NTFS Resize di Linux

Setelah dukungan NTFS di Linux matang, ternyata banyak tersedia berbagai macam tool di Linux yang dapat digunakan untuk melakukan manajemen terhadap partisi NTFS. Salah satu yang sempat saya coba kemarin adalah ntfsresize.

Bermula dari kebutuhan saya untuk menginstall Ubuntu karena adanya suatu project (yang tentunya saat ini dirahasiakan, hehehe :mrgreen: ) padahal distro Linux yang ada di komputer saya hanya Fedora dan seluruh partisi di komputer saya sudah digunakan. Untungnya masih ada space kosong sekitar 14 GB di salah satu partisi. Partisi tersebut sudah diformat dengan file system NTFS.

Kebetulan partisi tersebut bukanlah partisi utama tempat Windows terinstall. Akhirnya saya putuskan untuk meresize partisi tersebut sehingga menyisakan partisi kosong sekitar 6 GB.

Setelah keputusan diambil, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mencari perangkat lunak resize yang tepat. Yang pertama kali teringat adalah Partition Magic. Tapi saya malas menggunakannya karena harus menginstall terlebih dahulu. Akhirnya saya mencoba mencari informasi perangkat lunak yang bisa melakukan resize partisi NTFS di Linux.

Dari hasil mengobok-obok Google, akhirnya ketemulah perangkat lunak yang tepat, yaitu ntfsresize. Dan ketika booting ke Fedora, saya menjumpai perangkat lunak itu sudah tersedia. I love Fedora.

Penggunaan ntfsresize cukup mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Login sebagai root.
  2. Unmount partisi yang akan diresize.
  3. Jalankan perintah berikut:

# ntfsresize [option] [device]

Pada komputer yang saya gunakan, perintah yang saya jalankan adalah sebagai berikut:

# ntfsresize -s 25G -v /dev/sdb5

Oh ya, jangan lupa untuk melakukan defrag terlebih dahulu terhadap partisi tersebut. Tentunya defrag dilakukan dari Windows.

*UPDATE*

Maaf, ada satu langkah lagi yang lupa saya tulis.

Perubahan ukuran dengan ntfsresize tersebut ternyata hanya diterapkan pada level volume, bukan pada ukuran partisi sesungguhnya. Karena itu, Anda harus menggunakan perangkat lain untuk mengubah ukuran partisi, misalnya fdisk.

Jadi setelah diresize, gunakan fdisk untuk menghapus partisi yang diresize tadi, kemudian buat partisi baru dengan ukuran yang sama dengan ukuran hasil resize dan tentu saja dengan format file system yang sama, dalam hal ini adalah NTFS.

Semoga bermanfaat.

Follow me on social media:

Similar Posts

7 Comments

  1. dari man ntfsresize:
    “Alternatively you could use one of the many user friendly partitioners that uses ntfsresize internally, like Mandriva’s DiskDrake, QTParted, SUSE/Novell’s YaST Partitioner, IBM’s EVMS, GParted or Debian/Ubuntu’s Partman.”

    jadi daripada melakukan 2 langkah terpisah yang cukup riskan, mending pakai tool yang mengintegrasikan keduanya kan .. πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published.