Jual rumah murah adalah salah satu langkah yang diambil seseorang agar propertinya segera terjual.

Ada berbagai alasan yang membuat seseorang menjual properti, mulai dari faktor kebutuhan, ingin membeli rumah baru, dan lain sebagainya.

Jual rumah murah meski terdengar menarik bagi calon pembeli, tidak serta merta properti yang ditawarkan akan segera laku terjual lho…

Banyak hal yang harus diperhatikan disamping menjualnya dengan harga di bawah pasaran.

Perhatikan bahwa pembeli tidak hanya mempertimbangkan harga saja saat memutuskan membeli rumah, tapi juga ada faktor lainnya seperti lokasi, kondisi rumah dan lingkungan sekitar.

Lalu apa saja sih, hal yang sering luput dari perhatian saat seseorang ingin jual rumah murah?

1. Mempersiapkan rumah

Jika ingin rumah yang dijual cepat laku, tak ada salahnya kamu mempersiapkan rumah misalnya dengan memperbaiki segala kerusakan termasuk yang kecil sekali pun seperti atap yang bocor.

Selain memperbaiki, persiapan di sini juga bisa dalam bentuk mempercantik rumah. Contohnya dengan membersihkan bagian atau area yang terlihat kotor dan kusam, bahkan jika perlu mengecat ulang.

Perhatikan seluruh area rumah, tidak saja di bagian dalam, tapi juga bagian luar, seperti halaman depan (taman).

Dengan memperbaiki dan mempercantik tampilan rumah, calon pembeli tidak hanya akan terkesan, tapi langkah ini bisa membuat nilai rumah juga jadi meningkat.

2. Menentukan harga

Trik menjual rumah agar bisa menarik perhatian pembeli adalah dengan memasang harga yang sesuai. Jadi tidak terlalu jauh di bawah ataupun di atas harga pasaran.

Faktor penentu harga biasanya adalah lokasi. Jadi kalau kamu menjual rumah murah di Bandung tentu akan berbeda harganya dengan jual rumah murah Jakarta atau jual rumah murah di Bali.

Selain faktor lokasi, akses yang mudah juga akan jadi salah satu nilai tambah selain spesifikasi rumah.

Mudahnya, kamu bisa bertanya pasaran harga rumah yang setipe di kawasan tersebut. Salah satu yang bisa dijadikan sumber adalah agen properti.

3. Memasang iklan

Jika kedua hal di atas sudah dilakukan, saatnya kamu melakukan promosi. Jual rumah murah bisa dilakukan sendiri dengan memasang iklan di internet.

Saat ini calon pembeli rumah juga sudah banyak yang mengandalkan internet untuk mencari informasi seputar rumah yang dijual.

Sehingga dengan memasang iklan online bisa dibilang jadi salah satu langkah yang efektif untuk menyasar target pasar yang lebih luas.

Ya, kelebihan beriklan secara online dibanding konvensional adalah jangkauan iklan yang jauh lebih luas.

Jual Rumah Murah via Online, Begini Cara Mudahnya

Salah satu pilihan untuk memasang iklan secara online adalah melalui situs properti www.99.co/id.

Di sini kamu akan dipandu untuk memasang iklan dengan mudah yakni dengan cara:

1. Memasukkan data / informasi

Situs 99.co Indonesia sudah menyediakan kolom-kolom yang bisa kamu isi dengan memasukkan data dan informasi seputar properti yang dijual.

Informasi yang dapat dimasukkan tersebut cukup lengkap, mulai dari alamat, lokasi, hingga spesifikasi rumah seperti luas, jumlah kamar, ketersediaan taman, carport, dan sebagainya.

2. Pasang foto

Untuk menambah daya tarik iklan jual rumah murah, kamu bisa memasang foto-foto rumah yang bisa menarik perhatian.

Iklan online tentunya akan mengandalkan visual, mengingat pembeli tidak bisa langsung melihat rumah yang dijual.

Jadi pastikan kamu menggunakan foto yang jelas, mewakili kondisi dan suasana rumah serta tentunya yang menarik.

Kalau memang diperlukan, mintalah bantuan orang yang paham fotografi sehingga bisa menangkap angle terbaik dari rumah yang dijual.

3. Gunakan kalimat kreatif

Selain data yang lengkap dan foto yang jelas, kamu juga perlu merangkai kata-kata yang bisa menarik perhatian target pembeli.

Mulai dari judul hingga deskripsi, kamu bisa berkreasi sebebas mungkin untuk bisa menarik perhatian calon pembeli.

Memasang iklan online memang dibutuhkan kreativitas tersendiri. Tapi mengingat keunggulannya dibanding iklan konvensional, tentu saja ini adalah opsi yang sangat direkomendasikan.

Selain jangkauan yang luas, kelebihan iklan online adalah lebih murah. Ya, memasang iklan di 99.co Indonesia misalnya, bisa kamu lakukan tanpa dipungut biaya. Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak brosur dan sebagainya.

Lalu cara ini lebih praktis karena kamu bisa beriklan kapan pun dan dimana pun dengan hanya bermodalkan gadget.

Namun jika kamu tidak punya waktu untuk mengurus segala hal terkait proses jual rumah murah, tak perlu khawatir, karena kamu bisa menggunakan jasa agen properti.

Kelebihan jika urusan satu ini diserahkan ke jasa profesional adalah kamu tidak perlu melakukan semua langkah-langkah di atas.

Semuanya akan diurus oleh seorang agen hingga rumah berhasil terjual.

Keunggulan lainnya dalam menggunakan jasa agen adalah kamu tak perlu bingung menentukan harga, karena seorang agen memiliki keahlian dalam hal ini.

Lalu agen biasanya sudah punya data para calon pembeli, sehingga ketika kamu ingin jual rumah murah via agen properti, mereka sudah bisa membaca target mana saja yang cocok untuk ditawari properti milik kamu yang hendak dijaul tersebut.

Sebagai imbalannya, kamu harus bersiap membayar jasa seorang agen profesional setidaknya adalah 2% dari total transaksi.

Resiko yang juga perlu diantisipasi adalah kemungkinan adanya penyalahgunaan, mengingat seorang agen dalam proses jual rumah murah biasanya juga akan mengurus hal-hal terkait dokumen dan aspek legalitas yang memang kebanyakan orang tidak paham.

Jadi pastikan ya, kamu memilih agen properti yang sudah terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik.

Tak ada salahnya juga kamu melakukan survei dan komparasi terlebih dahulu sebelum memutuskan memilih agen.

Karena kerjasama dan komunikasi yang baik harus bisa terjalin antara kamu dengan agen.

Selain proses ini melibatkan nominal yang besar, juga karena durasi penjualan rumah sendiri tidak bisa ditentukan. Bisa saja berbulan-bulan. Itulah pentingnya komunikasi yang baik.

Seorang agen idealnya akan secara rutin memberikan laporan kepada kamu atau setidaknya menjaga komunikasi dengan kamu meski rumah belum berhasil terjual.

Pilihan agen properti juga bisa kamu cek melalui situs 99.co Indonesia, dimana juga tersedia profil sang agen beserta listing properti yang sudah berhasil dijual

Melakukan survei terhadap agen ini sebenarnya juga bisa kamu lakukan secara online. Misalnya dengan melakukan ricek ke website perusahaan dimana sang agen tergabung.

Nah, jika kamu sudah siap jual rumah murah, maka tak ada salahnya mengintip beberapa contoh iklan online yang ada di 99.co Indonesia sebagai gambaran.

Misalnya info jual rumah murah di Bandung yang berada di perumahan Bumi Adipura dengan luas 95m2 dan terdiri dari 2+1 kamar tidur yang ditawarkan senilai Rp 700 juta.

Ada pula jual rumah murah di Jakarta, tepatnya di kawasan utara, dengan lokasi strategis dan lingkungan yang nyaman. Luas bangunannya sekitar 60m2 dan harga yang ditawarkan adalah Rp 600 juta.

Atau kamu bisa juga menjumpai iklan jual rumah murah di Medan yang dibanderol senilai Rp 400 juta-an dengan luas bangunan 50m2 dan luas tanah 72m2 serta memiliki 2 kamar tidur.

Semoga bermanfaat dan membuat kamu makin mudah untuk menjual properti kamu.

Follow me on social media:
Agar Cepat Laku, Begini Caranya Jual Rumah Murah

One thought on “Agar Cepat Laku, Begini Caranya Jual Rumah Murah

  • 24/01/2020 at 9:25 pm
    Permalink

    kalau saya sih punya tips tambahan, misalnya ada rencana beli rumah tapi berencana untuk dijual dikemudian hari, ada baiknya rumah tersebut tidak perlu ditingkat. karena rumah 1 lantai lebih cepat dijual daripada rumah 2 lantai atau lebih. pengalaman pribadi soalnya, terutama untuk yang memang membutuhkan uang cepat.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.