Baju putih adalah jenis pakaian yang rawan terkena noda, seperti coretan tinta pulpen, saus cilok, kecap, dan lain-lain. Selain itu, baju putih warnanya juga tergolong gampang memudar dan menguning seiring waktu, lebih-lebih jika baju putihnya sering kamu gunakan. 

Nah, apabila baju putih yang sering kamu kenakan warnanya sudah mulai tampak menguning, sebaiknya kamu tenang saja dan tidak perlu khawatir. Sebab berikut ini Shopback akan memberitahukan kamu beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda kuning di baju putih. Namun, sebelum itu, mari kita bahas terlebih dulu beberapa penyebab timbulnya noda kuning di baju putih.

Photo by Mason Jones on Unsplash

Penyebab Noda Kuning di Baju Putih

Berbeda dengan jenis noda lainnya pada pakaian, noda kuning memiliki beragam penyebab yang perlu kamu ketahui. Hal ini supaya baju putih kamu tidak gampang berubah warna menjadi kekuningan dengan menghindari sumber-sumber penyebabnya. 

Berikut ini adalah beberapa penyebab timbulnya noda di kuning di baju putih yang perlu kamu waspadai:

1. Noda Keringat

Noda pada pakaian tidak hanya bisa disebabkan oleh tinta pulpen, saus, karat, dan berbagai macam hal lainnya, melainkan juga oleh keringat. Hal ini karena keringat mengandung zat garam, protein, dan minyak yang dapat meninggalkan bekas berupa noda kuning pada pakaian. 

Memang, pada pakaian berwarna, noda kuning akibat keringat ini tidak akan begitu kelihatan sehingga bisa diabaikan. Namun, jika kamu mengenakan baju putih, noda kuning ini justru akan sangat kelihatan dan merusak penampilan. Oleh karena itu, kurangilah aktivitas fisik dan bergerak di saat kamu sedang mengenakan baju putih agar keringat yang keluar juga hanya sedikit dan mudah dibersihkan.

2. Penggunaan produk Pemutih atau Pencerah Pakaian yang Tidak Sesuai

Noda kuning di baju putih juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk pemutih atau pencerah pakaian yang tidak sesuai. Misalnya, jika kamu memilih menggunakan pemutih klorin atau chlorine bleach, sebaiknya gunakan hanya pada pakaian putih saja, bukan berwarna. Sedangkan, untuk produk pencerah pakaian oxygen bleach bisa kamu gunakan untuk pakaian putih maupun berwarna. 

Selain itu, kamu bisa memakai cairan pemutih klorin untuk membersihkan noda kuning pada pakaian yang terbuat dari bahan kain polyester, rayon, atau katun. Sedangkan, oxygen bleach bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian berbahan kain katun atau linean. 

Supaya tidak keliru, ada baiknya kamu membaca petunjuk perawatan baju putihmu terlebih dahulu sebelum menggunakan berbagai produk atau cairan pemutih/pencerah pakaian tertentu. Hindari menggunakan deterjen, cairan pemutih, atau penghilang noda yang tidak sesuai dengan petunjuk perawatan baju putihmu. Selain itu, hindari pula menggunakannya secara berlebihan.  

3. Kondisi Lembap

Baju putih yang disimpan di tempat lembap lebih mudah berubah menjadi kekuningan. Kamu sebaiknya menyimpan baju putih bersih di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik. Selain itu, hindari membiarkan baju putih kotor menumpuk terlalu lama sebelum dicuci.

Mungkin kamu tidak menyadarinya selama ini, namun kondisi lembap pada dasarnya bisa membuat baju putih menjadi berwarna kekuningan. Oleh karena itu, disarankan kamu hanya menyimpan baju putih di tempat yang benar-benar kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu, sebaiknya jemur pakaian kamu di tempat yang terkena sinar matahari langsung, bukan ruangan tertutup agar terhindar dari bau apek dan lembap.

4. Penggunaan deodoran atau antiperspirant

Deodoran dan antiperspirant mengandung garam aluminium, seperti aluminium klorida, yang dapat bereaksi dengan keringat dan menghasilkan senyawa tertentu. Senyawa yang dihasilkan ini nantinya dapat bereaksi dengan serat pakaian dan membentuk noda kekuningan di baju. Nah, itu pula alasan kenapa kamu sering menjumpai noda kekuningan di bagian ketiak baju kamu.

5. Interaksi bakteri dengan protein dan lemak

Bakteri di kulit dapat berinteraksi dengan protein dan lemak yang terdapat dalam keringat, sehingga menimbulkan bau tidak sedap dan noda kekuningan.

6. Terkena senyawa Tanin

Senyata tanin yang terkandung dalam kopi memiliki sifat asam yang dapat menimbulkan noda pada gigi apabila dikonsumsi terus menerus. Namun, selain itu, senyawa tanin yang terkena pada pakaian juga dapat menyebabkan menimbulkan noda kuning pada baju dan menyebabkan warna baju putih berubah menjadi kekuningan. 

Beberapa contoh makanan atau minuman yang mengandung senyawa tanin, seperti berbagai buah-buahan, sayur-sayuran, anggur merah, coklat, teh, dan kopi. 

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Noda kuning di baju putih bisa kamu hilangkan dengan berbagai cara, di antaranya: 

1. Gunakan cuka putih

Tuang beberapa tetes cuka putih ke noda kuning yang terdapat di baju kamu. Gosok atau sikat perlahan menggunakan sikat gigi atau sikat pakaian. Diamkan selama 15 – 30 menit, kemudian cuci dan bilas bajumu seperti biasa.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mencampurkan jus lemon dan cuka putih terlebih dulu sebelum menuangkannya ke noda kuning yang terdapat di baju putih.

2. Jemur pakaian di bawah terik matahari

Cara paling mudah untuk menghilangkan noda kuning di baju putih adalah dengan menjemur baju putih di bawah terik matahari setelah mencucinya. Hal ini karena dalam cahaya matahari terdapat sinar ultraviolet yang bisa memecah ikatan kimia yang membentuk noda pada pakaian dan membuatnya tampak memudar bahkan luruh. 

Selain itu, cahaya matahari juga mampu menghilangkan noda kuning pada baju putih tanpa meninggalkan bau dan efek samping seperti pada produk pemutih atau deterjen penghilang noda. 

3. Gunakan deterjen alami

Deterjen alami adalah deterjen yang mengandung enzim nabati dan sejumlah mineral yang dapat membantu menghilangkan noda kuning di baju putih secara efektif. Selain itu, deterjen alami juga lebih ramah lingkungan karena bebas senyawa-senyawa kimia yang dapat merusak lingkungan ataupun membunuh mahluk hidup.

4. Rendam baju putih di air yang telah bercampur jus lemon

Buatlah satu cangkir jus lemon, kemudian tuang ke dalam loyang atau ember berisi air hangat secukupnya. Setelah itu, campur dan masukkan baju putih kamu ke dalam air campuran jus lemon tadi, rendam selama satu jam. Setelah itu, cuci pakaian kamu seperti biasa dan bilas hingga bersih. 

Selain merendam baju putih ke dalam air campuran jus lemon, kamu juga bisa langsung mengoleskan beberapa tetes jus lemon ke bagian baju putih kamu yang terdapat noda kuning. Gosok atau sikat perlahan menggunakan jari tangan atau sikat gigi/pakaian, kemudian diamkan selama 15 – 30 menit hingga kering.

Jika sudah, lanjut cuci dan bilas baju kamu seperti biasa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu boleh mencampur jus lemon dengan krim tartar sebelum mengoleskannya ke bagian baju yang terkena noda. Krim tartar ini bisa kamu beli di Tokopedia dengan menggunakan aplikasi Shopback untuk mendapatkan sejumlah cashback dari setiap transaksi yang berhasil kamu lakukan.

5. Gunakan Soda Kue

Selain bermanfaat sebagai pewangi alami, soda kue juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda kuning di baju putih. Caranya, tuang 2 – 4 sendok makan soda kue ke dalam ¼ gelas air hangat, lalu campur sampai merata. Setelah itu, oles pasta soda kue tadi ke bagian noda kuning di baju. Diamkan selama 30 menit hingga kering, lalu cuci dan bilas baju seperti biasa. 

6. Gunakan Aspirin

Ambil 2 butir obat aspirin, lalu tumbuk hingga menjadi bubuk halus. Setelah itu, masukkan bubuk aspirin tersebut ke dalam ember atau loyang berisi air hangat secukupnya. Masukkan baju putih ke dalamnya, lalu rendam selama 2-3 jam. Terakhir, cuci dan bilas seperti biasa.

7. Gunakan Larutan Garam

Campur 3-5 sendok makan garam ke dalam 1 liter air hangat. Setelah itu, ambil larutan garam tersebut dan gosokkan pada bagian noda kuning yang terdapat di baju putih. Terakhir, cuci dan bilas seperti biasa.  

Menghilangkan noda kuning di baju putih sejatinya bisa dilakukan dengan berbagai cara di atas, baik dengan menggunakan cahaya matahari, bahan alami, ataupun bahan kimia. Namun, jika memang kamu masih bisa menggunakan cara-cara atau bahan alami, lebih baik gunakan cara itu saja yaa. Selamat mencoba!   

Follow me on social media:
7 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.