Laporan Euro 2012: Spanyol Gemilang, Italia Sumbang

Okey, saya memang tidak nonton pertandingan Spanyol vs Irlandia, tetapi skor 4-0 tentunya menunjukkan kalau mereka tampil gemilang.

Sementara itu, Italia tampil sumbang dan hanya berhasil meraih hasil imbang. Mereka bisa cepat pulang kalau lawan Irlandia nanti tidak menang. Sayang! (ini bukan deklamasi yaaaa (idiot) )

Sebenarnya Italia tidaklah tampil buruk di babak pertama. Hanya sayang terlalu banyak peluang terbuang percuma, khususnya oleh Balotelli. Marchisio juga sempat gagal mengeksekusi peluang yang cukup terbuka menjadi gol. Dibutuhkan eksekusi tendangan bebas prima dari Pirlo untuk mengoyak jala Kroasia.

Pirlo tak pelak lagi memang merupakan nyawa Italia. Sayang dia bekerja sendiri. Sepertinya Pirlo “merindukan” sosok seperti Vidal di Juventus. Mungkin De Rossi yang meski bermain baik sebagai bek, bisa ditarik kembali agak ke tengah. Mudah-mudahan Barzagli siap mengisi posisi yang bakal ditinggal De Rossi kalau dia naik ke depan.

Kroasia sendiri bermain disiplin. Di babak pertama memang beberapa kali kecolongan namun mereka masih beruntung striker Italia lagi melempem. Di babak kedua mereka bermain lebih baik lagi sehingga Italia makin sulit berkembang. Hingga akhirnya kesalahan penempatan posisi Chiellini berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Mandzukic untuk mencetak gol balasan.

Hasil semalam menempatkan Spanyol dan Kroasia sama-sama memiliki nilai 4, Italia bernilai 2, dan Irlandia yang sudah pasti harus angkat koper karena sudah tidak mungkin lolos. Kasus Irlandia ini berbeda dengan Belanda yang meski sama-sama dua kali kalah, namun masih punya peluang walau sangat tipis.

Siapa yang bakal lolos dari grup ini? Spanyol dan Kroasia masih harus saling baku hantam di pertandingan terakhir. Yang menang pasti jadi juara grup. Kalau seri, Spanyol lolos (karena selisih gol yang sangat baik) dan Kroasia harus menunggu hasil pertandingan Italia vs Irlandia. Kalau Italia menang dengan selisih gol lebih daripada 2, mereka yang lolos mendampingi Spanyol. Kalau selisih golnya jauh lebih besar lagi, Italia malahan masih punya peluang jadi juara grup. Kalau Italia tak bisa menang, yach, Ciao.

Follow me on social media:

Similar Posts

5 Comments

    1. Iya, dulu Jerman aja kalah sama Kroasia.
      Mari kita tunggu, biasanya Italia kalau lolos dari lubang jarum, malah mengganas dan juara

  1. saya tetep jago itali pak soale klub favorit saya inter milan, smoga itali tetep lolos walau gk ada pemain internya hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.