Sebelum Beli, Simak Tips Memilih Ponsel Gaming Berikut

Membeli smartphone sekarang ini bisa cukup membingungkan dengan banyaknya merek dan varian yang tersedia. Namun, bertambah juga varian smartphone, di mana saat ini muncul perangkat yang didedikasikan khusus untuk game. Ponsel gaming belakangan ini menjadi sebuah hal yang baru dengan begitu banyak produsen yang membanggakan kemampuan perangkat masing-masing.

Perangkat ini bertujuan untuk menawarkan kinerja game yang lebih baik dengan fokus pada beberapa area spesifik yang penting bagi seorang gamer. Sebut saja performa yang lebih cepat dan prosesor yang lebih canggih dari perangkat biasa lainnya.

Sumber: Pexels.com/@rodnae-prod

Selama beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan elektronik menghadirkan fitur-fitur inovatif untuk membuat pengalaman bermain game kamu semakin memuaskan. Tidak hanya untuk gaming saja, kamu juga bisa memilih ponsel untuk kamu pakai bekerja dengan layar yang besar, resolusi tinggi, hingga masa pakai baterai yang ideal sehingga kamu tidak terganggu oleh kebutuhan untuk mengisi baterai terus menerus.

Jika kamu ingin membeli ponsel gaming atau ponsel yang memiliki performa lebih baik dari biasanya, berikut adalah beberapa faktor penting yang bisa kamu pertimbangkan.

Refresh rate tinggi

Jika kamu mencari ponsel gaming untuk meningkatkan pengalaman game kamu, coba untuk pertimbangkan perangkat yang memiliki layar dengan refresh rate setidaknya 90Hz. Lebih baik lagi, banyak ponsel kelas atas saat ini menawarkan layar refresh rate 120Hz, bahkan 144Hz. Refresh rate yang tinggi akan membuat animasi dan transisi tampak lebih mulus jika dibandingkan dengan tampilan 60Hz biasa.

Tidak hanya membantu saat bermain game saja, kamu juga akan merasakan kenyamanan saat melakukan tugas lain seperti mengganti aplikasi atau bermain media sosial. Fitur ini dapat membuat kamu bermain game dengan lebih nyaman, terlebih saat harus mengambil keputusan dalam waktu yang singkat saat permainan dengan teman-teman.

Baterai kapasitas besar

Semakin sering kamu bermain game di smartphone, semakin besar pula daya yang akan dikeluarkan perangkat kamu. Perlu diperhatikan bahwa faktor-faktor seperti resolusi yang lebih tinggi dan refresh rate yang lebih tinggi dapat menguras baterai dengan cepat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memastikan ponsel gaming Anda memiliki kapasitas baterai yang besar untuk memberikan kamu kebebasan dalam bermain game lebih lama.

Perangkat dengan kapasitas baterai 5.000 mAh sudah lebih dari cukup untuk bermain game selama 4 jam. Smartphone yang menawarkan fast charging juga akan menguntungkan dengan mengurangi waktu pengisian daya. Kamu bisa mempertimbangkan HP ASUS ROG terbaru yakni ASUS ROG Phone 5 yang ditenagai dengan baterai 6.000mAh.

Sumber: Pexels.com/@samerdaboul

Prosesor yang cepat

Prosesor yang digunakan akan menjadi faktor penentu dari seberapa cepat ponsel kamu dapat memproses grafik yang berat dan sensor sentuh yang akurat. Prosesor yang baik juga akan memakan energi yang optimal untuk memastikan fitur-fitur gaming yang memuaskan.

Komponen ini dapat memastikan ponsel kamu bisa menjalankan game yang berat dengan lancar tanpa lag atau bahkan force close. Sekarang ini, ponsel dengan prosesor Snapdragon 855 diketahui menjadi prosesor yang populer di kalangan para gamer yang menjanjikan dari kinerja CPU dan GPU yang mantap.

Memori yang besar

Melihat beberapa game populer sekarang, produk game ini jarang memakan ruang memori kurang dari 1 GB dalam ponsel kamu. Meskipun sebagian besar smartphone saat ini hadir dengan banyak ruang penyimpanan dalam varian 64 GB dan 128 GB, tetap perhatikan seberapa banyak ruang yang digunakan game favorit kamu. Dengan judul game mobile yang semakin kaya dan imersif dengan fitur-fitur yang terus bertambah, ukuran aplikasi tersebut juga akan terus meningkat.

Memori sementara atau RAM juga memainkan peran penting dalam menyimpan aplikasi dan data-data lainnya. Handphone gaming yang bagus harus memiliki setidaknya 2 GB RAM. Semakin tinggi RAM yang kamu punya, maka semakin sedikit data yang dimuat dengan memori flash dan grafis yang tampil akan menjadi semakin intensif.

Sistem pendingin yang efektif

Jika kamu sedang memainkan sebuah game, handphone akan menjadi lebih cepat panas. Oleh karena itu, ponsel akan membutuhkan sistem pendinginan yang baik sebelum perangkat menjadi terlalu panas dan mengakibatkan kinerja prosesor Anda yang menurun.

Untuk mengatasi permasalahan panas ini, ponsel gaming perlu menyediakan teknologi canggih untuk melawan panas akibat turbin mesin yang bekerja dengan giat ini. Sebagian besar produsen smartphone saat ini telah menyertakan berbagai jenis teknologi pendingin di masing-masing produk ponsel terbaru yang mereka luncurkan.

Layar display AMOLED

Sebagian besar smartphone unggulan yang tersedia di pasaran saat ini memanfaatkan layar AMOLED untuk memberikan hasil gambar yang cerah dan jernih. Menggunakan jenis layar ini dapat membantu meningkatkan pengalaman gaming kamu karena tidak hanya memberikan kamu kemungkinan untuk bermain handphone di tempat terbuka, tetapi juga ruangan yang minim cahaya.

Terlebih lagi, layar panel ini umumnya menawarkan warna yang tampak lebih hidup dan lebih terang. Layar AMOLED memberikan poin tambahan pada sensitivitas sentuhan layar ponsel kamu yang merupakan faktor penting saat bermain game.

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.