Judul artikel ini memang tidak “enak”. Sama tidak enaknya dengan perasaan Brasil dan Belanda yang bakal melakoni pertandingan perebutan posisi ketiga di Piala Dunia 2014.

Bayangkan, para pemain dan tim pelatih kedua negara tersebut tentu masih merasa hancur akibat kekalahan di semifinal. Belum pulih perasaan itu, mereka “dipaksa” untuk bertanding lagi.

Para pemain Belanda sudah menyatakan rasa enggan mereka. Robben berkata, “silakan ambil tempat ketiga, kami tak peduli lagi”. Van Persie berkata bila yang mereka impikan itu final, bukan play off. Van Gaal juga menyatakan ketidaksukaannya akan babak playoff, walau tetap menginstruksikan pemain Belanda untuk serius.

Brasil sendiri tentu patah hati akibat kekalahan “fenomenal” melawan Jerman. Luka mereka masih diperparah dengan melajunya Argentina ke final. Ibaratnya tim manapun boleh mengalahkan Brasil, asal bukan Argentina. Lha ini malah mereka yang bakal bertanding di partai puncak.

Nah, lepas dari hal-hal di atas, kira-kira siapa yang bakal memenangkan pertandingan ini? Saya pegang Belanda. Namun dengan catatan mereka mau tampil full team. Bila yang diturunkan adalah pemain cadangan, sepertinya Brasil yang bakal menang. Bagaimanapun mereka tentu tak mau dipermalukan untuk kedua kalinya.

Meski tidak penting, sebenarnya pertandingan ini masih punya manfaat. Pertandingan ini tetap akan disertakan dalam perhitungan koefisien peringkat FIFA dan membuka kesempatan bagi para pemain untuk meraih penghargaan secara individu seperti top skorer. Bisa saja khan Van Persie mencetak hattrick di pertandingan ini.

Setidaknya ada 3 pemain yang merasakan manfaat pertandingan perebutan tempat ketiga ini untuk meraih gelar top skorer, yaitu Toto Schillaci pada tahun 1990, Davor Suker pada tahun 1998, dan Thomas Muller pada tahun 2010.

Semoga Brasil dan Belanda tetap main serius dan menghibur.

Follow me on social media:
Categories: Olah Raga

1 Comment

hariy · 13/07/2014 at 4:05 am

Permisiiiii………numpang komen, om.
Lebih ke pertandingan top scorer deh, karena secara tim sudah pasti ‘hanya’ Juara 3…
Kalau om Yahya pegang Belanda, saya pegang Brazil…ada kemungkinan Brazil tampil habis2an demi gengsi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *