Hingga kini, kereta api masih menjadi salah satu transportasi darat yang menjadi kesayangan masyarakat. Bagaimana tidak? Kereta api merupakan pilihan transportasi darat terbaik karena kapasitasnya angkut besar dan yang terpenting relatif bisa diandalkan ketepatan waktunya.

Salah satu kereta api yang siap mengantarkan kamu sampai ke tempat tujuan adalah KA Argo Lawu. 

Nama kereta api Argo Lawu tentu sudah tidak asing lagi bagi para penggemar transportasi “ular besi” ini. Untuk kamu yang ingin mendapatkan fasilitas terbaik dari sebuah kereta api, maka kereta api yang satu ini bakal memberikan jawaban terbaik buat kamu.

Buat yang belum tahu, KA Argo Lawu ini merupakan Kereta Ekspress eksekutif dari PT KAI yang akan menghubungkan Solo dan Jakarta.

Kamu yang akan memulai perjalanan dengan menggunakan KA Argo Lawu, wajib menyimak ulasan di bawah ini. Tulisan ini bakal bermanfaat baik bagi mereka yang masih “pemula” maupun yang sudah sangat sering menggunakan KA Argo Lawu.

Photo by Fabrizio Verrecchia on Unsplash

Mengenal KA Argo Lawu Lebih Dekat 

KA Argo Lawu merupakan kereta api kelas eksekutif yang melayani rute perjalanan dari Solo ke Jakarta maupun sebaliknya.

Kereta ini akan berangkat dari stasiun Solo Balapan dan berhenti di Stasiun Jakarta Gambir (atau sebaliknya).

Daya muat KA Argo Lawu adalah 400 orang sekaligus dalam sekali perjalanan. Jarak yang akan ditempuh KA Argo Lawu adalah sekitar 517 km, dan waktu tempuhnya sekitar 8,5 jam sekali jalan (sudah termasuk berhenti di beberapa stasiun besar).

KA Argo Lawu berada di bawah manajemen daerah operasional VI Yogyakarta. Frekuensi keberangkatan KA ini adalah satu kali perhari, baik dari Solo ke Jakarta maupun dari Jakarta ke Solo.

KA ini juga akan singgah di beberapa stasiun penting seperti Stasiun Klaten, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Karanganyar, Stasiun Purwokerto, Stasiun Cirebon, dan Stasiun Jatinegara. 

KA Argo Lawu memulai keberangkatannya dari Solo pada pukul 08.30 WIB dan diperkirakan tiba di Jakarta pada pukul 16.57 WIB.

Sedangkan perjalanan dari Jakarta Gambir akan berangkat pada pukul 21.00 WIB dan diperkirakan tiba di Solo pada pukul 05.28 WIB.

Harga tiket yang ditawarkan oleh PT KAI untuk memanfaatkan transportasi ini terbilang cukup terjangkau. Harga tersebut sedikit bervariasi tergantung hari dan “musim” liburan.

Asal Muasal Nama KA Argo Lawu 

Asal muasal nama KA Argo Lawu ini cukup mudah ditebak, yaitu terinspirasi dari salah satu gunung yang ada di Indonesia, gunung Lawu.

Gunung yang berada di kabupaten Surakarta ini memiliki ketinggian 3245 meter di atas permukaan laut serta mempunyai 3 puncak utama, yakni Hargo Dumilah, Hargo Dumiling, dan Hargo Dalem.

Kombinasi Hargo dan Lawu inilah yang akhirnya menjadi Argu Lawu. Namun pada awalnya, KA ini sebenarnya tidak bernama Argo Lawu, melainkan Kereta Solo Jaya.

Kereta Solo Jaya pertama kali diluncurkan pada tahun 1996 dengan tagline JSO 751. Tagline ini unik karena mempunyai makna khusus, yaitu Jakarta Solo, 7 jam perjalanan, dan 51 tahun kemerdekaan RI. 

Pada edisi awalnya, KA Argo Lawu ini memiliki rangkaian gerbong yang khas dengan AC berbentuk trapezium, letak kaca yang lebih rendah, dan bodi kereta yang lebih tinggi. 

Harga Tiket KA Argo Lawu

Harga tiket KA Argo Lawu berkisar antara Rp360.000 hingga Rp600.000, tergantung dari beberapa faktor, misalnya posisi tempat duduk, sub kelas, hari pembelian, dan jarak tempuh.

Jarak tempuh? Ya, dengan memanfaatkan KA Argo Lawu, kamu tidak harus selalu naik dari Solo dan turun di Jakarta karena bisa juga turun di salah satu stasiun pemberhentian.

Harga tiket KA Argo Lawu biasanya juga akan mengalami peningkatan yang cukup tajam menjelang hari raya. Untuk itulah, kamu harus jeli dan mengetahui waktu yang tepat membeli tiket kereta api ini. 

Saat ini, pembelian tiket juga makin mudah dilakukan karena sudah dapat dilakukan secara online di internet, termasuk melalui situs PT KAI sendiri.

Fasilitas penunjang kereta 

Demi memberikan kenyamanan kepada para penumpang, KA Argo Lawu dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang sehingga para penumpangnya benar-benar bisa menikmati perjalanan eksekutif. Adapun beberapa fasilitas tersebut antara lain adalah:

  1. Setiap gerbong sudah dilengkapi dengan adanya AC, Toilet, TV LCD, hingga tempat duduk yang bisa diputar sesuai dengan kebutuhan. 
  2. Setiap tempat duduk juga memiliki fasilitas seperti pijakan kaki, lampu baca, stop kontak hingga meja lipat. 
  3. Jendela lebar yang ada di gerbong menjadi jaminan perjalanan kamu tidak membosankan. Jendela tersebut memungkinkan penumpang melihat pemandangan cantik yang dilalui selama perjalanan.

Demikian ulasan mengenai kereta api ini. Jika kamu yang ingin membeli tiket kereta argo lawu, kamu sudah bisa membelinya secara online dengan mudah.

Follow me on social media:
KA Argo Lawu, Siap Menemani Kamu Melakukan Perjalanan Jauh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *