MiniTool Data Recovery Software Free V11.7

File data pada komputer adalah sesuatu yang sangat berharga, bahkan sangat mungkin lebih berharga daripada emas. Bagaimana tidak, sekarang ini berbagai macam data disimpan dalam bentuk file, mulai dari data teks yang isinya sekadar curhat, sampai data berupa rahasia perusahaan.

Ada file data yang berharga hanya untuk pemiliknya saja, tapi ada juga yang menyangkut hidup mati sebuah perusahaan, bahkan negara.

Karena itu, sudah seharusnya kita menjaga file data kita dengan sangat berhati-hati.

File data disimpan dalam ruang simpan (hard drive) di komputer atau pada perangkat yang dapat dilepas seperti USB flash drive. Jika dianggap penting, selain disimpan di komputer atau USB flash drive, banyak orang juga menyimpan file data mereka di layanan cloud.

Meskipun sudah sangat berhati-hati dalam mengelola file, bisa saja seseorang tanpa sengaja menghapus file dari komputer. Masih untung jika file tersebut masih ada di Recycle Bin, tapi terkadang sebuah file terhapus secara langsung tanpa masuk ke Recycle Bin terlebih dahulu, misalnya file pada perangkat yang dapat dilepas, atau dihapus dengan menekan kombinasi tombol shift dan delete.

File penting juga bisa terhapus karena masalah teknis, misalnya komputer mengalami crash.

File yang terhapus mungkin saja dibuat lagi, misalnya file yang berisi cerita curhatan. Namun bisa dipastikan, sebagian besar file tidak akan bisa dibuat lagi, misalnya file foto.

Ada momen-momen tertentu yang tidak mungkin diulangi untuk difoto kembali, misalnya pernikahan, wisuda, saat mengikuti lomba tertentu, dan lain-lain.

Belum lagi file database yang jumlah record-nya ribuan bahkan jutaan. Tentu tidak mungkin dibuat lagi dengan memasukkan data satu persatu, bahkan jika ada backup dalam bentuk catatan tertulis.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Kabar baik, sekarang ini ada aplikasi yang bisa digunakan untuk memulihkan file data yang terhapus. Meskipun ada aplikasi data recovery yang bisa menolong dalam memulihkan file data, tetapi prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati tetaplah harus dipegang teguh.

Potensi terjadinya kerusakan total terhadap file yang terhapus tetaplah ada, sehingga aplikasi data recovery mungkin tidak bisa sepenuhnya memulihkan file tersebut.

Untunglah, sebagian besar kejadian data terhapus adalah karena ketidaksengajaan, misalnya tidak sengaja menekan tombol delete. Pemulihan data terhapus yang disebabkan oleh ketidaksengajaan ini memiliki tingkat kesuksesan yang tinggi.

Jadi, tidak ada salahnya menyediakan aplikasi data recovery di komputer untuk berjaga-jaga seandainya ada data yang tidak sengaja terhapus.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memulihkan data adalah MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7.

Cara Kerja Aplikasi Pemulihan Data

Sebelum kita membahas tentang aplikasi MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu tentang cara kerja aplikasi pemulihan data, supaya nantinya kita bisa menggunakannya secara optimal.

Saya akan memaparkannya dengan bahasa yang disederhanakan supaya mudah dipahami, karena sebenarnya proses terkait penyimpanan data di hard drive, penghapusan, dan pemulihannya relatif rumit.

Jadi, ketika sebuah file disimpan di sebuah ruang simpan, ada dua informasi utama yang disimpan, yaitu informasi berisi data itu sendiri dan informasi alamat tempat data disimpan.

Ketika sebuah file terhapus, yang dihapus adalah informasi alamat tempat data disimpan. Karena alamatnya tidak ada, seolah-olah data itu juga tidak ada. Kita tidak mungkin mencari keberadaan seseorang jika tidak tahu alamatnya, bukan?

Aplikasi pemulihan data akan memindai data yang ada pada ruang simpan dan melakukan sinkronisasi dengan alamat data yang tersedia. Jika ada data yang tidak memiliki alamat, maka diduga data itu adalah data yang terhapus.

Jika ada permintaan pemulihan dari orang yang menjalankan aplikasi, maka aplikasi pemulihan data akan mencoba memulihkan data tadi.

Dengan memahami konsep ini, maka sebaiknya pemulihan data segera dilakukan begitu disadari ada file data yang terhapus. Mengapa demikian?

Jika masih digunakan untuk menyimpan data baru, maka ada kemungkinan file data baru akan disimpan pada tempat yang tadinya masih digunakan untuk menyimpan file terhapus. Mungkin saja bukan? Sistem akan mengira ruang tersebut kosong karena tidak ada data alamat yang merujuk ke sana.

Jika ini terjadi, maka pemulihan data terhapus akan menjadi sulit untuk dilakukan.

Aplikasi MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7

Ada banyak aplikasi pemulihan data yang beredar di internet, tetapi aplikasi yang saya rekomendasikan adalah MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7.

Salah satu alasan saya merekomendasikan MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7 adalah karena termasuk ke dalam free data recovery software, artinya aplikasi ini bisa diunduh dan digunakan secara gratis.

Aplikasi MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7 juga memiliki versi yang berbayar. Perbedaan utama dari versi gratis dan versi berbayar adalah pada jumlah data yang bisa dipulihkan. Pada versi gratis, jumlah data yang bisa dipulihkan hanya 1 GB, sedangkan versi berbayar bisa tak terbatas.

Untuk penggunaan pribadi, saya pikir MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7 sudah sangat mencukupi.

Aplikasi MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7 ini mendukung sistem operasi Windows 10 dan Windows 11.

Berikut beberapa fitur utama MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7.

  • Memulihkan File Terhapus.

File terhapus yang bisa dipulihkan oleh MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7 adalah file yang tidak sengaja dihapus dari Recycle Bin atau file terhapus karena tak sengaja melakukan format terhadap USB flash drive. Jadi tak hanya file yang ada di HDD/SSD yang bisa dipulihkan, tapi juga file di USB flash drive maupun SD card.

  • Memulihkan File Dari Serangan Virus

File bisa terhapus akibat terkena virus, bahkan mungkin sistem operasi juga ikut rusak. Jika kasusnya seperti ini, maka kamu bisa memanfaatkan fitur Power Data Recovery yang dimiliki oleh MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7.

  • Memulihkan File Pada Ruang Simpan Rusak.

Kehilangan file akibat logical error atau bahkan kerusakan fisik? Jangan khawatir, masih ada kemungkinan bisa dipulihkan menggunakan fitur Power Data Recovery yang dimiliki oleh MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7.

  • Memulihkan Lokasi Tertentu

Versi terkini dari MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7 mampu memindai dan memulihkan file dari lokasi tertentu saja, misalnya Recycle Bin. Tentunya hal ini akan menghemat waktu karena tak perlu memindai seluruh isi ruang simpan.

Aplikasi MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7 akan bekerja dengan lebih baik jika diinstal pada lokasi terpisah dengan data.

Cara Menggunakan MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7

Untuk memulihkan file menggunakan MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7, mula-mula jalankan aplikasi tersebut.

Pada aplikasi akan muncul daftar drive yang bisa dilihat berdasarkan logical drive maupun device. Pilih drive yang akan dipindai, atau jika hanya butuh lokasi tertentu saja, pilih lokasi tersebut melalui tombol yang ada di bagian bawah aplikasi.

MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7 kemudian akan memindai drive untuk menemukan file yang terhapus.

File yang ditemukan akan ditampilkan pada aplikasi dengan tampilan yang kurang lebih mirip dengan File Explorer. Preview dari file yang ditemukan akan ditampilkan pada sisi kanan aplikasi.

Setelah puas dengan hasil pemindaian, klik kotak di depan nama file yang ditemukan hingga muncul tanda centang, lalu klik tombol Save. Pilih lokasi penyimpanan yang berbeda dengan lokasi asli file, supaya tidak tertimpa.

MiniTool® Data Recovery Software Free V11.7 kemudian akan memulihkan file tersebut.

Selamat mencoba, semoga file yang terhapus berhasil diselamatkan.

Follow me on social media:

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *