Selamat Ulang Tahun, Endonesa

Lhoh, kok nulisnya gitu??? Bentar, buat yang berjiwa nasionalis, jangan ngamuk dulu yach.

Itu bukan salah ketik … dan bukan juga lagi ngantuk … tapi itu realitas. Coba deh, nyalakan TV, nyalakan radio, atau kalo gak punya kedua-duanya, just ngobrol dengan tetangga dan ngomongin soal negara kita ini, soal apa saja. Perhatikan dengan seksama, bagaimana lafal mereka saat menyebut nama negara kita tercinta ini. “Endonesha”, khan?

Heran, deh. Tahun ini sudah 62 tahun bangsa kita merdeka, tapi menyebut nama negaranya sendiri masih keseleo begitu. Padahal, kalau melafalkan Indosiar, Indomie, Indofood, Indologistik, Indo-apa-lagi, huruf I nya betul-betul berbunyi I, bukan E.

Ketika ribut-ribut soal ditemukannya lagu Endonesa Indonesia Raya oleh seseorang yang ngakunya pakar telematika, saya mencoba mencari rekaman lagu itu yang katanya ada di YouTube. Saya penasaran, gimana cara para sesepuh kita melafalkan Indonesia. Eeeh, ternyata sami mawon, padha wae, setali tiga uang. Kata Indonesia-nya dilafalkan dengan Endonesa juga.

Lha kalo sejak merdeka saja udah begitu, susah juga untuk mengajak generasi sekarang mengucapkannya dengan lafal yang benar.

Ya sudah lah, pokoknya negara kita ini sudah “merdeka”. MERDEKAAA!!!

Follow me on social media:

Similar Posts

9 Comments

  1. Endonesha <-- ini saya baru liat, so far saya pikir Endonesia, klo bisa jadi Endonesha itu bener2 lebih kacau, tapi memang ternyata itulah dua kata yg selalu 'terlafalkan' kala kita bermaksud mengucapkan "Indonesia".
    Rasanya memang sangat mimpi ingin maju, sukses, dipertimbangkan dunia internasional dll klo ngucap negaranya sendiri aja gak bisa.
    Btw ada 1 lagi korban (baru) yg pada akhirnya bisa jadi ‘doktrin’ ‘Endonesia’, yakni saat Zinedine Zidane bilang “Aqua untuk kesejahteraan anak-anak…Endonesia…”
    gimana donk….$#@%$^#@$

  2. Wakakakak, saya setuju dengan Anda :)Zidane adalah korban ketidakbecusan orang Endonesa menyebut nama negaranya sendiri 🙂

  3. IYA JUGA, PALING BENER SAJA BILANG ENDONESIA, JADI KITA JUGA HARUS BENERI MULAI DARI SEKARANG….

  4. @kapten vu
    Endonesha udah saya edit jadi Endonesa. Memang kalo Endonesha kayaknya berlebihan ya 😀

  5. baru mampir kesini lagi.
    suer geli banget ma komentnya bung acmal.
    ——————————
    acmal Says:

    makanya itu desktop namanya KDE bukan KDI :))
    ——————————
    **masih geli aja**

  6. Wah.. Kalo nama ‘endonesha’ sih nama anak saya om..
    Inspirasinya ya itu td.. Cara pengucapan kebanyakan orang di indonesia yg salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.