Singkatan Rekursif

Kalau Anda akrab dengan dunia open source, saya pikir yang namanya singkatan rekursif (recursive acronym) pasti tidak asing lagi bagi Anda. Saya cuma heran, kok ya bisa-bisanya para penggagas open source punya ide kreatif bikin singkatan seperti itu.

Banyak dari singkatan rekursif itu yang “bernada” unik karena bersifat penolakan (denial) terhadap suatu piranti lunak yang telah ada sebelumnya atau terhadap suatu definisi tertentu.

Contoh:

  • GNU: GNU’s Not UNIX
  • GINF: GINF Is Not FrontPage
  • LAME: LAME Ain’t an MP3 Encoder
  • XINU: XINU Is Not UNIX
  • WINE: WINE Is Not an Emulator

Kebanyakan dari singkatan rekursif bersifat denial tersebut mengandung huruf I dan N yang berurutan, sehingga bisa dipanjangkan menjadi Is Not.

Sekarang perhatikan bahwa dua sistem operasi yang sangat populer, yaitu LINUX dan WINDOWS, memiliki huruf I dan N yang berurutan sehingga keduanya bisa saja dikerjai untuk dijadikan singkatan rekursif.

Untuk mengerjai LINUX menjadi singkatan rekursif relatif sulit mengingat tidak banyak variasi kata yang dimulai dengan huruf X. Lagipula singkatan rekursif untuk LINUX sudah ada, yaitu LINUX Is Not UniX.

Jadi sekarang tinggal WINDOWS nih :mrgreen:

Iseng-iseng saya utak-atik, hasilnya adalah WINDOWS: WINDOWS Is Not a Durable Operating system, What a Shame, hehehe. Anda punya ide yang lebih lucu dan kreatif?

Buat Om Bill Gates, maaf ya, saya cuma just kidding saja kok :mrgreen:

Nambah dikit, rupanya berbagai singkatan rekursif itu juga mengilhami CahAndong untuk menciptakan sebuah singkatan rekursif kreasi mereka sendiri. Coba deh cari di WIKI mereka. Pasti tidak sulit ditemukan.

Follow me on social media:

Similar Posts

16 Comments

  1. mutual rekursif nih..

    HURD = HIRD of Unix-Replacing Daemons
    HIRD = HURD of Interfaces Representing Depth

    dan yg paling keren..

    iang adalah nama gue 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.