Blog Oom Yahya

Catatan Usil Yahya Kurniawan

Otak Kiri atau Otak Kanan?

Seperti kita ketahui bersama, otak manusia terdiri dari dua belahan, yaitu belahan kiri dan belahan kanan. Sebagian besar orang cenderung untuk lebih banyak menggunakan salah satu belahan dibandingkan belahan lainnya. Relatif jarang orang yang bisa menggunakan keduanya secara berimbang.

Nah, sekarang pertanyaannya, manakah yang lebih banyak Anda gunakan? Kiri atau kanan? Ada banyak sekali rangkaian tes yang bisa digunakan untuk mengujinya. Salah satu uji yang relatif sederhana adalah dengan melihat gambar penari balet di bawah ini.

 

Bagaimana caranya?

Perhatikan arah putar penari balet itu. Menurut Anda, penari itu berputar searah jarum jam atau berlawanan?

Jika menurut Anda penari itu berputar searah jarum jam, maka Anda cenderung lebih sering menggunakan otak kanan Anda. Dan tentu saja hal yang sebaliknya berlaku, jika Anda melihat penari itu berputar berlawanan arah jarum jam, maka Anda cenderung lebih sering menggunakan otak kiri Anda.

Menurut situs yang memuat gambar tersebut, kebanyakan orang cenderung melihat penari itu berputar melawan jarum jam. Tapi kalau Anda fokus, Anda bisa saja mengubah "sudut pandang" Anda sehingga arah putar penari balet itu menjadi berbalik. Namun tentu saja tes tersebut akan memberikan jawaban yang lebih "jujur" kalau Anda melihat gambar tersebut secara rileks.

Saya sendiri melihat gambar penari itu berputar searah jarum jam.

Lalu apa artinya jika Anda lebih sering menggunakan otak kiri dan otak kanan? Situs asal gambar tersebut juga memberikan penjelasannya. Tapi kalau Anda ingin tahu lebih dalam, terus terang saya tidak berkompeten dalam hal ini. Mungkin Anda bisa tanya ke malaikat yang pakai resleting itu … hehehe :mrgreen:

Nah, Anda termasuk yang mana?

155 Responses to Otak Kiri atau Otak Kanan?

  1. Ojat says:

    kayaknya ganti2an nih..searah..trus berbalik :P

  2. maseko says:

    Sama dong, saya juga melihatnya berputar searah jarum jam, dan agak kesusahan juga untuk melihat berputar berlawanan

  3. Abe says:

    sama dengan @maseko, saya melihatnya searah jarum jam. :D

  4. tukangmoto says:

    weiird.. kadang kaki kiri yg muter , tiba-tiba kaki kanan .. with just a blink of your eyes . :)

  5. nita says:

    awal ngeliat berlawanan dg jarum jam…setelah diamati lagi jadi searah jarum jam… gimana tuh

  6. zain says:

    Awalnya cuma liat searah jarum jam, dan tidak habis pikir bagaimana mungkin bisa terlihat ke arah sebaliknya. Tapi setelah gambarnya saya tutup kecuali telapak kaki dan bayangannya, fokus ke bayangannya, arahnya jadi berlawanan. Untuk kembali berputar searah jarum jam lakukan trik yang sama. Luar binasa.

  7. christiono says:

    Saya awalnya melihat berlawanan arah jarum jam,
    tapi setelah beberapa selalu melihat searah jarum jam.

  8. dudi says:

    sama seperti abe dan maseko. saya kok kesulitan ya untuk liat berputar berlawanan jarum jam. setelah dicermati, tetep aja yang terlihat searah jarum jam.

  9. memang pada awal terlihat oleh saya melawan arah jarum jam, tapi setelah dicoba bisa tuh dibulak balik :)

  10. ocha says:

    huahh.. dari tadi ngeliat terus kok searah mulu yak, gak muter balik. lebih sering make otak kanan berarti..
    well.. liat di situsnya,
    ahaa…. mirip semua sama diriku. wahhhh..

  11. fisto says:

    saya otak kanan….kenapa ya?padahal saya yakin saya sering pake otak kiri…

  12. acmal says:

    ganti2, awalnya searah lama2 jadi berlawan arah jarum jam. ada selang waktu tertentu arahnya berubah, tadinya saya kira karena kedipan mata, ternyata salah :D

  13. nico says:

    Searah jarum jam!*mikir2 sy salah jurusan apa ga*

  14. meong says:

    aku kidal je….
    dan aku liatnya berlawanan.

    jd piye ??
    *malah ga mudeng*
    hehehehehe

  15. pertama ngelihat anti-clockwise
    tapi kadang bisa clockwise
    mostly, anti-clockwise

    menarik :d

  16. chevenk says:

    awalnya gwe lihat searah jarum jam tapi setelah diperhatikan memang benar gambar itu bisa berputar searah jarum jam dan bisa juga berlawanan. itu berarti gwe bisa menggunakan otak kiri gwe juaga kan…??? iya gak.. iya dong.. benerkan, bener dong… huhuhu…

  17. soesheila says:

    Binun nich mas…. kalo bisa dua2nya gimana… otaknya plin-plan kali yach…. :)

  18. lho aneh
    sekarang saya malah clockwise terus :d

  19. ika says:

    saya liatnya kok juga searah jarum jam ya? katanya kalo sering menggunakan otak kanan berati lebih ke tipikal orang yang mengandalkan perasaan ketimbang logika.. bener ga ya?

  20. ronaldi says:

    kiri, eh kanan deng. kiri ah, kanan toh. eh kiri, ga deng kekanan. duh binun..

  21. eko says:

    sy liatnya, searah jarum jam trus berlawanan dengan arah jarum jam ???

  22. Kalau saya liatnya hanya di lekukan bawah dan tonjolan atas,..otak mana yang bekerja ya..
    * otak mesum

    • Ebrar says:

      Very interesting stuff you have here. I ckcehed out your Art of Cool gallery and I particularly like the black and white images, they have a very nice feel to them.

  23. @semua
    Kalo saya boleh rangkum, kebanyakan yang memberikan komentar di sini cenderung melihat penari tsb berputar searah jarum jam.
    Apa situs yang memuat gambar tsb salah ya? Maksudnya seharusnya yang searah jarum jam itu justru lebih banyak menggunakan otak kirinya.
    Ah entahlah, saya bukan expert di bidang itu.
    Atau jangan2 browser berpengaruh ya? :mrgreen:
    *gak ada hubungannya*

  24. adit says:

    hmm mencoba untuk fokus, tapi tetap saja yg keliatan oleh saya searah jarum jam

  25. jovanny says:

    bener..ganti2 terus..seperti di permainkan..

  26. goes says:

    Awalnya saya melihat berputar searah jarum jam. karena penasaran ada orang yg blang melihat “berputar berlawanan” saya mo coba. Setelah menggunakan metode zain d komen k 6, saya dapat melihat putarannya berlawanan arah jarum jam.

    Tp secara garis besar, saya dominan pengguna otak kanan.
    *sering ngelamun yg ngeres2* :lol:

  27. kaptenvu says:

    wah, aneh lagi buat saya.
    awalnya berlawanan dengan arah jarum jam, tak lama kemudian saya melihatnya seraha jarum jam, setelah bertumpu pada poros objek (tumit). namun ternyata sampai 5 menit berikutnya saya belum bisa ‘membalik’nya berlawanan arah jarum jam…

  28. kaptenvu says:

    akhirnya berhasil juga membolak-balikkan arah gerakan si balerina, betul kata om Zain (coment no 6), kuncinya ada di bayangan, plus (menurut saya) di tumit sebagai poros.
    bayangkan arah gerakan yang ingin dilihat lalu mulailah dari arah bawah, dan anda akan mendapatkan arah yang anda inigin kan ;)

  29. hendhy says:

    pada awalnya searah jarum jam, terus ganti, terus kebali lagi searah jarum jam, terus ganti lagi berlawanan arah jarum jam, saya pindahain ke tab yang lain ( karena memamng ada juga di website yang lain, dan saya online kan keduanya) ganti lagi jadi searah jarum jam sampai akhirnya saya tutup website-nya tetep jadi searah jarum jam, Koq Bisa Ya!!!!

  30. Roby dulhaq says:

    klo aq sich melihatnya bergantian,pertama kali melihat berlawanan arah jarum jam tru aq iat truzzz eh ternyata yang aq liat searah jarum jam n sulit unt mengubahnya

  31. Pratiwi says:

    AQ YAKIN BANGEET KALO GAMBARNYA BERUBAH-UBAH ARAH PERPUTARANNYA…!!!

    CARA MENGETAHUI ARAHNYA DENGAN MELIHAT KAKI MANA YANG TERANGKAT KAN..??

    NAH KAKINYA TUH TERANGKAT SECARA BERGANTIAN.

  32. onay says:

    hitam gelap berputar ke kanan dan kekiri,
    wah terlalu fokus…
    klo di lihat’ penari ballet , bugil , ada sela diantara kedua paha, sedikit tonjolan di dada dan bertitik,
    pasti cantik tuh cew,sexy , yakin bgt klo itu Luna Maya. coba deh liat lagi gambarnya.:p

  33. phie says:

    Q ptma liat ya searah jarum jam coz yg kuliat tubuh bag.atas. Mnrutq klo qt liat tbuh bag atas akan tau searah pa ga coz dpan blkang beda. Klo liat kaki ja ya bngungg….kdang keliatan searah kdang kliatan berlawanan

  34. lee_da says:

    kalo saya sih liat pertama kali langsung se arah jarum jam…
    pertanyaan berikutnya adalah: kebanyakan orang indonesia terlebih yang masih dalam proses belaja memiliki kecenderungan menggunakan otak kirinya. maka wajar saja klo daya kreativitas para siswa agak terhamabat… jadi wajar jika sekarang banya pewacanaan terkait otak kanan, malah sistem pembelajaran yang menggunakan keseimbangan otak kanan & kiri. untungnya hal ini sejalan dengan kurikulum yang di terapkan oleh pempus yakni KTSP (kurikulum tingkat satuan pendididkan). Lho, ko jadi ngelantur ke mana2 ya? :D
    Sorry… ;)
    Kebetulan saya seorang executive pada lembaga yang bergerak dengan pengoptimalan otak ini.
    Thanks

  35. nonohermanu says:

    kalo kita fokus pada gambar jelas kanan kirinya, keliatan berputar kekanan. kalo fokus diluar gambar, tidak jelas kaki kanan kirinya, terliat berputar kekiri. koq bisa ya?mestinya otak kiri lebih logis, ternyata imajinatif juga?

  36. diana says:

    yg terlihat selalu searah dengan jarum jam….
    pernah berlawanan arah, tapi ga sengaja…reflek dan sebentar sekali, cuman 2 detikan maybe!!!
    trus mau nyoba berlawanan arah lagi, ko syuuuusyaaah ya…..

  37. mariiiqq says:

    kalo gambar itu asik bertukar arah…
    mula2 lawan arah kira2 3-4 saat kemudian jd arah jam…
    lps 3-4 saat kemudian tukar arah balik…
    kalo asik tukar arah aja…..
    mcm mna ak nak tahu otak ak???
    aku guna kanan atau kiri??

  38. artha says:

    awalnya aku ngelliat berlawanan arah jarum jam, tp sesudah lihat penjelasannya dan balik lagi ke gambarnya, aku ngeliatnya berputar ke searah jarum jam

  39. moch_notluz says:

    kayaknya emang searah jarum jam tapi begitu menghadap kekanan kayak berlawanan…..
    jadi bingung nih, ada gak otak yang mengatur kebingungan??????????????hehehehe

  40. Roby Dulhaq says:

    klo saya melihatnya bergantian

  41. SANG_BOS says:

    wahhhh, sempet ketipu nehhh!!!
    gambarnya clocwise abis gitu counterclockwise
    liat aja kepalanya
    kalo lama lama diliat nanti bisa pindah koq

  42. Embun says:

    aha.. saya suka gambar ini… di kantor teman-teman pada bertengkar… “kirriiii… kanan…. nah kiri lagi..bukaan tuh lagi ke kanan”.
    Padahal gambarnya sendiri ga berubah.

    Kalau saya sih hampir mirip dengan tukangmoto, dengan kerdipkan mata dan rileks, bisa mengubah putaran. Terserah otak kita. Lagi pengen kanan (CW) atau lagi pengin kiri (CCW).

  43. x_san says:

    just blink your eyes….

    clockwise mode on, gambar ostosmastis muter searah jarum jam

    counter-clockwise mode on, gambar ostostmastis muter berlawanan jarum jam….

    belum coba kalo on dua duanya :D

  44. iesra_dulcet says:

    searah jarum jam sooo???????

  45. Shineman says:

    Menurut saya adalah kurang tepat jika mengatakan yang melihat gambar itu searah jarum jam kebanyakan menggunakan otak kanan, sedangkan yang melihatnnya berlawanan jarum jam kebanyakan menggunakan otak kiri. Justru sebaliknya. Bukankah kita selama ini melihat arah jarum jam “seperti itu”. Nah, gara2 terpaku melihat arah jarum jam “seperti itu”, makanya kebanyakan diantara kita melihatnya searah jarum jam. Otak kiri kita cenderung tertutup oleh hal yang telah biasa bagi kita.
    Kita cenderung melihat hanya satu arah.
    Makanya susah ketika melihat dalam arah yang lain.
    Adalah baik ketika kita dapat melihatnya dengan dua arah. Itu berarti otak kita seimbang. Otak diciptakan untuk digunakan bersamaan. Seperti kaki. Jika kita gunakan hanya kaki kanan atau kaki kiri kita untuk berlari maka tak lama setelah kita start, kita akan terjatuh. Begitu juga otak.

  46. aiwah says:

    pas liat pertama dah ketahuan searah jarum jam.
    stwdeh liatnya…

  47. Felicita says:

    gila, gw kena tipu ma ni gambar

    Gambarnya pindah – pindah boo

  48. andrian says:

    Ah..pada ketipu semuanya nih.seolah2 ini seperti test ilmiah, ada perputaran obyek yg konsisten, tapi pandangan kita bisa memaknai scr tdk konsisten. tapi ternyata..perputarannya memang ada 2 macam, searah jarum jam dan kebalikannya. Kalo di editing film ini namanya cut to.jadi perputarannya memang tidak konsisten, memang ada 2 macam perputaran, tapi karena obyeknya persis ada di tengah porosnya, pas berganti ke perputaran yg lain, seolah2 kita tidak sadar dan ngerasa aneh. Padahal sih yah ini biasa aja tidak aneh. Sebenernya di komentar yg pertama itu sudah bisa ngelihat kok kalo ini biasa aja.

  49. lh says:

    bolak-balik sptnyaaaa stujuuuuuuuuuuuuuuuuuu?

  50. Mr Gaban says:

    i see the nipple lol

  51. VINA says:

    idem.
    tu gambar ngerjain qt nih.

  52. Helmawan says:

    trik yang bagus untuk melatih kerja otak kita

  53. ibah says:

    wuih…kayaknya tu penari baletnya mutarnya bergantian d.
    kadang searah jarum jam
    n setelah itu berlwanan jarum jam ..
    so jawabnnya ap donk..
    buat pusing..coz kayak ngerjain aja tu gambarnya..

  54. yuna says:

    heeeeee
    awalnya bingung gue.
    tapi akhirnya gue sadar tu penari balik2

  55. tata says:

    saya perhatiian lama, toh memang selalu berputar searah jarum jam….
    walaupun saya dah praktekin sprt commet no 6, toh tetap berputar searah jarum jam

  56. Arif Rizwan Al-Fariz says:

    Pertama liat saya udah tau kalo penari itu menari searah dengan jarum jam……… “^_^”………….

  57. _fth_09 says:

    saya ternyata dominan kanan y?
    padahal saya kaya’nya cenderung k kiri..

    apakah sudah diuji

  58. Haical says:

    Pertama saya lihat putarannya itu berlawanan arah jarum jam (kalo dilihat dr tampak atas) tapi kalo dilihat dari tampak bawah akan berubah arah, yaitu searah jarum jam. Mungkin harus ada petunjuk perspektifnya kali y coz arah jarum jam itu kan tergantung perspektif.

  59. kafein says:

    (blush) searah jarum jam gw.. otak kanan kah ?

  60. gal says:

    pertamam ngliatnya langsung searah jarum jam
    berarti otak yg palng dominan kanan y??
    tp gw pernah iseng2 d tes dengan cara menggenngam kedua tangan n katanya yg dominan otak kiri….

    sebenernya tes yg akurat tuh yg ky gimana sih??

  61. rio says:

    parah lo gambar itu bukannya ngasih pelajaran,tp lo ngerjain orang

    dapat dari mana sech

  62. kangmaulana says:

    Yang mengatakan Gambar penari tersebut berputar berlawanan arah jarum jam adalah bukan penggunaan otak kiri yang aktif, melainkan matanya harus diperiksa ke dokter mata.
    Jelas-jelas gambarnya tidak berubah, berputar searah jarum jam gitu ko.

  63. eko says:

    kerenn

    aku bisa…. ga tau karena fokus atau tiba2 bisa berubah arah???

    buka ulasan lain:

    http://ekojuli.wordpress.com/2009/05/13/otak-kiri-dan-otak-kanan/

  64. fitri says:

    wah susah jg nie,,,
    pertama d liat she mang searah ma jarum jam..
    tp klo d perhatiin lagi..kok malah sebalik ny yach…

    so…gmn dunk…!!!

  65. hanif says:

    emang bolak balik lagi… coba aja deh lihat telapak kakinya aja, biar ga teralu kena ilusi gerakan keseluruhan….

  66. zie says:

    kadang k knan ,,kdang k kri,
    gantian gtoh de.

    gmna tu?

  67. eda says:

    lho kok malah jadi gini?? (hassle)
    (lmao)
    (doh) ampun dagh… bikin mata pegel ngliatnya??? (bigeyes)

  68. ratna says:

    pertama searah jarum jam trus lihat lg jadi kebalikannya…. (ngacir)

  69. ita says:

    Saya melihat 2 gerakan tersebut, dalam hitungan detik, pertama-tama searah jarum jam kemudian berbalik melawan arah. jadi kalau begini otak saya yang dominan yang mana? atau fifty-fifty. Menarik banget ni untuk dibahas

  70. Benzamania says:

    ahh,,,ni gambar ngibulin para hadirin neh…?!
    soalnye stelah diperhatiin,,dia brobah2 tao…
    truz gmn kite mo nentuin…otak kite bozzzz,,,??!!!

  71. Pingback: riGht or Left?? « in hEArt.in miNd

  72. fina says:

    8-) saya setuju dengan andrian tidak ada yang aneh, amun sekedar ujicoba fokus boleh dilihat arah bolak baliknya

  73. lendra says:

    aku kok bingung ya???? kearah mana to tu.. klo aku pikir-pikir belok kidal/kiri…
    :)) :)) (idiot)

  74. master ilusionist says:

    tes boongan ! gambarnya bisa balik sendiri gak pake mikir… (dance)

  75. law says:

    (lonely) (lonely) (lol) yang pastinye……searah jarum jam aja ah….. ketipu deh semua (banana_rock) ……..mang enak…..di boongin…….. (yahoo) (banana_cool) (banana_rock) (hungry) (rofl) (scenic)

  76. Dadan says:

    klo tes itu benar, saya malah bingung (bigeyes) .Soalnya saya pernah mencoba dengan metode yang lain dan hasilnya saya cenderung menggunakan otak kiri, tapi dengan cara ini beberapa kali saya liat saya tidak menemukan celah untuk melihat bahwa penari itu berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Tapi mungkin dari pada kita bingung mikirin otak kiri ato otak kanan mending kita lebih milih untuk memnyibukan dengan pertanyaan apakah hati kita peka ato tidak, kali ya? (goodluck)

  77. ridwan says:

    Aku liat dua2nya kadang searah kadang berlawanan

  78. Azos Grobans says:

    menurut gw sechh
    muternya searah jarum jam (kepruk)

  79. GIF says:

    setelah say buka file nya…ternyata ……ada yg searah ada yg tidak searah…..jadi bukan masalah mata apalagi otak….memang sengaja di buat seperti itu

  80. Musdalifahibrahim says:

    mnrut saya searah jrum jam!!!

    mnrut anda saya lbih cocokx ambil jur apa???

  81. Setelah saya teliti dan kaji lebih dalam dan perhatikan berulang-ulang. Ternyata awal muncul arah putarannya ke kanan. menunggu sambil memperhatikan beberapa detik arah putaran tiba-tiba berubah ke kiri.Saya sangat mengakui bahwa dominan putaran ke kanan searah jarum jam, ini juga melatih konsentrasi& ketelitian. setiap yang melihat akan sering terkecoh karena kita hanya fokus pada 1 titik. mau tau caranya. lihat kaki dan tangan mana yang terangkat dan perhatikan tangan dan kaki bergerak ke arah mana. hayyo terus lihat berulang kali jangan pusing yo. jika kamu hanya melihat arah kanan terus berarti dominan kanan dan kamu kurang memperhatikan banyak sisi yang berubah alias ga teliti gitu dech. Yudi febrianto :-)

  82. sigit says:

    amazing… luar biasa menurut saya gambar itu bisa diperintah oleh kita untuk putar kanan ya bisa kanan untuk bisa muter kiri dia juga muternnya ke kiri.. kesimpulan saya ini berarti kita bisa mengontrol otak kita kalo kita mengatakan ke otak kita bahwa itu merupakan putaran kiri maka kita akan menganggap itu kiri demikian juga sebaliknya…
    Otak kita mmng luar biasa..

  83. sigit says:

    amazing… luar biasa menurut saya gambar itu bisa diperintah oleh kita untuk putar kanan ya bisa kanan untuk bisa muter kiri dia juga muternnya ke kiri.. kesimpulan saya ini berarti kita bisa mengontrol otak kita kalo kita mengatakan ke otak kita bahwa itu merupakan putaran kiri maka kita akan menganggap itu kiri demikian juga sebaliknya…
    Otak kita mmng luar biasa..
    untuk pembanding bisa diajak 2 orang.. kadang arah putaran tidak sama trgantung dari presepsi kita dan teman kita…

  84. ayu says:

    kok nggak ada definisi dan penjelasan tentang apa itu otak kanan dan apa itu otak kiri…?

  85. ghamal says:

    iya bolak balik

  86. joystick says:

    (bigeyes) mungkin dari semua yg komentar…. aku yg lain searah jarum jam dan sebaliknya terusssssss kepala dibawah kaki diatas itu gimana tuh
    ada yg bisa jelasin?????????????????????????

  87. sassylicious says:

    kalau kita melihat dia ke arah kiri,cobalah untuk melihat tv/meja/barang di sekitar kamu (hassle) (hassle) .Lalu balik lg melihat ke cewek balet itu dan arah nya akan berubah ke kanan….percacaya deh

  88. Fina says:

    (bigeyes) (unsure) kq meski aq lht brkali-kali, aq lhtx berlawanan dgn arah jarum jam y!

  89. nanung says:

    swaktu gw ngerjain tugas kantor trus sepintas liat dancer itu gerakannya berlawanan dgn jarum jam.. berarti qw kerja pake’ Otak Kiri. Tapi setelah gw amati penari yg aduhai… itu scr detail (sambil ber-imajinasi dikit tentunya), ternyata gerakannya kok searah jarum jam sih? Lho kok bsa sih, ini gambar kok aneh ya?
    Ternyata berpikir ngeres itu pake’ otak kanan ya…hahahaha (lol)

  90. Basuki Hardjo says:

    Saya sudah lama tahu tt optical illusion penari balet tsb,dan saya udah mengamati ber-kali2. menurut pengamatan saya penari balet tsb
    berputar begantian mnt arah jarum jam dan sebaliknya. (headspin)

  91. arie says:

    kurang ajar ane ditipu (angry) ……itu putaran penarinya emang di balik-balik setiap 20detik……buat yang lebih seru yaa…….

  92. esapa bilang, kalau memang bisanya liat ke kiri, ya ke kiri terus (tongue)

  93. mounaa says:

    kya_ searah jaru jam… he…

  94. fadiya says:

    m3nurut s4y4 p3n4ri b4l3t itu b3rput4r k3 kiri k3 mudi4n b4lik k3 k4n4n..b3gitu s3t3rusny4.. :)(bye)

  95. tri wahyuningsih says:

    awlnya lihat berlawanan arah jarum jam, tp kug lihat yang kedua jd searah jarum jam? kyak’e ganti2 arah deh….
    mengecoh…

  96. io says:

    hhmmmmmmmmmmm

  97. io says:

    (heart) (heart) (heartbeat) (angry) ga asiik ni.

  98. PUTRI says:

    klo’ mnurutQ pd awlnya c, brlawanan tapi tiba2 stelah saya cermati lagi, pnari itu berputar. sehingga searah jarum jam. mnurutQ, sbnernya ini sebuah tes, sberapa jeli kita mengamati penari tsb. hehehe

  99. guntur says:

    searah jarum jam (dance)

  100. ravita says:

    uda hampir aq melototin gambrnya itu,,,,,,,
    tapi tetp aja muternya kayak arah jarum jam!!!!!!!!

  101. ravita says:

    oia, ada yang bilng pikiran – itu yang aktif dalah otak kir, sedangkan pikiran yng + itu yng aktif adalah otak baian kanan,,,,,
    yng aq pengn tau ne,,,,,,,,kok bisa gt ya,,,,
    apa memang uda ada peraturannya,,,,,
    ato gimana gt,,,,
    ples dechhhhh…….tolong dikasi tau penjelasannya!!!!!!!!
    thanks

  102. Nhia says:

    truZ gimanA tuch, , ,KRn penari Baletx abis Mutar searah Jarum Jam truZ balik Arah Lagi . . . !

  103. komte says:

    gmn caranya
    ataw supaya otak kiri dan otak (sick) (angry) kanan supaya berjalan duaduanya,,,! nah itu bagaimna tanggapanya jd supaya bekerja (kepruk) duaduan (doh) ya,,,! bsa ga yah kikikikik (ngacir) (idiot) (rock) (music) (woot) (tongue) (tears) (taser) (taser)

  104. Suryaiskandar says:

    Gunakanlah Otak kana anda sebaik-baiknya dari pada menggunakan otakk kitri yang bakal membuat anda mendapatkan kesulitan di masa mendatang

  105. phyta says:

    Kalau bisa ngliat 2 arah gmn dunk???

  106. Budi says:

    iya aneh gambarnya ganti-ganti kadang ke kekiri kadang ke kanan, gak valid nih tesnya

  107. tina says:

    menurut sy, gambar penari itu berputar se- arah jarum jam jg berlawanan dg jrum jam. hal ini apakah benar?
    krn menurut perhatian sy, gambar itu berputar bolak-balik. hanya sj transparan wkt mu pindahnya.
    tqz.

  108. ifank says:

    (mual) tau ah……….pertama yang gw perhatiin dadanya, baru gw liat putraannya, gw perhatiin sih searah jarum jam. yang penting gw punya otak. (mual)

  109. dodol lu semua says:

    (lmao) gambarnya memang berubah lha wong gambarnya ada 2, lihat aja kakinya pas muter yg diatas kaki apaan …………wkwkwkwkwkwkwk lucu baca komen2nya nih

  110. jhalil says:

    sy sllu ngliat searah jrum jam,brrti otk kanan ku donk yang aktf trus… :p

  111. san says:

    Pertama lihat berlawananan jarum jam tp setelah halaman gulung k bawah dan balik k atas lagi ehh arahnya berubah searah jarum jamm..

  112. Hmm says:

    kirain tes beneran,,,

  113. purnama says:

    Searah jarum jam, dan yang menjadi pijkannya kaki kiri, kaki kanan yang melayang.

    bukankan begitu

  114. afredy says:

    iiiiihhhhhhhhh gue jd pening and bingggguunggg

    pertama searah jarum jam ke dua sama

    eeehhhhhhhhh ketiga dan seterus nya ke kiri jd yang mana ya

  115. WHY says:

    (lmao) Ternyata banyak yang ketipu ya?
    Berarti kalian adalah orang indonesia tulen…..
    kalo liat sesuatu jangan setengah2, kayak gitu deh jdinya
    Tuh gmbr emg sngaja dibuat untk mengelabuhi mata kt.
    kan gmbrny prtma dilhat emg berputar searah jrm jam,
    tp stlh bbrp kli brputar arah putaran sngaja dibalik….
    (headspin) (headspin) (headspin) (headspin)

  116. furitsuna says:

    gue ngeliatnya searah jarum jam tuh.. (kanan) berarti saya otak kanan doong.. tapi emang sih kayak nya gue lebih menggunakan otak kanan daripada kiri..

  117. Who was to go with me?
    Haha
    try as i may, i cant!!!!!
    it seemed, as tough my left brain is turn out, hahaha
    huh..its hard undrstanding!

  118. Retno P.R. says:

    Who was to go with me?
    Haha
    try as i may, i cant!!!!!
    it seemed, as tough my left brain is turn out,
    huh..its hard undrstanding

  119. udin bengep says:

    bingung?? (unsure) (unsure)

    (fish_hit) kurang kerja’an ngintip” orng dansa..hehe..

    klo pengen lbih jelazz tanya aj langsung ama si eneng nya.. neng mau muter ke belah mana? (yahoo)

    wkwkwkwkwkwkwkwkwkw… vis.. (banana_rock) (banana_rock) (banana_rock) (banana_rock) (banana_rock)

  120. erry says:

    kyaknya berputar ke kanan…..trus berputar ke kir ………trus bolak balik……

  121. searah jarum jam dan berlawanan jarum jam….

    jd gimana dong kalo gitu????

  122. lifah says:

    maksudnya apa sih gue ga ngerti ? (annoyed)

  123. :p setahuQ sih
    cara melihat perbedaan orang jago otak kanan/otak kiri adl dgn cra melipat tangannya seperti mau berdoa githu
    trus dilihat mana yg diatas bila jempol kanan artinya suka menghapal& seni tpi klu jempol kiri di atas
    maka suka mat,fisika,kimia,komputer (bye)

  124. Alam says:

    (bigeyes) tesnya ga ada gambar laen….

  125. dani says:

    otak harsu dikunakan karena kalu gak di gunakan akan diambil para ilmuan kali ya sih ya lah jadi otak indi ya di gunagakn sih paling 85 persen 98 peresn kemana lagi di selit kali yayaya lah sih ayayya (cry)

  126. dani says:

    ya lah pekegel kali ya sih yayaya lah sih yayaya

  127. ajiedoank says:

    hmmm pertama dan seterusnya ke kanan searah jarum jam, ko pada bisa bilang kekiri jadi penasaran,..

  128. rho says:

    gambar na 2 tuch…..
    yg atu putar k kanan, yg atu lagi k kiri

  129. Agus says:

    Cara berpikir saya sebenarnya dg otak kiri karena dr segi menata segala sesuatu saya lebih tertata. Dulu saya pernah melihat tes seperti ini tp saya dapat melihat bergantian, baik searah jarum jam maupun berlawanan. Saat ini, saya hanya dapat melihat jika wanita tersebut berputar searah jarum jam dan saya tidak bisa melihat jika wanita ini berputar berlawanan arah jarum jam. Mohon penjelasan ke e-mail saya iyusjovi@yahoo.com. Terimakasih

  130. yudi says:

    ada gambar lain ga ya? saya ga konsisten ni, disini saya ngeliat searah jarum jam padahal di tempat lain liatnya sebaliknya, saya jadi ragu apakah saya liat gambar yang sama atau berbeda, otak kiri atau otak kanan saya jadi binun hehe..

  131. fredy dwi says:

    gw lihatx berlawanan arah jarum jam, klw fokus kadang bolak-balik tapi cuma sekali and singkat, apa artinya ya?

  132. info yang bermanfaat sekli…salam cerdas!

  133. wingga handika says:

    cara menggunakan otak kanan / otak kiri gimana? makasih

  134. awan gelap says:

    lha wong gambar.nx j ganti” putaran tiap beberapa menit sekali ! mana bener tes ky’ gini itu !!!!!

    • Oom Yahya says:

      Mbok coba dihitung, setiap berapa menit dia ganti. Ajak teman Anda juga, apakah hitungan mereka sama dan apakah mereka melihat arah yang sama dengan kamu.
      Mestinya kamu bersyukur bisa liat kedua2nya, baik muter searah maupun berlawanan, bukan ngomel2 kek gitu (kepruk)

  135. tiara says:

    searah jarum jam, berarti kanan dong?
    jadi?

  136. tien says:

    searah dengan arah jarum jam

  137. faan says:

    arah putarannya…. tergantung mana yg gw mw…. klau gw mw kanan y kanan… tp klw gw mau kiri yg kiri…. jd tergantung otak gw mw nyuruh apa….

  138. feby says:

    apakah otak kiri dan otak kanan bisa digunakan secara bersamaan?

    mhon penjelasannya……….

  139. feby says:

    apakah volume darah otak kanan dan otak kiri itu sama??????

  140. Rinta says:

    saya bisa membuatny ke arah yang saya mau ,/. jadi ?

  141. tommy says:

    pertama saya melihat searah jarum jam, tapi kemudian ia berbalik melawan jarum jam, trus searah lagi dan bertukar tru, tandanya apa gan ? bingung nih…

  142. ririna says:

    awalnya Q liat searah jrum jam bbrp saat kmudian brlwnn

  143. Pingback: Ubah Mid Set Mahasiswa Lewat Seminar Motivasi | bijak.net

  144. Hahahahahahaha ;

    iya.. say pertamanya ga yakin ini test benaran , atau gambarnya emang ada dua (ke kiri dan kekanan)

    eh ternyata ,bisa diatur ,, pengen ke kiri atau ke kanan pake otak kita :D

  145. lihatin tangannya .. klo kita fokus tangan nya mengembang di arah kanan, .. kemungkinan akan melihat dia berputar ke kanan, klo kita fokus kembangan tangan ke kiri,, putarnya ke kiri .. (coba deh :D )

  146. Ngerjain gimana sih? (annoyed)
    Ini serius

  147. Bisa bolak balik kok. Coba deh gunakan imajinasi Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>