ASUS ExpertBook B9400, Usaha Untuk Juara di Sektor Bisnis

Brand laptop apa yang langsung terlintas di benakmu jika ditanya tentang laptop? Saya yakin cukup banyak yang menjawab ASUS. Hal ini terbukti juga pada Top Brand Award 2021 yang menobatkan ASUS sebagai top brand pada kategori laptop.

Pada Top Brand Award tersebut, ASUS mendapatkan indeks 27,7%, jauh meninggalkan peringkat kedua dan ketiga pada angka 22,9% dan 10,3%.

Hal ini sejalan dengan pangsa pasar penjualan laptop yang menunjukkan bahwa ASUS adalah pemimpin pasar laptop dengan persentase 31,3% (hingga April 2021).

Hanya saja, pada sektor laptop bisnis, ASUS belum bisa menjadi raja seperti halnya pada sektor laptop consumer. ASUS terus berusaha untuk menjadi juara juga di sektor bisnis ini dan mulai menampakkan hasilnya karena pangsanya terus meningkat.

Peningkatan pada sektor bisnis ini tak lepas dari laptop-laptop spesial yang diluncurkan oleh ASUS belakangan ini. Jika sebelumnya mereka cukup sukses dengan ExpertBook B9450, kali ini ASUS menggebrak lagi dengan ExpertBook B9400.

Ringkas dan Ringan Tanpa Kompromi

Ringkas dan ringan merupakan ciri khas laptop ASUS belakangan ini, termasuk ASUS ExpertBook B9400 ini. Luas permukaannya lebih kecil daripada kertas A4, ketebalannya lebih tipis daripada baterai AA dalam keadaan tidur.

ASUS ExpertBook B9400

Faktor yang membuat ASUS ExpertBook B9400 bisa begitu ringkas adalah bezel layar yang sangat tipis, karena menggunakan teknologi NanoEdge Display.

Luas permukaannya hanya 32,0 x 20,3 cm padahal layarnya 14 inci, sehingga ExpertBook B9400 memiliki screen-to-body ratio hingga 94%. Ketebalannya hanya 1,49 cm, bobotnya hanya 880 gram!

Praktis ExpertBook B9400 adalah salah satu laptop 14 inci teringan yang pernah diproduksi, sehingga memudahkan mobilitas (jika kelak pandemi telah berakhir).

Desain ErgoLift yang Inovatif

Untuk menambah kenyamanan kerja, ExpertBook B9400 dilengkapi dengan ErgoLift yang memungkinkan bodi utama dan keyboard ExpertBook B9400 terangkat saat layar dibuka, hingga membentuk sudut 5 derajat. Posisi ini membuat pengguna ExpertBook B9400 lebih nyaman ketika mengetik sekaligus menghadirkan rongga udara ekstra di bagian bawah laptop ini.

Ada dua keuntungan yang dicapai dari adanya rongga udara ini. Pertama, rongga udara memberikan ruang untuk aliran udara sehingga pendinginan lebih optimal.

Lalu yang kedua, speaker yang ada di bagian bawah akan menyemburkan suara yang lebih kencang karena tidak terhalang langsung oleh alas di bawah laptop.

Uniknya, desain ErgoLift di ExpertBook B9400 dapat dibuka hingga 180 derajat sehingga memudahkan pengguna untuk berbagi tampilan layar.

Keyboard dan Touchpad Khusus Penunjang Produktivitas

Sebagai penunjang produktivitas, sudah pasti keyboard ExpertBook B9400 dirancang agar nyaman digunakan. Ditambah lagi, ada fitur spill resistant, jadi kalau pengguna kerja sambil minum dan tak sengaja minumannya tumpah, masih selamatlah itu keyboardnya.

ASUS ExpertBook B9400

Keyboard ini dilengkapi juga dengan backlight yang dapat diatur tingkat kecerahannya melalui tombol shortcut yang ada di keyboard bagian atas. Shortcut yang tersedia juga lumayan komplit, seperti tombol shortcut untuk menangkap tampilan layar, membuka aplikasi MyASUS, logout dari akun Windows yang sedang digunakan, dan menonaktifkan webcam.

Touchpad-nya bisa disulap jadi numpad, dipersembahkan bagi pengguna yang sering mengolah angka.

Ketangguhan Berstandar Militer

Karena bakal sering diajak jalan, ASUS ExpertBook B9400 dilengkapi dengan perlindungan ekstra, yaitu struktur body kokoh dengan sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H).

ASUS ExpertBook B9400 dinyatakan lolos dalam serangkaian uji ketangguhan ektrem, seperti uji durabilitas engsel, uji durabilitas port, uji tekanan ekstrem pada bagian layar, uji durabilitas keyboard, uji jatuh dari ketinggian tertentu, uji getaran, hingga uji penggunaan di ketinggian serta suhu ekstrem.

Layarnya dapat bertahan hingga 50 ribu kali buka-tutup dengan kekuatan tekanan hingga 50 kg, lubang portnya teruji dapat bertahan hingga 5000 kali pasang-cabut.

Pokoknya total ada 21 uji ekstrem.

Struktur internal ExpertBook B9400 dilengkapi dengan kontruksi pelindung ekstra yang memastikan setiap engsel, port, dan bagian rentan lainnya terlindungi. Komponen sensitif seperti motherboard juga dilengkapi dengan peredam getaran, serta struktur dengan desain grid pada rangka ExpertBook B9400 memperkokoh keseluruhan bodinya.

ExpertBook B9400 menggunakan bodi berbahan magnesium lithium yang diproduksi melalui teknik CNC milling dengan 21 tahap manufaktur, membuat bodinya tidak hanya kokoh tetapi juga memiliki detail yang presisi. Bodinya juga dilapisi menggunakan metode Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating sehingga terhindar dari kerusakan fisik akibat oksidasi dan korosi.

Keamanan Kelas Enterprise

Sebagai laptop yang digunakan untuk bisnis, keamanan tentu menjadi hal yang diperhatikan secara khusus. ASUS ExpertBook B9400 hadir dengan serangkaian fitur keamanan kelas enterprise.

Dari sisi pengguna, ExpertBook B9400 sudah mendukung fitur Windows Hello sehingga penggunanya tidak perlu lagi mengetikkan password untuk masuk ke dalam sistem, digantikan login melalui fingerprint sensor atau facial recognition sensor.

Soal keamanan data, ExpertBook B9400 memiliki fitur yang memungkinkan pengguna laptop ini untuk mengunci BIOS dan SSD-nya menggunakan sistem proteksi password. Jika opsi ini diaktifkan, pengguna yang ingin mengubah pengaturan BIOS atau mengakses data di SSD tentunya harus memasukkan password terlebih dulu.

Ada lagi fitur ekstra yang tidak dapat ditemukan di laptop mainstream. Pertama adalah fitur USB Storage Block yang memungkinkan pengguna ExpertBook B9400 tidak dapat menghubungkan USB flash disk atau penyimpanan eksternal lainnya tanpa izin dari administrator.

Yang kedua adalah Secure File Shredder. Dengan fitur ini, pengguna dapat menghapus file digital sedemikian rupa sehingga tidak dapat dipulihkan menggunakan metode apapun.

ASUS ExpertBook B9400 dibangun di atas fitur Trusted Platform Module. Semua aktivitas datanya diproses melalui sistem enkripsi melalui sebuah chip khusus yang berisikan RSA encryption key unik yang hanya tersedia dan dapat digunakan oleh satu perangkat saja. Dengan demikian data yang dienkripsi di ExpertBook B9400 tidak akan bisa dibaca atau diakses di perangkat lainnya.

Daya Tahan Baterai Hingga 20 Jam

Dengan berbagai inovasi, ASUS dapat memaksimalkan penggunaan daya laptop sehingga ExpertBook 9400 dapat bertahan hingga 20 jam.

ASUS ExpertBook B9400

Inovasi tersebut antara lain adalah maksimalisasi penggunaan ruang sehingga setiap ruang kosong di dalam body ExpertBook 9400 dapat diisi oleh baterai. Jadi meskipun ukurannya ringkas, tapi bisa memuat baterai besar.

Inovasi lain yang bisa disebutkan adalah layar khusus berteknologi Panel Self Refresh (PSR). Teknologi ini memungkinkan layar pada ExpertBook B9400 mengkonsumsi daya jauh lebih rendah dari layar standar yang digunakan di laptop pada umumnya.

Layar berteknologi PSR sangat cocok untuk pengguna yang sering menjalankan aplikasi bisnis dan kantoran yang didominasi oleh teks dan gambar statis.

Siap Upgrade ke Windows 11

Microsoft sudah meluncurkan Windows 11 walaupun saat ini masih versi beta. Nah, ExpertBook B9400 ini sudah siap untuk upgrade ke Windows 11 saat nanti sudah benar-benar muncul versi resminya.

Illustration of automotive car rental transportation on laptop; Shutterstock ID 617248931; Purchase Order: –

Pengguna tak usah khawatir karena tidak akan dipungut biaya apapun untuk upgrade ke Windows 11.

Spesifikasi ASUS ExpertBook B9400

Main Spec. ASUS ExpertBook B9400
CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz) with Intel EVO
Operating System Windows 10 Pro
Windows Home Solution
Memory 16GB LPDDR4X
Storage 1TB M.2 NVMe PCIe® 3.0
2TB M.2 NVMe PCIe® 3.0
Display 14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare, 100% sRGB, 300 nits
Graphics Intel Iris Xᵉ Graphics
Input/Output 2x Thunderbolt™ 4 Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 1x HDMI, 1 x RJ45 LAN via micro HDMI port, 1x Audio Jack, 1 x Kensington® lock slot
Camera 720p HD camera with microphone; IR camera with Windows Hello Support
Connectivity Wi-Fi 6 (802.11ax), Bluetooth 5.0
Audio 2 Integrated stereo speakers certified by harman/ kardon, Array microphone with Cortana, Quad 360° far-field microphones (support noise cancellation)
Battery 4 -Cell 66Wh lithium-polymer long life rechargeable battery
Security Trusted Platform Module TPM 2.0 embedded security chip, Windows Hello with facial recognition software, fingerprint sensor, webcam shield, kensington lock slot, ASUS Business Manager with secure drive setting and lock control to USB storage devices
Dimension 32.0(W) x 20.2(D) x 1.49(H) cm
Weight 0.88 kg
Colors Star Black
Price Rp27.999.000 (Core i7 / 16GB RAM / 1TB SSD / Windows 10 Home)
Rp29.999.000 (Core i7 / 16GB RAM / 1TB SSD / Windows 10 Pro)
Rp31.999.000 (Core i7 / 16GB RAM / 2TB SSD / Windows 10 Pro)
Warranty 3 tahun layanan garansi di tempat (on-site service)
Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.