Catatan Usil Yahya Kurniawan

Otak Kiri atau Otak Kanan?

Seperti kita ketahui bersama, otak manusia terdiri dari dua belahan, yaitu belahan kiri dan belahan kanan. Sebagian besar orang cenderung untuk lebih banyak menggunakan salah satu belahan dibandingkan belahan lainnya. Relatif jarang orang yang bisa menggunakan keduanya secara berimbang.

Nah, sekarang pertanyaannya, manakah yang lebih banyak Anda gunakan? Kiri atau kanan? Ada banyak sekali rangkaian tes yang bisa digunakan untuk mengujinya. Salah satu uji yang relatif sederhana adalah dengan melihat gambar penari balet di bawah ini.

 

Bagaimana caranya?

Perhatikan arah putar penari balet itu. Menurut Anda, penari itu berputar searah jarum jam atau berlawanan?

Jika menurut Anda penari itu berputar searah jarum jam, maka Anda cenderung lebih sering menggunakan otak kanan Anda. Dan tentu saja hal yang sebaliknya berlaku, jika Anda melihat penari itu berputar berlawanan arah jarum jam, maka Anda cenderung lebih sering menggunakan otak kiri Anda.

Menurut situs yang memuat gambar tersebut, kebanyakan orang cenderung melihat penari itu berputar melawan jarum jam. Tapi kalau Anda fokus, Anda bisa saja mengubah "sudut pandang" Anda sehingga arah putar penari balet itu menjadi berbalik. Namun tentu saja tes tersebut akan memberikan jawaban yang lebih "jujur" kalau Anda melihat gambar tersebut secara rileks.

Saya sendiri melihat gambar penari itu berputar searah jarum jam.

Lalu apa artinya jika Anda lebih sering menggunakan otak kiri dan otak kanan? Situs asal gambar tersebut juga memberikan penjelasannya. Tapi kalau Anda ingin tahu lebih dalam, terus terang saya tidak berkompeten dalam hal ini. Mungkin Anda bisa tanya ke malaikat yang pakai resleting itu … hehehe :mrgreen:

Nah, Anda termasuk yang mana?

153 Comments

  1. 19/07/2008    

    kayaknya ganti2an nih..searah..trus berbalik :P

  2. 19/07/2008    

    Sama dong, saya juga melihatnya berputar searah jarum jam, dan agak kesusahan juga untuk melihat berputar berlawanan

  3. Abe's Gravatar Abe
    19/07/2008    

    sama dengan @maseko, saya melihatnya searah jarum jam. :D

  4. 20/07/2008    

    weiird.. kadang kaki kiri yg muter , tiba-tiba kaki kanan .. with just a blink of your eyes . :)

  5. 20/07/2008    

    awal ngeliat berlawanan dg jarum jam…setelah diamati lagi jadi searah jarum jam… gimana tuh

  6. zain's Gravatar zain
    20/07/2008    

    Awalnya cuma liat searah jarum jam, dan tidak habis pikir bagaimana mungkin bisa terlihat ke arah sebaliknya. Tapi setelah gambarnya saya tutup kecuali telapak kaki dan bayangannya, fokus ke bayangannya, arahnya jadi berlawanan. Untuk kembali berputar searah jarum jam lakukan trik yang sama. Luar binasa.

  7. 20/07/2008    

    Saya awalnya melihat berlawanan arah jarum jam,
    tapi setelah beberapa selalu melihat searah jarum jam.

  8. 20/07/2008    

    sama seperti abe dan maseko. saya kok kesulitan ya untuk liat berputar berlawanan jarum jam. setelah dicermati, tetep aja yang terlihat searah jarum jam.

  9. 20/07/2008    

    memang pada awal terlihat oleh saya melawan arah jarum jam, tapi setelah dicoba bisa tuh dibulak balik :)

  10. 20/07/2008    

    huahh.. dari tadi ngeliat terus kok searah mulu yak, gak muter balik. lebih sering make otak kanan berarti..
    well.. liat di situsnya,
    ahaa…. mirip semua sama diriku. wahhhh..

  11. 20/07/2008    

    saya otak kanan….kenapa ya?padahal saya yakin saya sering pake otak kiri…

    • Hendy's Gravatar Hendy
      18/11/2013    

      apakah anda seorang perasa??

  12. 20/07/2008    

    ganti2, awalnya searah lama2 jadi berlawan arah jarum jam. ada selang waktu tertentu arahnya berubah, tadinya saya kira karena kedipan mata, ternyata salah :D

  13. 20/07/2008    

    Searah jarum jam!*mikir2 sy salah jurusan apa ga*

  14. 21/07/2008    

    aku kidal je….
    dan aku liatnya berlawanan.

    jd piye ??
    *malah ga mudeng*
    hehehehehe

  15. 21/07/2008    

    pertama ngelihat anti-clockwise
    tapi kadang bisa clockwise
    mostly, anti-clockwise

    menarik :d

  16. 21/07/2008    

    awalnya gwe lihat searah jarum jam tapi setelah diperhatikan memang benar gambar itu bisa berputar searah jarum jam dan bisa juga berlawanan. itu berarti gwe bisa menggunakan otak kiri gwe juaga kan…??? iya gak.. iya dong.. benerkan, bener dong… huhuhu…

  17. 21/07/2008    

    Binun nich mas…. kalo bisa dua2nya gimana… otaknya plin-plan kali yach…. :)

  18. 21/07/2008    

    lho aneh
    sekarang saya malah clockwise terus :d

  19. ika's Gravatar ika
    21/07/2008    

    saya liatnya kok juga searah jarum jam ya? katanya kalo sering menggunakan otak kanan berati lebih ke tipikal orang yang mengandalkan perasaan ketimbang logika.. bener ga ya?

  20. 21/07/2008    

    kiri, eh kanan deng. kiri ah, kanan toh. eh kiri, ga deng kekanan. duh binun..

  21. eko's Gravatar eko
    21/07/2008    

    sy liatnya, searah jarum jam trus berlawanan dengan arah jarum jam ???

  22. 21/07/2008    

    Kalau saya liatnya hanya di lekukan bawah dan tonjolan atas,..otak mana yang bekerja ya..
    * otak mesum

    • 18/03/2014    

      Very interesting stuff you have here. I ckcehed out your Art of Cool gallery and I particularly like the black and white images, they have a very nice feel to them.

  23. 21/07/2008    

    @semua
    Kalo saya boleh rangkum, kebanyakan yang memberikan komentar di sini cenderung melihat penari tsb berputar searah jarum jam.
    Apa situs yang memuat gambar tsb salah ya? Maksudnya seharusnya yang searah jarum jam itu justru lebih banyak menggunakan otak kirinya.
    Ah entahlah, saya bukan expert di bidang itu.
    Atau jangan2 browser berpengaruh ya? :mrgreen:
    *gak ada hubungannya*

  24. 21/07/2008    

    hmm mencoba untuk fokus, tapi tetap saja yg keliatan oleh saya searah jarum jam

  25. jovanny's Gravatar jovanny
    28/07/2008    

    bener..ganti2 terus..seperti di permainkan..

  26. 28/07/2008    

    Awalnya saya melihat berputar searah jarum jam. karena penasaran ada orang yg blang melihat “berputar berlawanan” saya mo coba. Setelah menggunakan metode zain d komen k 6, saya dapat melihat putarannya berlawanan arah jarum jam.

    Tp secara garis besar, saya dominan pengguna otak kanan.
    *sering ngelamun yg ngeres2* :lol:

  27. 29/07/2008    

    wah, aneh lagi buat saya.
    awalnya berlawanan dengan arah jarum jam, tak lama kemudian saya melihatnya seraha jarum jam, setelah bertumpu pada poros objek (tumit). namun ternyata sampai 5 menit berikutnya saya belum bisa ‘membalik’nya berlawanan arah jarum jam…

  28. 29/07/2008    

    akhirnya berhasil juga membolak-balikkan arah gerakan si balerina, betul kata om Zain (coment no 6), kuncinya ada di bayangan, plus (menurut saya) di tumit sebagai poros.
    bayangkan arah gerakan yang ingin dilihat lalu mulailah dari arah bawah, dan anda akan mendapatkan arah yang anda inigin kan ;)

  29. hendhy's Gravatar hendhy
    31/07/2008    

    pada awalnya searah jarum jam, terus ganti, terus kebali lagi searah jarum jam, terus ganti lagi berlawanan arah jarum jam, saya pindahain ke tab yang lain ( karena memamng ada juga di website yang lain, dan saya online kan keduanya) ganti lagi jadi searah jarum jam sampai akhirnya saya tutup website-nya tetep jadi searah jarum jam, Koq Bisa Ya!!!!

  30. Roby dulhaq's Gravatar Roby dulhaq
    02/08/2008    

    klo aq sich melihatnya bergantian,pertama kali melihat berlawanan arah jarum jam tru aq iat truzzz eh ternyata yang aq liat searah jarum jam n sulit unt mengubahnya

  31. Pratiwi's Gravatar Pratiwi
    03/08/2008    

    AQ YAKIN BANGEET KALO GAMBARNYA BERUBAH-UBAH ARAH PERPUTARANNYA…!!!

    CARA MENGETAHUI ARAHNYA DENGAN MELIHAT KAKI MANA YANG TERANGKAT KAN..??

    NAH KAKINYA TUH TERANGKAT SECARA BERGANTIAN.

  32. onay's Gravatar onay
    16/08/2008    

    hitam gelap berputar ke kanan dan kekiri,
    wah terlalu fokus…
    klo di lihat’ penari ballet , bugil , ada sela diantara kedua paha, sedikit tonjolan di dada dan bertitik,
    pasti cantik tuh cew,sexy , yakin bgt klo itu Luna Maya. coba deh liat lagi gambarnya.:p

  33. phie's Gravatar phie
    18/08/2008    

    Q ptma liat ya searah jarum jam coz yg kuliat tubuh bag.atas. Mnrutq klo qt liat tbuh bag atas akan tau searah pa ga coz dpan blkang beda. Klo liat kaki ja ya bngungg….kdang keliatan searah kdang kliatan berlawanan

  34. lee_da's Gravatar lee_da
    26/08/2008    

    kalo saya sih liat pertama kali langsung se arah jarum jam…
    pertanyaan berikutnya adalah: kebanyakan orang indonesia terlebih yang masih dalam proses belaja memiliki kecenderungan menggunakan otak kirinya. maka wajar saja klo daya kreativitas para siswa agak terhamabat… jadi wajar jika sekarang banya pewacanaan terkait otak kanan, malah sistem pembelajaran yang menggunakan keseimbangan otak kanan & kiri. untungnya hal ini sejalan dengan kurikulum yang di terapkan oleh pempus yakni KTSP (kurikulum tingkat satuan pendididkan). Lho, ko jadi ngelantur ke mana2 ya? :D
    Sorry… ;)
    Kebetulan saya seorang executive pada lembaga yang bergerak dengan pengoptimalan otak ini.
    Thanks

  35. 28/08/2008    

    kalo kita fokus pada gambar jelas kanan kirinya, keliatan berputar kekanan. kalo fokus diluar gambar, tidak jelas kaki kanan kirinya, terliat berputar kekiri. koq bisa ya?mestinya otak kiri lebih logis, ternyata imajinatif juga?

  36. diana's Gravatar diana
    03/09/2008    

    yg terlihat selalu searah dengan jarum jam….
    pernah berlawanan arah, tapi ga sengaja…reflek dan sebentar sekali, cuman 2 detikan maybe!!!
    trus mau nyoba berlawanan arah lagi, ko syuuuusyaaah ya…..

  37. mariiiqq's Gravatar mariiiqq
    19/09/2008    

    kalo gambar itu asik bertukar arah…
    mula2 lawan arah kira2 3-4 saat kemudian jd arah jam…
    lps 3-4 saat kemudian tukar arah balik…
    kalo asik tukar arah aja…..
    mcm mna ak nak tahu otak ak???
    aku guna kanan atau kiri??

  38. artha's Gravatar artha
    27/10/2008    

    awalnya aku ngelliat berlawanan arah jarum jam, tp sesudah lihat penjelasannya dan balik lagi ke gambarnya, aku ngeliatnya berputar ke searah jarum jam

  39. 03/11/2008    

    kayaknya emang searah jarum jam tapi begitu menghadap kekanan kayak berlawanan…..
    jadi bingung nih, ada gak otak yang mengatur kebingungan??????????????hehehehe

  40. Roby Dulhaq's Gravatar Roby Dulhaq
    07/11/2008    

    klo saya melihatnya bergantian

  41. SANG_BOS's Gravatar SANG_BOS
    10/11/2008    

    wahhhh, sempet ketipu nehhh!!!
    gambarnya clocwise abis gitu counterclockwise
    liat aja kepalanya
    kalo lama lama diliat nanti bisa pindah koq

  42. 12/11/2008    

    aha.. saya suka gambar ini… di kantor teman-teman pada bertengkar… “kirriiii… kanan…. nah kiri lagi..bukaan tuh lagi ke kanan”.
    Padahal gambarnya sendiri ga berubah.

    Kalau saya sih hampir mirip dengan tukangmoto, dengan kerdipkan mata dan rileks, bisa mengubah putaran. Terserah otak kita. Lagi pengen kanan (CW) atau lagi pengin kiri (CCW).

  43. 19/11/2008    

    just blink your eyes….

    clockwise mode on, gambar ostosmastis muter searah jarum jam

    counter-clockwise mode on, gambar ostostmastis muter berlawanan jarum jam….

    belum coba kalo on dua duanya :D

  44. 24/11/2008    

    searah jarum jam sooo???????

  45. Shineman's Gravatar Shineman
    03/12/2008    

    Menurut saya adalah kurang tepat jika mengatakan yang melihat gambar itu searah jarum jam kebanyakan menggunakan otak kanan, sedangkan yang melihatnnya berlawanan jarum jam kebanyakan menggunakan otak kiri. Justru sebaliknya. Bukankah kita selama ini melihat arah jarum jam “seperti itu”. Nah, gara2 terpaku melihat arah jarum jam “seperti itu”, makanya kebanyakan diantara kita melihatnya searah jarum jam. Otak kiri kita cenderung tertutup oleh hal yang telah biasa bagi kita.
    Kita cenderung melihat hanya satu arah.
    Makanya susah ketika melihat dalam arah yang lain.
    Adalah baik ketika kita dapat melihatnya dengan dua arah. Itu berarti otak kita seimbang. Otak diciptakan untuk digunakan bersamaan. Seperti kaki. Jika kita gunakan hanya kaki kanan atau kaki kiri kita untuk berlari maka tak lama setelah kita start, kita akan terjatuh. Begitu juga otak.

  46. aiwah's Gravatar aiwah
    07/12/2008    

    pas liat pertama dah ketahuan searah jarum jam.
    stwdeh liatnya…

  47. Felicita's Gravatar Felicita
    13/12/2008    

    gila, gw kena tipu ma ni gambar

    Gambarnya pindah – pindah boo

  48. andrian's Gravatar andrian
    19/01/2009    

    Ah..pada ketipu semuanya nih.seolah2 ini seperti test ilmiah, ada perputaran obyek yg konsisten, tapi pandangan kita bisa memaknai scr tdk konsisten. tapi ternyata..perputarannya memang ada 2 macam, searah jarum jam dan kebalikannya. Kalo di editing film ini namanya cut to.jadi perputarannya memang tidak konsisten, memang ada 2 macam perputaran, tapi karena obyeknya persis ada di tengah porosnya, pas berganti ke perputaran yg lain, seolah2 kita tidak sadar dan ngerasa aneh. Padahal sih yah ini biasa aja tidak aneh. Sebenernya di komentar yg pertama itu sudah bisa ngelihat kok kalo ini biasa aja.

  49. lh's Gravatar lh
    27/01/2009    

    bolak-balik sptnyaaaa stujuuuuuuuuuuuuuuuuuu?

  50. 27/02/2009    

    i see the nipple lol

  51. VINA's Gravatar VINA
    28/02/2009    

    idem.
    tu gambar ngerjain qt nih.

  52. Helmawan's Gravatar Helmawan
    06/03/2009    

    trik yang bagus untuk melatih kerja otak kita

  53. 10/03/2009    

    wuih…kayaknya tu penari baletnya mutarnya bergantian d.
    kadang searah jarum jam
    n setelah itu berlwanan jarum jam ..
    so jawabnnya ap donk..
    buat pusing..coz kayak ngerjain aja tu gambarnya..

  54. yuna's Gravatar yuna
    12/03/2009    

    heeeeee
    awalnya bingung gue.
    tapi akhirnya gue sadar tu penari balik2

  55. tata's Gravatar tata
    12/03/2009    

    saya perhatiian lama, toh memang selalu berputar searah jarum jam….
    walaupun saya dah praktekin sprt commet no 6, toh tetap berputar searah jarum jam

  56. Arif Rizwan Al-Fariz's Gravatar Arif Rizwan Al-Fariz
    24/03/2009    

    Pertama liat saya udah tau kalo penari itu menari searah dengan jarum jam……… “^_^”………….

  57. _fth_09's Gravatar _fth_09
    30/03/2009    

    saya ternyata dominan kanan y?
    padahal saya kaya’nya cenderung k kiri..

    apakah sudah diuji

  58. Haical's Gravatar Haical
    07/04/2009    

    Pertama saya lihat putarannya itu berlawanan arah jarum jam (kalo dilihat dr tampak atas) tapi kalo dilihat dari tampak bawah akan berubah arah, yaitu searah jarum jam. Mungkin harus ada petunjuk perspektifnya kali y coz arah jarum jam itu kan tergantung perspektif.

  59. 14/05/2009    

    (blush) searah jarum jam gw.. otak kanan kah ?

  60. gal's Gravatar gal
    15/05/2009    

    pertamam ngliatnya langsung searah jarum jam
    berarti otak yg palng dominan kanan y??
    tp gw pernah iseng2 d tes dengan cara menggenngam kedua tangan n katanya yg dominan otak kiri….

    sebenernya tes yg akurat tuh yg ky gimana sih??

  61. rio's Gravatar rio
    25/05/2009    

    parah lo gambar itu bukannya ngasih pelajaran,tp lo ngerjain orang

    dapat dari mana sech

  62. kangmaulana's Gravatar kangmaulana
    25/05/2009    

    Yang mengatakan Gambar penari tersebut berputar berlawanan arah jarum jam adalah bukan penggunaan otak kiri yang aktif, melainkan matanya harus diperiksa ke dokter mata.
    Jelas-jelas gambarnya tidak berubah, berputar searah jarum jam gitu ko.

  63. eko's Gravatar eko
    26/05/2009    

    kerenn

    aku bisa…. ga tau karena fokus atau tiba2 bisa berubah arah???

    buka ulasan lain:

    http://ekojuli.wordpress.com/2009/05/13/otak-kiri-dan-otak-kanan/

  64. fitri's Gravatar fitri
    12/06/2009    

    wah susah jg nie,,,
    pertama d liat she mang searah ma jarum jam..
    tp klo d perhatiin lagi..kok malah sebalik ny yach…

    so…gmn dunk…!!!

  65. hanif's Gravatar hanif
    15/06/2009    

    emang bolak balik lagi… coba aja deh lihat telapak kakinya aja, biar ga teralu kena ilusi gerakan keseluruhan….

  66. zie's Gravatar zie
    17/06/2009    

    kadang k knan ,,kdang k kri,
    gantian gtoh de.

    gmna tu?

  67. eda's Gravatar eda
    18/06/2009    

    lho kok malah jadi gini?? (hassle)
    (lmao)
    (doh) ampun dagh… bikin mata pegel ngliatnya??? (bigeyes)

  68. 22/06/2009    

    pertama searah jarum jam trus lihat lg jadi kebalikannya…. (ngacir)

  69. ita's Gravatar ita
    22/06/2009    

    Saya melihat 2 gerakan tersebut, dalam hitungan detik, pertama-tama searah jarum jam kemudian berbalik melawan arah. jadi kalau begini otak saya yang dominan yang mana? atau fifty-fifty. Menarik banget ni untuk dibahas

  70. Benzamania's Gravatar Benzamania
    22/06/2009    

    ahh,,,ni gambar ngibulin para hadirin neh…?!
    soalnye stelah diperhatiin,,dia brobah2 tao…
    truz gmn kite mo nentuin…otak kite bozzzz,,,??!!!

  71. fina's Gravatar fina
    19/07/2009    

    8-) saya setuju dengan andrian tidak ada yang aneh, amun sekedar ujicoba fokus boleh dilihat arah bolak baliknya

  72. lendra's Gravatar lendra
    19/07/2009    

    aku kok bingung ya???? kearah mana to tu.. klo aku pikir-pikir belok kidal/kiri…
    :)) :)) (idiot)

  73. master ilusionist's Gravatar master ilusionist
    25/07/2009    

    tes boongan ! gambarnya bisa balik sendiri gak pake mikir… (dance)

  74. law's Gravatar law
    29/07/2009    

    (lonely) (lonely) (lol) yang pastinye……searah jarum jam aja ah….. ketipu deh semua (banana_rock) ……..mang enak…..di boongin…….. (yahoo) (banana_cool) (banana_rock) (hungry) (rofl) (scenic)

  75. 30/07/2009    

    klo tes itu benar, saya malah bingung (bigeyes) .Soalnya saya pernah mencoba dengan metode yang lain dan hasilnya saya cenderung menggunakan otak kiri, tapi dengan cara ini beberapa kali saya liat saya tidak menemukan celah untuk melihat bahwa penari itu berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Tapi mungkin dari pada kita bingung mikirin otak kiri ato otak kanan mending kita lebih milih untuk memnyibukan dengan pertanyaan apakah hati kita peka ato tidak, kali ya? (goodluck)

  76. ridwan's Gravatar ridwan
    01/08/2009    

    Aku liat dua2nya kadang searah kadang berlawanan

  77. ridwan's Gravatar ridwan
    01/08/2009    

    (yahoo) (dance) (cry) (banana_rock) (scenic)

  78. 03/08/2009    

    menurut gw sechh
    muternya searah jarum jam (kepruk)

  79. GIF's Gravatar GIF
    04/08/2009    

    setelah say buka file nya…ternyata ……ada yg searah ada yg tidak searah…..jadi bukan masalah mata apalagi otak….memang sengaja di buat seperti itu

  80. Musdalifahibrahim's Gravatar Musdalifahibrahim
    04/08/2009    

    mnrut saya searah jrum jam!!!

    mnrut anda saya lbih cocokx ambil jur apa???

  81. 06/08/2009    

    Setelah saya teliti dan kaji lebih dalam dan perhatikan berulang-ulang. Ternyata awal muncul arah putarannya ke kanan. menunggu sambil memperhatikan beberapa detik arah putaran tiba-tiba berubah ke kiri.Saya sangat mengakui bahwa dominan putaran ke kanan searah jarum jam, ini juga melatih konsentrasi& ketelitian. setiap yang melihat akan sering terkecoh karena kita hanya fokus pada 1 titik. mau tau caranya. lihat kaki dan tangan mana yang terangkat dan perhatikan tangan dan kaki bergerak ke arah mana. hayyo terus lihat berulang kali jangan pusing yo. jika kamu hanya melihat arah kanan terus berarti dominan kanan dan kamu kurang memperhatikan banyak sisi yang berubah alias ga teliti gitu dech. Yudi febrianto :-)

  82. sigit's Gravatar sigit
    27/08/2009    

    amazing… luar biasa menurut saya gambar itu bisa diperintah oleh kita untuk putar kanan ya bisa kanan untuk bisa muter kiri dia juga muternnya ke kiri.. kesimpulan saya ini berarti kita bisa mengontrol otak kita kalo kita mengatakan ke otak kita bahwa itu merupakan putaran kiri maka kita akan menganggap itu kiri demikian juga sebaliknya…
    Otak kita mmng luar biasa..

  83. sigit's Gravatar sigit
    27/08/2009    

    amazing… luar biasa menurut saya gambar itu bisa diperintah oleh kita untuk putar kanan ya bisa kanan untuk bisa muter kiri dia juga muternnya ke kiri.. kesimpulan saya ini berarti kita bisa mengontrol otak kita kalo kita mengatakan ke otak kita bahwa itu merupakan putaran kiri maka kita akan menganggap itu kiri demikian juga sebaliknya…
    Otak kita mmng luar biasa..
    untuk pembanding bisa diajak 2 orang.. kadang arah putaran tidak sama trgantung dari presepsi kita dan teman kita…

  84. ayu's Gravatar ayu
    30/08/2009    

    kok nggak ada definisi dan penjelasan tentang apa itu otak kanan dan apa itu otak kiri…?

  85. ghamal's Gravatar ghamal
    01/09/2009    

    iya bolak balik

  86. joystick's Gravatar joystick
    12/09/2009    

    (bigeyes) mungkin dari semua yg komentar…. aku yg lain searah jarum jam dan sebaliknya terusssssss kepala dibawah kaki diatas itu gimana tuh
    ada yg bisa jelasin?????????????????????????

  87. 13/09/2009    

    kalau kita melihat dia ke arah kiri,cobalah untuk melihat tv/meja/barang di sekitar kamu (hassle) (hassle) .Lalu balik lg melihat ke cewek balet itu dan arah nya akan berubah ke kanan….percacaya deh

  88. Fina's Gravatar Fina
    18/09/2009    

    (bigeyes) (unsure) kq meski aq lht brkali-kali, aq lhtx berlawanan dgn arah jarum jam y!

  89. nanung's Gravatar nanung
    25/09/2009    

    swaktu gw ngerjain tugas kantor trus sepintas liat dancer itu gerakannya berlawanan dgn jarum jam.. berarti qw kerja pake’ Otak Kiri. Tapi setelah gw amati penari yg aduhai… itu scr detail (sambil ber-imajinasi dikit tentunya), ternyata gerakannya kok searah jarum jam sih? Lho kok bsa sih, ini gambar kok aneh ya?
    Ternyata berpikir ngeres itu pake’ otak kanan ya…hahahaha (lol)

  90. Basuki Hardjo's Gravatar Basuki Hardjo
    28/09/2009    

    Saya sudah lama tahu tt optical illusion penari balet tsb,dan saya udah mengamati ber-kali2. menurut pengamatan saya penari balet tsb
    berputar begantian mnt arah jarum jam dan sebaliknya. (headspin)

  91. 02/10/2009    

    kurang ajar ane ditipu (angry) ……itu putaran penarinya emang di balik-balik setiap 20detik……buat yang lebih seru yaa…….

  92. 02/10/2009    

    esapa bilang, kalau memang bisanya liat ke kiri, ya ke kiri terus (tongue)

  93. mounaa's Gravatar mounaa
    04/10/2009    

    kya_ searah jaru jam… he…

  94. fadiya's Gravatar fadiya
    05/10/2009    

    m3nurut s4y4 p3n4ri b4l3t itu b3rput4r k3 kiri k3 mudi4n b4lik k3 k4n4n..b3gitu s3t3rusny4.. :)(bye)

  95. tri wahyuningsih's Gravatar tri wahyuningsih
    15/10/2009    

    awlnya lihat berlawanan arah jarum jam, tp kug lihat yang kedua jd searah jarum jam? kyak’e ganti2 arah deh….
    mengecoh…

  96. io's Gravatar io
    30/10/2009    

    hhmmmmmmmmmmm

  97. io's Gravatar io
    30/10/2009    

    (heart) (heart) (heartbeat) (angry) ga asiik ni.

  98. PUTRI's Gravatar PUTRI
    06/11/2009    

    klo’ mnurutQ pd awlnya c, brlawanan tapi tiba2 stelah saya cermati lagi, pnari itu berputar. sehingga searah jarum jam. mnurutQ, sbnernya ini sebuah tes, sberapa jeli kita mengamati penari tsb. hehehe

  99. guntur's Gravatar guntur
    15/11/2009    

    searah jarum jam (dance)

  100. 18/11/2009    

    uda hampir aq melototin gambrnya itu,,,,,,,
    tapi tetp aja muternya kayak arah jarum jam!!!!!!!!

  101. 18/11/2009    

    (panic)

  102. 18/11/2009    

    oia, ada yang bilng pikiran – itu yang aktif dalah otak kir, sedangkan pikiran yng + itu yng aktif adalah otak baian kanan,,,,,
    yng aq pengn tau ne,,,,,,,,kok bisa gt ya,,,,
    apa memang uda ada peraturannya,,,,,
    ato gimana gt,,,,
    ples dechhhhh…….tolong dikasi tau penjelasannya!!!!!!!!
    thanks

  103. Nhia's Gravatar Nhia
    20/11/2009    

    truZ gimanA tuch, , ,KRn penari Baletx abis Mutar searah Jarum Jam truZ balik Arah Lagi . . . !

  104. komte's Gravatar komte
    02/12/2009    

    gmn caranya
    ataw supaya otak kiri dan otak (sick) (angry) kanan supaya berjalan duaduanya,,,! nah itu bagaimna tanggapanya jd supaya bekerja (kepruk) duaduan (doh) ya,,,! bsa ga yah kikikikik (ngacir) (idiot) (rock) (music) (woot) (tongue) (tears) (taser) (taser)

  105. Suryaiskandar's Gravatar Suryaiskandar
    02/12/2009    

    Gunakanlah Otak kana anda sebaik-baiknya dari pada menggunakan otakk kitri yang bakal membuat anda mendapatkan kesulitan di masa mendatang

  106. phyta's Gravatar phyta
    05/12/2009    

    Kalau bisa ngliat 2 arah gmn dunk???

  107. 07/12/2009    

    iya aneh gambarnya ganti-ganti kadang ke kekiri kadang ke kanan, gak valid nih tesnya

  108. tina's Gravatar tina
    11/12/2009    

    menurut sy, gambar penari itu berputar se- arah jarum jam jg berlawanan dg jrum jam. hal ini apakah benar?
    krn menurut perhatian sy, gambar itu berputar bolak-balik. hanya sj transparan wkt mu pindahnya.
    tqz.

  109. ifank's Gravatar ifank
    13/12/2009    

    (mual) tau ah……….pertama yang gw perhatiin dadanya, baru gw liat putraannya, gw perhatiin sih searah jarum jam. yang penting gw punya otak. (mual)

  110. dodol lu semua's Gravatar dodol lu semua
    15/12/2009    

    (lmao) gambarnya memang berubah lha wong gambarnya ada 2, lihat aja kakinya pas muter yg diatas kaki apaan …………wkwkwkwkwkwkwk lucu baca komen2nya nih

  111. jhalil's Gravatar jhalil
    22/12/2009    

    sy sllu ngliat searah jrum jam,brrti otk kanan ku donk yang aktf trus… :p

  112. san's Gravatar san
    23/12/2009    

    Pertama lihat berlawananan jarum jam tp setelah halaman gulung k bawah dan balik k atas lagi ehh arahnya berubah searah jarum jamm..

  113. Hmm's Gravatar Hmm
    31/12/2009    

    kirain tes beneran,,,

  114. 01/01/2010    

    Searah jarum jam, dan yang menjadi pijkannya kaki kiri, kaki kanan yang melayang.

    bukankan begitu

  115. afredy's Gravatar afredy
    03/01/2010    

    iiiiihhhhhhhhh gue jd pening and bingggguunggg

    pertama searah jarum jam ke dua sama

    eeehhhhhhhhh ketiga dan seterus nya ke kiri jd yang mana ya

  116. WHY's Gravatar WHY
    04/01/2010    

    (lmao) Ternyata banyak yang ketipu ya?
    Berarti kalian adalah orang indonesia tulen…..
    kalo liat sesuatu jangan setengah2, kayak gitu deh jdinya
    Tuh gmbr emg sngaja dibuat untk mengelabuhi mata kt.
    kan gmbrny prtma dilhat emg berputar searah jrm jam,
    tp stlh bbrp kli brputar arah putaran sngaja dibalik….
    (headspin) (headspin) (headspin) (headspin)

  117. furitsuna's Gravatar furitsuna
    14/01/2010    

    gue ngeliatnya searah jarum jam tuh.. (kanan) berarti saya otak kanan doong.. tapi emang sih kayak nya gue lebih menggunakan otak kanan daripada kiri..

  118. 27/01/2010    

    Who was to go with me?
    Haha
    try as i may, i cant!!!!!
    it seemed, as tough my left brain is turn out, hahaha
    huh..its hard undrstanding!

  119. 27/01/2010    

    Who was to go with me?
    Haha
    try as i may, i cant!!!!!
    it seemed, as tough my left brain is turn out,
    huh..its hard undrstanding

  120. udin bengep's Gravatar udin bengep
    08/02/2010    

    bingung?? (unsure) (unsure)

    (fish_hit) kurang kerja’an ngintip” orng dansa..hehe..

    klo pengen lbih jelazz tanya aj langsung ama si eneng nya.. neng mau muter ke belah mana? (yahoo)

    wkwkwkwkwkwkwkwkwkw… vis.. (banana_rock) (banana_rock) (banana_rock) (banana_rock) (banana_rock)

  121. erry's Gravatar erry
    11/02/2010    

    kyaknya berputar ke kanan…..trus berputar ke kir ………trus bolak balik……

  122. 25/05/2010    
  123. 09/06/2010    

    searah jarum jam dan berlawanan jarum jam….

    jd gimana dong kalo gitu????

  124. 11/07/2010    

    maksudnya apa sih gue ga ngerti ? (annoyed)

  125. 19/07/2010    

    :p setahuQ sih
    cara melihat perbedaan orang jago otak kanan/otak kiri adl dgn cra melipat tangannya seperti mau berdoa githu
    trus dilihat mana yg diatas bila jempol kanan artinya suka menghapal& seni tpi klu jempol kiri di atas
    maka suka mat,fisika,kimia,komputer (bye)

  126. Alam's Gravatar Alam
    05/08/2010    

    (bigeyes) tesnya ga ada gambar laen….

  127. 01/10/2010    

    otak harsu dikunakan karena kalu gak di gunakan akan diambil para ilmuan kali ya sih ya lah jadi otak indi ya di gunagakn sih paling 85 persen 98 peresn kemana lagi di selit kali yayaya lah sih ayayya (cry)

  128. 03/10/2010    

    ya lah pekegel kali ya sih yayaya lah sih yayaya

  129. ajiedoank's Gravatar ajiedoank
    17/12/2010    

    hmmm pertama dan seterusnya ke kanan searah jarum jam, ko pada bisa bilang kekiri jadi penasaran,..

  130. rho's Gravatar rho
    31/12/2010    

    gambar na 2 tuch…..
    yg atu putar k kanan, yg atu lagi k kiri

  131. Agus's Gravatar Agus
    09/01/2011    

    Cara berpikir saya sebenarnya dg otak kiri karena dr segi menata segala sesuatu saya lebih tertata. Dulu saya pernah melihat tes seperti ini tp saya dapat melihat bergantian, baik searah jarum jam maupun berlawanan. Saat ini, saya hanya dapat melihat jika wanita tersebut berputar searah jarum jam dan saya tidak bisa melihat jika wanita ini berputar berlawanan arah jarum jam. Mohon penjelasan ke e-mail saya iyusjovi@yahoo.com. Terimakasih

  132. 09/02/2011    

    ada gambar lain ga ya? saya ga konsisten ni, disini saya ngeliat searah jarum jam padahal di tempat lain liatnya sebaliknya, saya jadi ragu apakah saya liat gambar yang sama atau berbeda, otak kiri atau otak kanan saya jadi binun hehe..

  133. fredy dwi's Gravatar fredy dwi
    27/02/2011    

    gw lihatx berlawanan arah jarum jam, klw fokus kadang bolak-balik tapi cuma sekali and singkat, apa artinya ya?

  134. 03/04/2011    

    info yang bermanfaat sekli…salam cerdas!

  135. 03/04/2011    

    salam kenal!

  136. wingga handika's Gravatar wingga handika
    18/05/2011    

    cara menggunakan otak kanan / otak kiri gimana? makasih

  137. awan gelap's Gravatar awan gelap
    25/08/2011    

    lha wong gambar.nx j ganti” putaran tiap beberapa menit sekali ! mana bener tes ky’ gini itu !!!!!

    • Oom Yahya's Gravatar Oom Yahya
      25/08/2011    

      Mbok coba dihitung, setiap berapa menit dia ganti. Ajak teman Anda juga, apakah hitungan mereka sama dan apakah mereka melihat arah yang sama dengan kamu.
      Mestinya kamu bersyukur bisa liat kedua2nya, baik muter searah maupun berlawanan, bukan ngomel2 kek gitu (kepruk)

  138. tiara's Gravatar tiara
    10/09/2011    

    searah jarum jam, berarti kanan dong?
    jadi?

  139. 28/09/2011    

    searah dengan arah jarum jam

  140. faan's Gravatar faan
    08/11/2011    

    arah putarannya…. tergantung mana yg gw mw…. klau gw mw kanan y kanan… tp klw gw mau kiri yg kiri…. jd tergantung otak gw mw nyuruh apa….

  141. feby's Gravatar feby
    13/11/2011    

    apakah otak kiri dan otak kanan bisa digunakan secara bersamaan?

    mhon penjelasannya……….

  142. feby's Gravatar feby
    13/11/2011    

    apakah volume darah otak kanan dan otak kiri itu sama??????

  143. 05/01/2012    

    mantabbbbb

  144. Rinta's Gravatar Rinta
    11/02/2012    

    saya bisa membuatny ke arah yang saya mau ,/. jadi ?

  145. tommy's Gravatar tommy
    23/05/2012    

    pertama saya melihat searah jarum jam, tapi kemudian ia berbalik melawan jarum jam, trus searah lagi dan bertukar tru, tandanya apa gan ? bingung nih…

  146. ririna's Gravatar ririna
    27/05/2012    

    awalnya Q liat searah jrum jam bbrp saat kmudian brlwnn

  147. 24/01/2013    

    Hahahahahahaha ;

    iya.. say pertamanya ga yakin ini test benaran , atau gambarnya emang ada dua (ke kiri dan kekanan)

    eh ternyata ,bisa diatur ,, pengen ke kiri atau ke kanan pake otak kita :D

  148. 24/01/2013    

    lihatin tangannya .. klo kita fokus tangan nya mengembang di arah kanan, .. kemungkinan akan melihat dia berputar ke kanan, klo kita fokus kembangan tangan ke kiri,, putarnya ke kiri .. (coba deh :D )

  149. 26/05/2009    

    Ngerjain gimana sih? (annoyed)
    Ini serius

  150. 26/05/2009    

    Bisa bolak balik kok. Coba deh gunakan imajinasi Anda

No Pings Yet

  1. riGht or Left?? « in hEArt.in miNd on 11/07/2009 at 12:02 am
  2. Ubah Mid Set Mahasiswa Lewat Seminar Motivasi | bijak.net on 25/09/2012 at 7:30 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Categories

Archives