Kebanyakan review mengatakan film Justice League jelek. Padahal menurut saya, film Justice League bagus juga kok. Ya memang tidak bisa dibilang spektakuler, bahkan dibandingkan Wonder Woman juga kalah.

Namun kalau dibilang jelek kok ya saya pikir enggak juga ah. Jadi kalau kamu kepingin nonton tapi agak ragu, saya pikir, nonton saja lah, daripada nanti kecewa. Buktikan sendiri film ini bagus atau enggak.

Nah, sebelum saya lanjut, namanya review film, amat sulit untuk tidak mengandung spoiler. Jadi kalau kamu belum nonton dan tidak suka dengan spoiler, lebih baik baca tulisan saya yang lain saja ya, hehe.

Jadi begini, kenapa saya bisa bilang film Justice League bagus juga, minimal gak jelek lah. Saya punya satu patokan awal untuk menentukan apakah sebuah film bagus atau tidak, yaitu melihat jam (di hape atau arloji).

Kalau saya lihat jam, artinya saya bosan, dan bisa dipastikan filmnya membosankan alias yaaaa … jelek gitu lah.

Waktu saya nonton Justice League, gak kepikiran sekalipun melihat arloji. Bahkan ketika saya sempat keluar sebentar untuk pipis, tak sempat lihat jam juga. Dan untungnya juga saya pipis pas adegan gak penting.

Film Justice League Bagus

Gambar nyomot dari weliveentertainment.com

Bisa dikatakan, film ini tidak membosankan karena jalan ceritanya mengalir dengan baik. Perpindahan antar adegan tidak menyisakan tanda tanya.

Baca Juga
Hachiko

Selipan humor di sana-sini cukup memberikan nuansa segar di film ini. Nuansa kelam di film-film DC sebelumnya yang berawal dari The Dark Knight, relatif mulai ditinggalkan.

Proporsi kemunculan para tokoh serta peran mereka dalam jalan cerita relatif berimbang, meskipun rada mudah ditebak bahwa Superman menjadi tokoh yang dianakemaskan.

Tanpa melihat statistik, mudah ditebak khan ya bila Superman adalah pundi-pundi uang DC Comics. Selain Batman, Superman adalah tokoh superhero yang sangat legendaris.

Kids zaman kunow pastilah jauh lebih mengenal Superman dan Batman dibandingkan tokoh superhero lainnya, termasuk yang “bikinan” Marvel.

Penggambaran waktu yang seolah terhenti saat Flash bergerak cepat juga keren menurut saya. Kita jadi bisa mendapatkan gambaran seperti apa cepatnya sih Flash itu dan seperti apa kondisi sekeliling Flash saat dia bergerak sangat cepat.

Baca Juga
IronMan

Cuma ya bukan berarti film ini tanpa cacat. Ada juga lah kekurangannya di sana-sini.

Misalnya soal mother box. Barang ini tidak pernah muncul sebelumnya di film DC manapun, termasuk Wonder Woman yang belum lama ini dirilis.

Marvel jauh lebih baik soal beginian. Senjata, kostum, atau item yang muncul di sebuah film seringkali sudah pernah muncul di film sebelumnya, walaupun kadang penonton tidak menyadarinya.

Konflik dengan Superman yang baru saja bangkit dari kematian juga terlalu cepat selesai. Seharusnya kalau Superman-nya rada sulit ditaklukkan, bisa jadi lebih seru. Cuma ya pasti durasi film bakal jadi panjang, hehe.

Ketidakmampun Cyborg dalam mengendalikan “fitur pertahanan diri” saat pertama kali bertemu Superman juga terlalu mendadak diceritakan. Barangkali bisa lebih baik kalau sudah pernah diceritakan sebelumnya, misalnya ada sedikit “konflik” dengan Flash atau Aquaman lalu fitur pertahanan dirinya tersebut teraktivasi. Dibumbui humor tentu lebih baik.

Baca Juga
Review Film Tintin

Keluarga terisolir di bekas reaktor nuklir Rusia juga kurang greget ceritanya. Mereka itu siapa? Mengapa terdampar di situ? Mengapa alien yang jago mendeteksi rasa takut tak juga membobol rumah mereka?

Siapa lebih cepat antara Superman dan Flash? Pada post-credit scene sih tidak diceritakan siapa yang lebih cepat.

Tapi Superman bisa menyusul Flash loh saat sedang berusaha menyelamatkan keluarga terkucil yang sedang melarikan diri. Padahal Flash sudah berangkat lebih duluan sekian waktu lamanya. Jadi kudunya Superman juaranya ya.

Nah, omong-omong soal post-credit scene, ada dua adegan yang muncul. Jadi pastikan tetap berada di bioskop sampai terakhir banget ya.

Yang pertama menceritakan Superman dan Flash yang balapan untuk mengetahui siapa yang tercepat dan sudah pasti tidak diceritakan siapa pemenangnya karena adegan berhenti saat perlombaan dimulai.

Yang kedua menceritakan kemunculan Lex Luthor. Kode bahwa bakal banyak film DC lainnya ke depan.

Begitulah. Skor akhir yang bakal saya berikan ke film ini adalah 6.5/10.

Follow me on social media:

6 Comments

deddyhuang.com · 22/11/2017 at 12:51 pm

aku sampe nunggu sendirian di bioskop untuk lihat yang lex luthor hahaha…

Aga kahfi · 23/11/2017 at 2:43 am

Mother box itu udh di jelasin di bvs sama lex luthor di file rahasia nya sama buku catatan nya
Terus yang kedua film ini nyambung bvs ke justice league jadi semua yg ada di justice league itu udah di bahas sama bvs

Klo keluarga reaktor rusia itu mmg ada sbagian warga tinggal disana karena tempat itu udah gak diurus lagi sedangkan keluarga itu tinggal disana karena mereka mencintai rusia wonder woman juga sudah djlskan pas di film nya sdgkan mahluk nya knp gg lgs di serang karena anak kecil prmpuan itu gg takut sama serangga malah mau di serang pakai semprotan sraangga bpknya pmbrani so si mahluk gg akan mngkin mnyrang dan mahluk ini hanya mnyrang org takut tapi bukan pngncr rumah karena rumah mahluk mati makanya gg di serang bruce wayne juga blg gtu pas di film

Klo buat scene superman yg tiba tiba setuju karena kunci nya di loise klo kakak ini lihat bvs pasti tau dcene batman ktmu di vision laki yg blg k batman bahwa knci mnaklukan superman adalah loise makanya pas ktmu loise dia lgs sadar btapa ego nya superman

So mnurut aku film ini kcw cm dua waktu terlalu pndek sama scene banyak yg di cut tapi ksluruhan bgs bgt haha

Haryadi Yansyah | Omnduut · 23/11/2017 at 1:33 pm

Setuju om, ceritanya emang gak kuat. Tapi aku masih menikmati dan gak sampe misuh-misuh keluar tiket buat nonton kayak pas nonton Suicide Squad haha.

annosmile · 27/11/2017 at 9:19 am

Film-film JL atau DC Comics emang identik dengan tokoh Superman..sepertinya mereka tidak berani berspekulasi seperti kartun sebelah Marvel yg nekad menyamaratakan superheronya agar tidak terlihat salah satu yg dominan. Namun overall film itu sendiri cukup menarik sih walau dibawah WW, DC Comic udah mulai berubah meninggalkan produksi film yg di remake terus xixixixi

adi pradana · 27/11/2017 at 11:24 am

Belum nonton saya om, diajakin anak lanang nonton, tp blm kesampaian. Jelek atau pun tidak, saya tetap nonton. hehehe.

Yosafat santoso · 01/12/2017 at 12:02 pm

Setau saya di batman vs suparman mrk.seimbang…sekarang koq batman kelihatan loyo….udah tua kali ya…..Mosok supman dikeroyok bisa menang telak…apa kebanyakan bobo jdi lebih seger yaa…
The Flash yg biasanya kereng/sangar jdi culun
Overall asik

…..inget dlu liat superman 2 @bioskop rahayu
Yg lebih asik lagi sih liat duel marvel vs dc comic…menang siapa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.