Review Singkat Honda Brio, Sang Juara Penjualan Baru Penggeser Avanza

Kali ini, saya akan membahas tentang review singkat Honda Brio yang merupakan produk terlaris di indonesia berdasarkan data penjualan rilisan Gaikindo.

Sepanjang tahun 2020 saja, Brio berhasil mencatatkan angka penjualan sebanyak 40.879 unit. Angka ini ternyata menggeser posisi Toyota Avanza yang sudah menjadi mobil dengan penjualan tertinggi selama 15 tahun di Indonesia.

Selain karena harganya yang terjangkau, Brio juga banyak diminati karena konsumsi bahan bakarnya yang irit.

Tidak heran jika mobil hatchback pabrikan Honda ini sangat populer di beberapa negara Asia, seperti India, Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Review singkat Honda Brio ini bisa menjadi pertimbangan sebelum kita membeli mobil ini. Daripada penasaran, langsung saja kita simak review singkat Honda Brio berikut ini!

Dimensi Bodi Honda Brio

Honda Brio diketahui memiliki panjang bodi 3.815 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm.

Sedangkan wheelbase atau jarak sumbu rodanya memiliki panjang 2.405 mm.

Untuk ukuran mobil hatchback, ground clearance yang dimiliki Brio memang standar, yakni 165.

Sementara itu, mobil ini memiliki radius putar sebesar 4.6 meter, tergolong baik untuk sekelas city car.

Pihak Honda menawarkan beberapa pilihan warna bodi untuk Honda Brio ini. Ada Attract Yellow Pearl, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Phoenix Orange Pearl, dan Tafetta White.

Spesifikasi Mesin dan Konsumsi BBM Honda Brio

Dilansir dari otoloka.id dalam artikel Review Honda Brio, dikatakan bahwa semua varian Honda Brio yang dipasarkan di Indonesia saat ini dibekali dengan mesin yang sama persis.

Mobil ini menggendong mesin 4 Silinder Segaris 1.2 L SOHC dengan 16 Katup yang sudah dilengkapi teknologi i-VTEC dan Drive By Wire.

Bagi yang masih awam, teknologi Drive By Wire ini berfungsi untuk mengoptimalkan kemampuan akselerasi mobil dengan mengontrol buka tutup throttle valve.

Perlu diketahui juga bahwa Honda telah mengombinasikan teknologi tersebut dengan sistem pembakaran PGM-FI sehingga efisiensi bahan bakar Brio lebih optimal.

Mesin Brio juga sudah dipadukan dengan sistem transmisi yang mumpuni, yaitu transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis CVT dengan Earth Dreams Technology.

Soal tenaganya sendiri, mesin Brio bisa menghasilkan tenaga sebesar 90 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara torsinya sendiri bisa mencapai 110 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin Honda Brio ini kemudian disalurkan ke kaki-kaki mobil melalui sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive).

Data Spesifikasi Honda Brio

Berikut ini adalah rincian spesifikasi mesin Honda Brio.

Mesin 4 Silinder Segaris SOHC 16 Katup dengan i-VTEC + Drive By Wire
Kapasitas 1.2 L (1.199 cc)
Transmisi Manual 5 Percepatan / Otomatis CVT dengan Earth Dreams Technology
Tenaga 90 PS @ 6.000 rpm
Torsi 110 Nm @ 4.800 rpm
Konsumsi BBM 13 km/liter Dalam Kota
Konsumsi BBM 20 km/liter Luar Kota

Fitur Honda Brio

Bukan hanya unggul dalam hal mesin dan efisiensi bahan bakarnya, Honda Brio juga dibekali dengan berbagai fitur terbaik di kelasnya.

Mulai dari fitur keamanan yang sudah dilengkapi Engine Immobilizer dan Alarm System.

Kemudian untuk fitur hiburannya, Honda Brio mengandalkan head unit 2DIN berukuran 6,1 inci dengan kelengkapan AM/FM Radio, CD/DVD Player, iPod/iPhone Connectivity, Bluetooth and USB Connection, hingga Handsfree Telephone.

Lalu untuk fitur keamanan aktifnya, Honda Brio sudah dibekali dengan pengereman Anti-lock Braking System dan Electronic Brake Distribution.

Kedua fitur ini bisa membantu pengemudi mengendalikan laju mobil dan mencegah slip pada ban saat terjadi pengereman mendadak.

Selain itu, untuk memudahkan proses parkir, mobil ini juga sudah memiliki Parking Sensor.

Beralih ke fitur keselamatan pasifnya, semua varian Brio hadir standar dengan Dual Front i-SRS Airbags serta 3-point seatbelts. Bodinya juga sudah menggunakan struktur rangka G-CON + ACE dengan Side Impact Beam untuk mengurangi dampak benturan ketika terjadi tabrakan.

Fitur keamanan untuk penumpang anak-anak pun tak luput disematkan. Brio sendiri diketahui sudah memiliki fitur Child Safety Locks dan pengaturan kursi ISOFIX.

Varian dan Harga Honda Brio

Pada bagian terakhir dari review singkat ini, kita akan membahas tentang harga dari masing-masing varian Honda Brio yang ada di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa di Indonesia, mobil ini ditawarkan dalam 7 varian dengan kisaran harga Rp151,4—203,7 jutaan.

Daftar Harga Honda Brio Terbaru

VARIAN

HARGA

Honda Brio S MT

Rp 151.400.000

Honda Brio E MT

Rp 160.400.000

Honda Brio E CVT

Rp 175.400.000

Honda Brio RS MT

Rp 183.300.000

Honda Brio RS CVT

Rp 198.200.000

Honda Brio RS MT Urbanite Edition

Rp 189.300.000

Honda Brio RS CVT Urbanite Edition

Rp 203.700.000

Follow me on social media:

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.