ASUS VivoBook Pro 14X OLED

Sekian tahun yang lalu, ngeblog merupakan kegiatan pembuatan konten di internet yang tergolong bergengsi. Sekarang, bukan berarti gengsinya turun.

Blogger masih memiliki tempat tersendiri di dunia maya. Hanya saja, pengisi konten di internet kini ragamnya makin banyak, tak hanya blogger saja.

Jenis kontennya pun juga makin banyak, tak hanya teks dan foto saja, tapi kini juga ada animasi dan video.

Dengan makin beragamnya konten yang bisa diunggah di internet, tentu dibutuhkan alat bantu yang semakin powerful juga. Nah, urusan begini, ASUS jagoannya.

ASUS VivoBook Pro 14X OLED, Laptop Futuristik untuk Para Kreator

Menjelang tutup tahun 2021, ASUS memperkenalkan VivoBook Pro 14X OLED (N7400), tepatnya pada tanggal 13 Desember 2021.

ASUS VivoBook Pro 14X OLED

ASUS VivoBook Pro 14X OLED ini merupakan salah satu laptop yang dirancang sebagai alat penunjang poduktivitas para konten kreator.

VivoBook Pro 14X OLED memang dihadirkan sebagai bagian dari Creator Series, dan oleh karena tak hanya dibekali dengan hardware yang powerful, tetapi juga memiliki desain serta fitur yang futuristik.

Dengan menggunakan laptop keren ini, para pengisi konten di internet pasti bakal meningkat produktivitasnya.

Modern dan Powerful

ASUS VivoBook Pro 14X OLED (N7400) memiliki jantung komputasi yang modern dan powerful, dalam diri prosesor Intel® Core™ generasi ke-11. Varian tertingginya menggunakan prosesor Intel® Core™ i7-11370H.

ASUS VivoBook Pro 14X OLED

Dengan prosesor modern yang memang dirancang untuk laptop ultraportable, berbagai fitur terkini bisa dengan mudah disematkan pada VivoBook Pro 14X OLED, termasuk Thunderbolt 4 yang dapat dimanfaatkan untuk terhubung dengan berbagai perangkat tambahan, satu hal yang besar kemungkinan bakal dibutuhkan oleh pengisi konten.

Menemani prosesor Intel generasi ke-11 tadi, sebagai prosesor grafis digunakanlah NVIDIA GeForce RTX 3050, lengkap dengan GeForce RTX Studio Driver yang dioptimalisasi untuk software kreatif seperti photo dan video editor.

Untuk menjaga keseimbangan performa, VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga dibekali dengan memori DDR4 3200MHz berkapasitas 16 GB serta ruang simpan berteknologi PCIe SSD berkapasitas hingga 1TB.

Kombinasi berbagai spesifikasi kencang tersebut memastikan VivoBook Pro 14X OLED dapat menjalankan berbagai aplikasi kreatif dengan lancar.

Takut panas karena kekencangan? Jangan khawatir. ASUS VivoBook Pro 14X OLED (N7400) dibekalli dengan sistem pendingin ASUS IceCool Plus terbaru yang menjamin suhu sistem tetap stabil.

Pengguna VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga dapat mengontrol performa laptopnya melalui aplikasi ProArt Creator Hub yang juga berfungsi sebagai pusat kontrol untuk laptop ini.

Pada ProArt Creator Hub terdapat empat profil performa yang bisa diterapkan terhadap VivoBook Pro 14X OLED (N7400) ini, mulai dari mode Whisper untuk menghemat baterai dan operasional senyap, mode Standard, Performance, hingga Full Speed yang dapat menghadirkan performa maksimal.

ASUS OLED untuk Para Kreator

Karena ditujukan untuk para pengisi konten, ASUS memanjakan pengguna VivoBook Pro 14X OLED (N7400) dengan memasang layar berteknologi ASUS OLED pada laptop ini. Teknologi layar tersebut dirancang untuk menghadirkan kualitas visual terbaik dengan standar industri kreatif profesional.

Layar ASUS OLED memiliki tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi, yaitu 100% pada color space DCI-P3 atau setara dengan 133% sRGB. Layarnya juga telah dikalibrasi secara presisi dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated.

ASUS VivoBook Pro 14X OLED

Keunggulan lainnya, layar OLED ini memiliki refresh rate 90Hz dan response time hanya 0,2 ms, sehingga tampilan animasi dan video dapat dihadirkan secara detail pada tiap frame-nya, otomatis proses produksi bakal lebih nyaman dan praktis. Pengguna tak lagi perlu monitor eksternal yang biasanya digunakan untuk proses grading.

ASUS VivoBook Pro 14X OLED ini juga bersahabat dengan pembuat konten yang ingin memproduksi konten HDR. Layar ASUS OLED yang diusung di VivoBook Pro 14X OLED telah mendukung teknologi HDR dan memiliki contrast ratio hingga 1.000.000:1.

ASUS OLED bahkan mengantongi sertifikasi VESA HDR True Black, menandakan bahwa fitur HDR di VivoBook Pro 14X OLED (N7400) memiliki standar yang telah diakui secara global.

Ada satu hal lagi yang bakal disukai oleh para pembuat konten, yaitu resolusi layarnya. Pada layarnya yang memiliki bentang diagonal 14 inci, VivoBook Pro 14X OLED (N7400) memiliki resolusi sebesar 2,8K atau 2880 x 1800 pixel dan mengusung aspect ratio 16:10, sebuah rasio yang menghasilkan ruang ekstra pada layar.

ASUS juga peduli dengan kesehatan mata pengguna laptop ini. Layar ASUS OLED di VivoBook Pro 14X OLED (N7400) memiliki paparan radiasi cahaya biru hingga 70% lebih rendah, sebuah fitur yang mendapatkan sertifikasi low-blue light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland.

Stylish dan Futuristik

Sebagai laptop yang ditujukan untuk menghasilkan konten, tentu tidak lucu jika desain laptop itu sendiri buruk rupa.

VivoBook Pro 14X OLED ini jelas memiliki model yang keren dan stylish, serta mengedepankan mobilitas penggunanya. Bobotnya hanya 1,45Kg dengan ketebalan 17,9mm, membuatnya tampil sebagai salah satu laptop kreator paling ringan dan ringkas saat ini.

Pilihan warna yang tersedia juga membuat laptop ini tampil premium, yaitu Comet Grey dan Cool Silver.

Untuk mendukung kegiatan para kreator sehari-hari, ASUS juga menyematkan beragam opsi konektivitas di VivoBook Pro 14X OLED (N7400).

Tadi sudah sempat disinggung bahwa laptop ini memiliki konektivitas modern dalam bentuk Thunderbolt 4 (USB Type-C). Port Thunderbolt 4 ini mendukung fitur USB Power Delivery hingga 100 W dan juga fitur DisplayPort.

Selain itu terdapat pula USB Type-A, HDMI, MicroSD card reader, dan 3.5mm combo audio jack untuk menghubungkan berbagai perangkat eksternal lainnya, mulai dari pen tablet, headphone, hingga monitor dan proyektor.

Untuk konektivitas nirkabel, VivoBook Pro 14X OLED menggunakan WiFi 6 (802.11ax) serta Bluetooth 5.0. Untuk memaksimalkan WiFi 6-nya, VivoBook Pro 14X OLED dilengkapi dengan fitur ASUS WiFi Master yang memungkinkan laptop untuk terhubung dengan router dengan kualitas koneksi terbaik.

VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga dirancang dengan mengedepankan keamanan dan privasi. Tombol power pada keyboard di laptop ini telah terintegrasi dengan sensor pembaca sidik jari (fingerprint sensor), jadi proses menyalakan laptop sekaligus akan memindai sidik jari dan jika sidik jari tersebut telah direkam sebelumnya, maka proses booting akan langsung dilanjutkan dengan login ke Windows.

Webcam yang terdapat di bezel layar atas VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga dilengkapi dengan penutup fisik, memastikan penggunanya untuk tetap dapat menjaga privasinya saat menggunakan laptop ini.

Lebih Produktif dengan ASUS DialPad

Salah satu fitur futuristik pada ASUS VivoBook Pro 14X OLED adalah ASUS DialPad. Fitur ini bakal mempermudah para pembuat konten dalam menentukan nilai-nilai parameter tertentu secara cepat, misalnya mengganti ukuran brush di Adobe Photoshop atau melakukan scrubbing pada timeline di Adobe Premiere

ASUS DialPad tampil secara virtual, terintegrasi dengan touchpad. Fitur ini merupakan fitur baru yang belum pernah ada pada laptop ASUS sebelumnya.

Saat ini, ASUS DialPad kompatibel dengan empat aplikasi kreatif Adobe, yaitu Photoshop, Lightroom Classic, After Effect, dan Premiere Pro. Pengguna VivoBook Pro 14X OLED (N7400) juga akan menikmati layanan Adobe Creative Cloud secara cuma-cuma selama tiga bulan.

Spesifikasi ASUS VivoBook Pro 14X OLED (N7400)

Main Spec.VivoBook Pro 14X OLED (N7400)
CPUIntel® Core™ i7-11370H Processor 3.3 GHz (12M Cache, up to 4.8 GHz) Intel® Core™ i5-11300H Processor 3.1 GHz (8M Cache, up to 4.4 GHz)
Operating SystemWindows 10 (Upgradable to Windows 11) Windows 11
Memory16GB DDR4 3200MHz (dual channel)
Storage512GB PCIe® Gen3 x4 SSD 1TB PCIe® Gen3 x4 SSD
Display14”, 2.8K (1920 x 1080) 16:10, OLED, 100% DCI-P3, 90Hz, PANTONE Validated, VESA HDR True Black, TÜV Rheinland low-blue light, anti-flicker
GraphicsNVIDIA GeForce RTX 3050 with Studio Driver Intel Iris Xᵉ integrated GPU
Input/Output1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
CameraHD Web Camera with privacy shutter
ConnectivityWi-Fi 6(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioBuilt-in array microphone qith AI noise-cancelling, harman/kardon certified audio
Battery63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension31.74 x 22.85 x 1.79 ~ 1.79 cm
Weight1.45 Kg
ColorsComet Grey, Cool Silver
PriceRp16.799.000 (Core i5 / 512GB SSD) Rp19.799.000 (Core i7 / 1TB SSD)
Warranty2 tahun garansi global
Follow me on social media:

Similar Posts

4 Comments

  1. ASUS tidak henti2nya melakukan inovasi demi memberikan kenyamanan bagi semua penggunanya dimana ASUS OLED menjadi seri terbaru yang dirilis untuk para pengguna dengan aktivitas tinggi di depan laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.