angin yang keluar dari AC akan seperti kipas angin. Jika Anda memasang AC pada suhu 16 °C, hal ini akan memaksa AC terus-terusan bekerja keras.

 

Cuci AC Secara Rutin

Debu adalah salah satu musuh terbesar AC. Debu yang menempel pada filter AC akan mengurangi aliran udara yang membuat AC menjadi tidak dingin. Tidak hanya itu, debu bisa tersedot ke dalam evaporator dan menyumbang celah evaporator, serta menempel pada kipas pendingin.

Sejasa

 

Anda bisa mendapatkan jasa service AC Jakarta Utara atau wilayah lainnya di Sejasa.com. Caranya mudah, cukup dengan mengunjungi dan mengisi form request. Anda akan mendapatkan beberapa penawaran dari penyedia jasa. Anda dapat membandingkan harga dan membaca review dari penyedia jasa. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda!

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.