Tips PowerPoint 2007: Presentasi dengan Dual Monitor

Saat memberikan presentasi menggunakan PowerPoint, kebanyakan orang akan menggunakan notebook. Selain sifatnya yang mobile, ada keuntungan lain yang diperoleh, yaitu penggunaan dua display sekaligus. Yang pertama adalah monitor yang ada pada notebook dan yang kedua adalah tampilan melalui projektor.

Menggunakan PC sebenarnya juga dimungkinkan, asal PC tersebut diperlengkapi dengan dua buah kartu VGA atau satu kartu VGA yang mendukung beberapa output. Dengan demikian, projektor bisa ditancapkan pada salah satu output dan output yang lain digunakan untuk monitor.

Tanpa adanya perubahan setting apapun, output yang akan ditampilkan pada kedua perangkat tersebut (monitor dan projector) sama.

Nah, seringkali dalam sebuah presentasi, selain menampilkan slide PowerPoint, kita juga membuka aplikasi lain, misalnya Windows Explorer, karena mungkin saja presentasi kita terdiri dari beberapa file. Bila ruang presentasi diperlengkapi dengan koneksi internet, mungkin saja kita juga membuka aplikasi untuk chatting seperti Yahoo! Messenger.

Jika tampilan di kedua perangkat sama, tentu saja apa yang kita lakukan juga akan nampak di layar projector dan dilihat oleh seluruh hadirin. Bagi saya, hal tersebut menjadikan sang penyaji presentasi nampak kurang profesional, bahkan dalam beberapa kasus bisa jadi memalukan.

Sebenarnya hal tersebut bisa dihindari dengan memanfaatkan fitur multi monitor yang disediakan oleh PowerPoint. Klik kanan bagian kosong pada desktop dan pada menu yang muncul pilih Properties. Masuklah ke tab Setting dan perhatikan bahwa ada dua monitor di sana.

Umumnya monitor yang ditandai dengan angka 1 merupakan monitor yang berada di hadapan Anda dan monitor yang ditandai dengan angka 2 adalah sebuah projector yang nantinya digunakan untuk menyajikan presentasi. Namun hal tersebut bisa saja dibalik sesuai dengan kebutuhan. Pada monitor yang akan digunakan untuk menyajikan presentasi, pastikan opsi Extend my Windows desktop onto this monitor aktif.

Setelah itu bukalah PowerPoint 2007, masuk ke ribbon Slide Show. Pada grup Monitors terdapat drop-down Show Presentation On. Melalui drop-down tersebut, pilihlah monitor yang akan digunakan untuk menayangkan slide presentasi.

Sekarang, projector hanya akan menayangkan slide presentasi saja. Anda bebas melakukan apapun di komputer Anda tanpa harus ketahuan oleh hadirin.

Follow me on social media:

Similar Posts

18 Comments

  1. Tak tambahi yo Pak?! ๐Ÿ˜€

    Rata-rata kartu grafik saat ini (bahkan mulai kelas GF4) sudah diperlengkapi dengan minimal 2 kanal keluaran video. Jika pengaturan pada seperti yang Pak Yahya bilang mengalami kendala dapat diusahakan sbb (sesuai dengan kartu grafik yang digunakan):
    – nVidia: Cari opsi DualView – pada nVidia Control Panel
    – ATi: Cari opsi Dual Display – pada Catalyst Control Center
    – Intel: Cari opsi Extended Desktop – pada Grapic Properties

    Setahu saya semua bisa mengatur urutan monitor yang dikehendaki.

    Nah, kendalanya.
    Saya sering menemui beberapa seri chip yang hanya dapat dikonfigurasi apabila “monitor kedua” telah terpasang.

    Jika kartu memiliki TV-out, konfigurasi dapat dimungkinkan meski TV belum tersambung dengan opsi “Force TV detection” (nVidia – yg laen, mboh…lali…hehehe..).

    Oya, di linux juga bisa kayak gitu lho… Coba cari opsi Dual Head di pengaturan display…

    Wah Pak, tak bikin tutorial ato buku sendiri aja pa ya??
    Wewkekekek.. ๐Ÿ˜€

  2. Bagus sekali, untuk presentase karena dapat secara bersamaan bekerja tanpa diketahui peserta. namun saya mau tanya, apakah ada fasilitas di Powerpoint untuk menampilkan presentase yg disertai latar belakang video bergerak, artinya presentasi menindah gambar latar sehingga keduanya dapat terlihat secara bersamaan.

  3. (banana_rock) (banana_cool) (applause) (K) (drinking) (highfive) (dance) (cozy) (yahoo) (taser)
    (bye)

  4. X-( ๐Ÿ˜ฎ (banana_rock) (dance) (banana_rock) (banana_cool) (funkydance) (lmao) (lmao) (lol) (tongue) (yahoo) (worship) (kepruk) (kepruk) (kepruk) (drinking)

  5. thanks yach (headspin) (hassle) (hassle) (hassle) (fish_hit) (banana_ninja) (rofl) (smileydance) (beer) (angry) (doh) (code) (yahoo) (ninja) (ngacir) (gym)

Leave a Reply

Your email address will not be published.