Palindrome

Saya sudah lama sering memperhatikan bahwa ada kata-kata tertentu yang jika susunan hurufnya dibalik dari belakang ke depan (atau dibaca dari kanan ke kiri) tetap akan berbunyi sama, misalnya “malam”, “kakak”, “tamat”, “radar”, dan lain-lain. Namun baru kira-kira 1 tahun yang lalu saya mengetahui bahwa ada istilah tersendiri untuk kata-kata seperti itu, yaitu Palindrome.
Menemukan palindrome dalam bentuk satu kata tunggal mungkin tidak terlalu sulit. Yang sulit adalah menemukan palindrome dalam bentuk kalimat. Sejauh ini saya baru menemukan satu kalimat palindrome, yaitu “kasur ini rusak”.
Terkadang, tanda baca seperti koma, titik, tanda tanya, tanda seru, dan lain-lain (bahkan termasuk spasi) boleh diabaikan. Jadi kalimat “Madam, I’m Adam” bisa dianggap sebagai palindrome karena jika ditulis tanpa tanda baca adalah “madamimadam”. Nah, jika demikian halnya, maka ada cukup banyak palindrome yang bisa ditemukan, namun terus terang hampir semua saya temukan dalam Bahasa Inggris, misalnya:Rise to vote, sir
I prefer pi
Madam! Iā€™m Adam
A man, a plan, a canal: Panama!
A Toyota’s a Toyota

Yang hebat, boleh percaya boleh tidak, palindrome terpanjang yang pernah ada terdiri dari 17.259 (tujuh belas ribu dua ratus lima puluh sembilan) kata! Silakan kunjungi http://www.norvig.com/pal2txt.html untuk membuktikannya.

Follow me on social media:

Similar Posts

5 Comments

  1. Hehehe, kalimat yang bagus. Cuma mungkin jarang orang yang menyadari hamil kalau baru lima hari. Biasanya kalau sudah terlambat bulan, jadi minimal hamil 1 bulan. Tapi siapa yang peduli? Yang penting jadi palindrome, bukan?

  2. ABLE WAS I ERE I SAW ELBA

    Palindrome yg terkenal, diucapkan Napoleon pada saat pembuangan ke pulau Elba. “ERE” artinya dlm bhs Prancis = “UNTIL” (klo ga salah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.