Spam adalah sesuatu yang menjengkelkan banyak orang, termasuk saya. Blog inipun termasuk yang sering diserbu spam.

Akismet sebagai salah satu plugin bawaan WordPress sebenarnya cukup mumpuni menghadang spam. Cuma sayangnya komentar-komentar yang dianggap spam disimpan di database dan diberi label spam. Tentu saja ini akan membuat ukuran database menggelembung.

Kalau mau dibersihkan, sebenarnya mudah sih. Tinggal klik Delete All Spam. Tapi terus terang kok saya tidak tega ya, siapa tau ada komentar baik-baik yang nyelip ke dalam spam. Jadi sebelum membersihkan spam, biasanya saya lihat dulu apakah ada komentar baik-baik yang nyelip di sana.

Tapi lama-lama kok nyusahin juga. Lha spam yang masuk kadang-kadang ratusan jumlahnya.

Baca Juga
[Update] Rekaman Talkshow Eltira FM Jogja

Lalu saya mencoba plugin WP-SpamFree yang katanya ampuh menghadang spam. Menurut developernya, ini adalah penghadang spam paling ampuh. Hebatnya, tidak memiliki ‘false positive’.

Tapi ternyata semua cuma iklan karena ternyata WP-SpamFree mengecewakan juga. Beberapa spam masih bisa nyelonong masuk dan ada komentar baik-baik yang ditolak. Herannya, sejak memasang WP-SpamFree, jumlah kunjungan ke blog ini menurun drastis. Bahkan salah seorang fans saya *uhuk* (evil_grin) sama sekali tidak bisa membuka blog ini.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengganti lagi anti spam untuk blog ini. Selain tetap mengaktifkan Akismet, saya kini menggunakan wp-num-captcha. Dengan plugin ini, setiap orang yang hendak meninggalkan komentar harus mengisi terlebih dahulu penjumlahan sederhana. Ndak usah khawatir, gampang kok, anak SD juga bisa.

Baca Juga
Smiley Plurk di Blog Ini

Yach, mudah-mudahan ini adalah oprekan saya yang terakhir dalam rangka menghadang spam. (rock)

Follow me on social media:

10 Comments

geblek · 16/02/2010 at 10:23 am

maklum seleb :)
kalau saya sih sekarang lg di serang sama suporter sepak bola indonesia. duh saling menghujat njis. mau saya tutup komennya juga terlalu kejam ya terpaksa ngakalin dg nambahin spam wordnya,

bukan detikcom · 16/02/2010 at 1:17 pm

percaya gak sebelumnya saya pakai numcaptcha ini dan tembus juga sama si spammer…aji gile dah..

sekarang sih pakai SK2…lumayan mantab juga…

dudi · 16/02/2010 at 4:13 pm

bukannya kalo spam di wordpress itu lebih banyak kalau menggunakan trackback ataupun pingback?

hanif IM · 18/02/2010 at 9:37 am

saya sih make plugins ini juga, karena simple versi caphtanya, namun saya kuda kadang sering kena sama spam yang essay itu. hehe, tapi gak pa-pa lah, ntar kalau udah nyusahin baru di tumpas.

escoret · 19/02/2010 at 8:43 am

S.O.K.O.R..!!!

*injek2 bendera psim*

    Oom Yahya · 19/02/2010 at 1:19 pm

    Peng, nek arsenal kalah ra sah nggowo2 PSIM.
    Aku bukan fans klub lokal.

febriyanto · 19/02/2010 at 9:42 am

cukup inspiratif……. tapi keknya susah y…. (doh)

Arham Blogpreneur · 01/03/2010 at 2:15 pm

Maklum lah, kalau seleb pasti jadi incaran spammer (bigeyes)

itachi · 03/04/2010 at 11:00 pm

(haha) di blog gue bisa ampe ratusan tuh spam

Tomi · 29/06/2010 at 1:21 am

Spammer nya robot atau manusia ??
Kalau robot saya tnggl akali pk amchaptca dan hslnya bersiih..
Kalau manusia biasa pk invisible defender ma bad behaviour om

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.