Piala Dunia 2014: Perancis vs Jerman 0-1

Jerman meski tak menawan mampu membuat Perancis menangis. Skor 1-0 sudah cukup mengantarkan Perancis pulang kandang. Adalah Mats Hummels yang menjadi aktor terciptanya gol di menit ke-13. Hummels menyundul bola hasil umpan tendangan bebas Toni Kroos ke kiri atas gawang Hugo Lloris.

Jalannya pertandingan sendiri sebenarnya tidak terlalu menarik. Tim-tim Eropa memang rata-rata tak mampu berbuat maksimal di tengah cuaca negara Brasil. Namun bukan berarti tak berjalan sengit. Statistik possession adalah 49-51 untuk Jerman, menunjukkan sebenarnya permainan berimbang.

Jerman lebih banyak memegang kendali di babak pertama dan menghasilkan sebiji gol melalui Hummels. Di babak kedua, giliran Perancis yang lebih banyak menggocek bola. Namun serangan bertubi-tubi Perancis, khususnya melalui Benzema, selalu mentah.

Bintang lapangan adalah Manuel Neuer yang berkali-kali melakukan penyelamatan, meski Mats Hummels juga layak jadi man of the match. Bukan semata karena gol yang dia ciptakan, namun juga karena disiplin di lini belakang.

Kekalahan ini menambah panjang derita Perancis bila bertemu Jerman (Barat) pada event Piala Dunia. Satu-satunya kemenangan Perancis didapat pada Piala Dunia tahun 1958, pada perebutan tempat ketiga.

Setelah itu, dua kali berturut-turut Perancis dan Jerman (Barat) bertemu di semifinal, yaitu di Piala Dunia 1982 dan Piala Dunia 1986. Pada dua kesempatan itu, Perancis selalu kalah. Di Piala Dunia 1982, Perancis malahan unggul dulu 3-1 namun berhasil disamakan menjadi 3-3 dan akhirnya kalah adu penalti (5-4). Pada Piala Dunia 1986, Perancis juga menyandang status sebagai Juara Eropa 1984, namun kalah 0-2.

Dengan kemenangan ini, Jerman masuk ke semifinal dan akan melawan Brasil. Ini untuk keempat kalinya berturut-turut Jerman masuk semifinal Piala Dunia. Sungguh sebuah konsistensi yang luar biasa dan belum ada negara lain yang mampu melakukan. Namun apalah artinya itu tanpa sebuah gelar juara. Jadi, berjuanglah mati-matian Jerman!

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.