Saya sudah kadung berjanji akan menulis soal Del Piero. Janji harus ditepati. Nah, inilah cerita tentang Del Piero.

Del Piero adalah pemain terbaik dunia, jauh melebihi Maradona atau Pele sekalipun. Tidak percaya? Mana buktinya? Buktinya adalah, ketika dia bermain sedikit buruk, semua orang mencacinya sedemikian rupa, seolah kegagalan tim ada di pundaknya seorang. Tapi ketika dia bermain baik, tak satupun pujian diberikan kepadanya. Sudah sewajarnya Del Piero bermain seperti itu.

Ketika Cassano atau Di Natale berada di tempatnya, walau bermain dengan kualitas yang sama, seluruh dunia berkata “ah, inilah bintang Italia”, tapi kalau Del Piero yang ada di situ, nilai 4 diberikan kepadanya.

Del Piero sudah bermain sejak jaman Roberto Baggio dan juga sempat bersaing dengan Francesco Totti. Keduanya punya “dosa” di turnamen besar yang menyebabkan kegagalan Italia, tapi tak seorangpun ingat. Namun, tak ada yang melupakan dua peluang emas yang gagal dimanfaatkan Del Piero di final Euro 2000. Mereka lupa, siapa yang menyelamatkan muka Italia dari bayang-bayang gagal lolos ke perdelapan final di Piala Dunia 2002, ketika minimal harus bermain imbang dengan Meksiko di pertandingan terakhir penyisihan grup.

Lalu kenapa sinar Del Piero selalu redup saat bermain untuk La Nazionale? Ya itu tadi, karena dia adalah the right man in the wrong place.

Tanyalah kepada mantan-mantan pelatih Juventus – Marcello Lippi, Carlo Ancelotti, Didier Deschamp – di mana seharusnya meletakkan Del Piero. Del Piero adalah seorang forward atau striker. Dia bukan seorang pemain sayap atau trequartista (penyerang lubang). Tapi di timnas, hampir selalu dia ditempatkan dalam posisi trequartista atau sayap kiri.

Dan celakanya, karena salah diplot sebagai trequartista itu, dia selalu dianggap tidak dapat bermain bersama Baggio atau Totti. Betul-betul mengherankan. Bagaimana tidak? Di Juventus, dia selalu bermain bersama Zinedine Zidane. Bedakah gaya Baggio dengan Zidane? Kualitas Totti malah tidak ada 1/10 Zidane! Nyatanya duet Del Piero dan Zizou mengangkat Juventus pada masa jayanya.

“Wrong place” yang kedua adalah karena Del Piero lahir di Italia. :mrgreen: Gaya Catenaccio Italia membutuhkan serangan balik yang kilat. Karena itu penyerang yang sukses di Italia umumnya adalah yang cepat atau memiliki fisik kekar untuk mendobrak. Coba Del Piero lahir di Brazil, tentu cerita akan lain.

Kini perjalanan Del Piero di Euro 2008 telah berakhir, lagi-lagi dengan kemilau yang redup. Padahal dia adalah top scorer 2 tahun berturut-turut. Sungguh ironis.

Selamat jalan Del Piero, nampaknya karirmu di Azzuri telah berakhir. Dan sungguh sangat disesali harus berakhir seperti ini. Namun janganlah kuatir karena fans Juventus di seluruh dunia akan tetap menganggapmu sebagai pemain hebat, bahkan terbaik di dunia.

Follow me on social media:
Del Piero, The Right Man In The Wrong Place
Tagged on:     

52 thoughts on “Del Piero, The Right Man In The Wrong Place

  • 25/06/2008 at 8:03 am
    Permalink

    Analisis yang menarik, tapi pas zamannya Ravanelli sama Vialli jadi duet striker Juve, yang mana saat itu sukses, Del Piero jadi trequartista. CMIIW

    menurut saya, dia tipikal creative midfielder yang berada di garis depan. Berfungsi mungkin mirip sama Pirlo, yang mana dia creativie midfielder dari barisan jangkar lapangan tengah.

    saya setuju kalo ybs ga bisa jadi sayap kiri.

    Reply
  • 25/06/2008 at 9:04 am
    Permalink

    kalo di bandingin sama inzhagi gimana itu bro?
    bukannya dia juga tipikal spt piero?
    pemain pengganti yg sering kali menolong timnya ?

    Reply
  • 25/06/2008 at 9:07 am
    Permalink

    #1
    Tidak selalu juga, kadang dia jadi pengganti Vialli atau Rava.

    #2
    Inzaghi khan tipikal pemain cepat, walau badannya kecil. Jadi cocok untuk strategi serangan balik

    Reply
  • 25/06/2008 at 3:02 pm
    Permalink

    aq te2p bangga sm del piero!!!!!forza alex,aq akan sll mendukungmu…terserah orang mw omg apa…i always juventini…forza juve&azzuri!!!!!

    Reply
  • 25/06/2008 at 10:51 pm
    Permalink

    #2
    Inzaghi khan tipikal pemain cepat, walau badannya kecil. Jadi cocok untuk strategi serangan balik


    Alex pada jamannya juga bisa berlari cepat :))

    Reply
  • 26/06/2008 at 10:26 am
    Permalink

    bagaimanapun.. pemain bola yang paling favorit saya tetep del piero . . tapi heran juga kenapa del piero mainnya di timnas bisa ngga sebaikdi juventus

    * ingat gol nya ke gawang meksiko 2002.. disebut2 sebagai mutiara dalam lumpur . hihi hi

    Reply
    • 23/03/2011 at 11:31 am
      Permalink

      setuju bgd we..
      Del Piero polepel dah pkok’y..

      Reply
  • 26/06/2008 at 2:45 pm
    Permalink

    Mas..menurut saya, maradona adalah pemain terbaik dunia sampai hari (btw saya bukan fans maradona) kenapa..??
    Brazil (ketika pele masih aktif tentunya )tanpa Pele masih bisa juara dunia…
    Argentina 86 tanpa Maradona saya yakin tidak akan juara dunia.
    Italy memang juara dunia 2006 dan del piero ada didalamnya, tapi del piero bukanlah tokoh sentral sepanjang turnamen, walaupun mencetak gol dipartai final (kalo ga salah ).
    Maradona menjadi inspirator team argentina, roh Argentina, dia bisa menjadikan stiker kurang terkenal cannigia menjadi penyerang berbahaya (tahun 90) bisa menjadi motivator tambahan bagi rekan2nya, vitamin bagi rekan2nya.
    Dan itu tidak dapat dilakukan oleh Delpiero atau bahkan Pele sekalipun.

    Reply
  • 26/06/2008 at 5:12 pm
    Permalink

    hmm…tdk pernah terlalu memperhatikan del piero, tp memang kalo di banding totti aku lbh milih dia
    sayang pelatih italia suck kali ini

    Reply
  • 26/06/2008 at 11:44 pm
    Permalink

    setuju ma diatas, pelatih kali ini menjengkelkan…. huhhh..
    del piero da da gudbye deh… :(

    Reply
  • 27/06/2008 at 12:31 am
    Permalink

    Catenaccio kayaknya sudah gak ada deh sekarang ini, cuma media saja yang kadang terlalu mengidentikkan italy dengan sistem itu.
    Syarat utama catenaccio adalah adanya seorang Libero, libero sudah tidak ada sekarang ini :mrgreen:

    Reply
  • 27/06/2008 at 6:41 pm
    Permalink

    Del Piero itu sdh terkenal di Juve sjak usia 16, dan jadi pemain muda yang menyingkirkan Baggio di Juventus. Jadi tetep the best lah si Alex ini

    Reply
  • 02/07/2008 at 11:31 am
    Permalink

    wah..ini termasuk hipotesa yang berlebihan berani mengatakan del piero lebih baik dari maradona,yang ada del piero belom ada 1/10 nya maradona di segi pencapaian prestasi,keahlian dan nama besaru.Usul saya lain kali kalo mo bikin artikel yang objektif.

    Reply
  • 06/07/2008 at 11:36 am
    Permalink

    #13
    maklum mas orang awam…jadi ga nangkep..abis lucu aja ada orang yang nganggap del piero pemain terbaik dunia “jauh melebihi maradona dan pele”
    wakakakakakaka…ga punya tipi kali nih orang

    Reply
    • 20/03/2011 at 11:05 am
      Permalink

      Yg di mgsut tu loe bego..

      Reply
    • 23/03/2011 at 11:24 am
      Permalink

      yg dimgsud om yahya tu loe bego..

      Reply
  • 11/07/2008 at 11:59 pm
    Permalink

    Del Piero is the best…… buat riano yg kampungan………….

    Kalo kamu perlu tahu dan baca berita,, bahkan maradona aja ngeFans berat sama Del Piero cui….

    Dan dari cara maen aja mirip,cuma bedanya del piero blom pernah jd pemain terbaik dunia atau eropa aja, jd prestisenya sedikit berkurang

    Reply
  • 12/07/2008 at 12:08 am
    Permalink

    setuju buat mas indra… Saya jg pernah baca artikel itu klo ga salah ada di artikel lo gazzeta de lo sport bulan Mei 2008,tntang maradona yg ngefan sama del piero….

    buat mas riano dan rasyid. menurut saya del piero, maradona, pele atau totti ga bisa dibandingin mana yg plg hebat. Karena mereka semua memiliki kemampuan yg sama hebat. Namun hanya kesempatan saja yg membedakan prestasi mereka..

    jd buat seniman seperti mereka ga ada yg logo pemain terbaik karena mereka sama seniman sepak bola sejati yg ga ada duanya..

    bravo buat del piero dan maradona….

    Reply
  • 26/07/2008 at 12:40 am
    Permalink

    alex tetap alex…del piero is the best lah…dari awal karir sampai sekarng tetap lah pangeran turin dan akan selalu menjadi maskot juventus…untuk pelatih itali ” pake mata donk,jangan sembarang penyerang dipasang….toni adalah masalah di euro 2008 sehingga italia gagal… ”
    tetap semangat buat del piero….

    Reply
  • 04/09/2008 at 11:37 am
    Permalink

    delpiero is my favorite player !!!!!!!!!

    Reply
  • 23/01/2009 at 12:07 pm
    Permalink

    ya, fans juventus akan selalu menganggap del piero adalah pemain terbaik dunia…dia adalah roh_nya juve….”alex” adalah simbol juve, sama seperti kuda hitam putih…..bahkan lebih dari itu……

    bahkan ketika terdegradasi, alex lah yang menjadi magnet bagi pemain lain untuk tetap bertahan dan bergabung dengan juve (meski di serie-B)….
    dan dengan tegas ia menolak “pinangan” arsenal dan MU yang begitu kepincut dengan talentantanya….

    BRaVo….alex piero….bravo JuVE….

    Reply
  • 02/03/2009 at 11:17 pm
    Permalink

    Hai. Nice to know you. Saya hanya ingin tahu cara meningkatkan pengunjung situs kami? Anda akan memberikan sedikit informasi tentang itu? terima kasih untuk semua.

    Reply
  • 17/05/2009 at 8:30 pm
    Permalink

    @ riano: bro del piero memang ga bsa di bandingkan sama maradona, karna kesempatan aja yang bedain mereka TAPI klo LO punya TIPI dan bisa ngeliat TIPI del piero bisa di sejajari sama maradona dan 1/10 dr maradona dah di lewatin oleh delpiero, atau jangan2 si riano yang ga punya tipi dan ga kenal siapa maradona dan del piero lg…. (rofl)
    bro liat faktanya aja yah…..
    siapa yang bisa bela juventus sampe terkenal kya gni???
    siapa yang bertahan dengan keadaan club yang kya gtu???
    siapa yang setia sama club???
    siapa yang nyelamatin itali pd saat PD 2002 VS meksiko???
    siapa kebanggaan juventini????
    ALESSANDRO DEL PIERO jawabannya……..

    klo menurut gw del piero tuh roh dr setiap tim yang di belanya, semangat yang ga ada abisnya sampe peluit terakhir ditiup.

    Reply
  • 21/05/2009 at 6:35 pm
    Permalink

    Alex emang The Best…. ga da yg bisa gantikannya. Maskotnya JUVENTUS & ITALY adalah Alessandro “Alex” Del piero

    Reply
  • 28/05/2009 at 3:22 pm
    Permalink

    Semoea yang menghina DEL PIERO….Haroesnya realistis donk….krn banyak data yang bisa dijadikan dia adalah pemain terbaik..
    -Del piero mrpkan pemain terlama di juve
    -Del piero mrpkan top skorer juventus sepanjang masa
    -Del piero mjd top skorer liga italia 2007-2008
    -Del piero masoek 10 besar Top skorer liga champions sepanjang masa
    -Di saat pemain lain meninggalkan juve pada saat juve terdegradasi ke seri B gara2 skandal..del piero tetep setia di juve..
    -Del piero membawa juve joeara liga champions 1996…
    -Del piero membawa italia joeara piala doenia 2006 dan mencetak 1 gol penting…

    Jadi jelas lah dari data terseboet di atas kalo DEL PIERO PEMAIN TERBAIK DOENIA….FORZA JUVE >GO DEL PIERO

    Reply
  • 30/05/2009 at 2:31 pm
    Permalink

    Alex the best lah….

    saya yakin kalo alex adalah idola dunia, buktinya ni banyak kan yang pada comment sama del piero,
    sekedar informasi tambahan : sebelum del piero cidera pada musim 97/98 saat melawan udinese, kemampuan individu del piero sangat prima, dia mampu memperlihatkan drible bola yang indah,mampu melewati bek2 lawan, mampu memberikan assist2 yang bagus dan juga mampu mencetak banyak gol…memang harus diakui kalau sekarang kemampuanya sudah jauh menurun, tetapi del piero masih mempunyai senjata rahasia dengan freekicknya yang sangat berbahaya….
    bravo alex “Del Piero”….

    Reply
  • 03/10/2009 at 2:56 am
    Permalink

    pokona mah Del Piero Nu Aink……

    Reply
  • 08/10/2009 at 7:10 pm
    Permalink

    BetuL banget.. Ada taMbaHan,,ketika deL piero cedera di tahun 1998-1999,jUve teRpuRuk,baHkan seOrang Zidane pun tak mampu mengangkat keterpurukan Juve,,ktika aLe kmbaLi,,Juve pun Lngsung terangkat.
    SeOrang Zidanepun meNaruh Hormat kpd deL piero,ini membuktikan bahwa DeL Piero layak menjadi pemain Terbaik dunia. Predag mijatovic(direktur umum ReaL madrid) pernah berkata “Suatu ketidakadilan besar sepak boLa kepada DeL piero krn tdk pernah menjadikan aLe Pemain Terbaik dunia,minimal 1 x del piero hrus mendpatkannya.Sekarang ini tdk ada pmain muda sehebat del piero di tahun 1997-1998,dia mempunyai Dribble yang haLus,cePat,mendapat juLukan THE KING OF FREEKICK,berkepribadian sopan. CR 9 memang hbat,hny krn uang dia pindah,Messi hbat dlm dribble boLa,,tp tak punya kmampuan freekick yg hbat.ALEx bs membuat Baggio tersingkir,CR 9 membuat bechkam tersingkir,,kjadian yg sama,d thun yg berbeda,jgn2 niru. CR 9 pun pernah berkata,klo suatu saat saya tak di butuhkan MU,saya akan main k LIGA Italy,karena di sana ada Del Piero. Intinya DeL piero tetaplah pmain besar,,dan jgn pernah membanding2kan pemain yg satu dgn yg lain.

    Reply
  • 08/12/2009 at 5:23 am
    Permalink

    Astaga pada nge banggain Del piero jg bilang Maradona gk ada 1/10 nya
    dari Maradona…..gk salah tuh org nulis opini?…
    om” dan abang” klo ngelawak jgn di rubrik ini apa…
    Lu kudu liat dolo dah skill” maradona gk usah prestasi nya…
    bisa kagak Del piero jadiin Kaki seperti tangan….
    Liat dolo dah pas dia latihan jgn GoL” dan gocekan nya..
    (lmao) (lmao) (lmao) (lmao) (lmao) (lmao) (lmao)

    Reply
  • 12/07/2010 at 1:41 pm
    Permalink

    Del Piero memank pemain terbaik dunia…….lebih bak dari pemain mana pun yang pernah ada bahkan bila dibandingkan dengan Maradona apa lagi Pele.
    Pemain lain mungkin hebat karena permainannya yang ciamik untuk beberapa musim dan berada dalam siatuasi yg menguntungkan……….
    Ingat kembali bagaimana dedikasi seorang Del Pero buat Juve.
    Dia adalah legenda yang loyal….
    Ronaldinho dan Ronaldo Nazario adalah mantan pemain terbaik dunia…tp apakah mereka msh eksis sampai skg?
    padahal mereka lebih muda dari pada Del Piero.
    Jauh di Lubuk hati para pecinta sepak bola kalau ditanya siapa legenda sepak bola terbaik yg penah anda kenal?
    Pasti Del Piero akan disebutkan…
    Del Piero sampai tua msh tetap eksis……..
    Salam buat Juventini………….

    Reply
  • 17/07/2010 at 1:12 am
    Permalink

    Buat saya Del Piero emang pemain terbaik di dunia, walaupun dia nggak pernah menang Ballon d’Or ato World Player of the Year. Menurut saya Del Piero & Ronaldo (Brazil) adalah striker terbaik dunia di akhir 90an dan awal 2000. Kalo bukan krn cedera di musim 98/99 mungkin pencapaian Del Piero bakal jauh melebihi pencapaiannya skrg. Buktinya? Juventus dpt Scudetto yang pertama setelah 8 tahun di tahun pertama Del Piero masuk tim utama, tahun 96 Juventus jadi juara Liga Champions dan masuk final tahun 97 & 98, bahkan tahun 97 Del Piero jadi top skorer Liga Champions dengan 10 gol.

    Reply
  • 17/07/2010 at 1:16 am
    Permalink

    Buat saya Del Piero emang pemain terbaik di dunia, walaupun dia nggak pernah menang Ballon d’Or ato World Player of the Year. Menurut saya Del Piero & Ronaldo (Brazil) adalah striker terbaik dunia di akhir 90an dan awal 2000. Kalo bukan krn cedera di musim 98/99 mungkin pencapaian Del Piero bakal jauh melebihi pencapaiannya skrg. Buktinya? Juventus dpt Scudetto yang pertama setelah 8 tahun di tahun pertama Del Piero masuk tim utama, tahun 96 Juventus jadi juara Liga Champions dan masuk final tahun 97 & 98, bahkan tahun 97 Del Piero jadi top skorer Liga Champions dengan 10 gol. Del Piero bermain buruk kalau di timnas? Tidak sama sekali. Del Piero adalah pemain Italia dengan jumlah gol terbanyak ke-4 untuk Itali. Kalau bukan karena Del Piero Itali ga akan lolos fase grup di Piala Dunia 2002, tapi para pengkritik Del Piero selalu hanya ingat 2 peluang emas Del Piero yang gagal di final Piala Eropa 2000.

    Reply
  • 24/07/2010 at 10:07 am
    Permalink

    betul tuh…. knapa lippi egois bgt yah…. sampe del piero g d pake… (kepruk)

    Reply
  • 19/10/2010 at 12:10 pm
    Permalink

    wah..wah..ane bahagia baca postingan ini..tryata fans ‘ale’ del piero byk bgt….delpiero adalah satu2nya pemain idola saya…dan saya berjanji hanya dia pemain favorit sy,bahkan stlh gantung sepatu

    Reply
  • 12/03/2011 at 11:26 am
    Permalink

    wah…. q jd terharu bca commen kalian yg ngfans bgd sma del piero. Trimakasih yh atas dukungan kalian kpda del piero.. dari dulu sjak prtma we ngliat gya mainnya Del Piero, we lgsung suka sma dia, mungkin gk kan ada lg pemain hebat sperti Del Piero kelak dia gantung sepatu. Sampai kapan pun we akan jdi fans setiamu dan gk da yg lain dah pokoknya.

    bwt riano, rasyid dan Reandy@ klo gak tau arti dari sebak bola yg sbnernya gk ush comment dah, jdi kliatan bodonya,malu-maluin. Dan kalo di trusin gw jamin loe2 pde gk kan pinter.

    Reply
  • 14/09/2011 at 3:25 pm
    Permalink

    waaaa………dia adalah motivasi bagi pemain muda sepak bola indonesia bagaimana tidak ? dia menjadi pemain top dengan ketika memulai karir di juventus dia berani tidak digaji selama 2bulan karena untuk memperlihatkan kalau dia akan menjadi pemain terbaik dan legenda terbaik dalam dejarah depakbola italia maupun dunia .. Ilike it go.,.,.,go.,……goooooo…,……. del piero

    Reply
  • 17/09/2011 at 3:06 pm
    Permalink

    merinding baca commentnya, trimakasih buat alexmania. dia emang pantas dapat sanjungan itu. Karna saya juga yakin, orang yang ngerti dan tau gimana sepakbola akan setuju kalo alex itu pemain besar yang hebat. dan seharusnya dapet gelar pemain terbaik dunia. setuju sama P.Mijatovic.

    Reply
  • 01/11/2011 at 5:17 pm
    Permalink

    DEL PIERO?? hmmm……Biasa aja ah, Biasa kalo sering di omongin kl dy HEBAT !! Biasa kl sering GOCEK2in musuh sampe pada tabrakan, Biasa kl ferdinand ama vidic debat gara2 gk bisa jagain dia, Biasa kl bkin goal pake TUMIT, APALAGI ini…BIASA BANGET KL FREEKICKnya CIAMIK…. TOTTI aja sampe cium2in kepalanya del piero…Tapi gw bingung???? kok ada org yg “demen” banget ama inter?????? MORATTI itu MAFiA, berlusconi aja ngatain kl dia emang MAFiA sesungguhnya di italy..BRAVO EVO4

    Reply
  • 09/01/2012 at 10:15 pm
    Permalink

    delpiero adalah yang terbaik di italia,eropa atau mungkin dunia…. saya akui delpiero adalah roh permainan juventus…saat delpiero bermain semangat semua pemain seperti berlipat ganda… ingat barcelona yg begitu perkasanya dibuat tidak berkutik oleh permainan juventus di champion bahkan tim sekelas real madrid dan kiper sekelas casilas di buat malu oleh aksi sang ikon sampai2 di santiago bernabeu ada aplaus tersendiri yg diberikan fans madrid tuk delpiero..forza juventus…forza alex..

    Reply
  • 19/06/2013 at 4:02 am
    Permalink

    I do not even know the way I stopped up right here, but I thought this publish was great.
    I don’t understand who you are however definitely you are going to a famous blogger when you aren’t already.
    Cheers!

    Reply
  • 26/06/2015 at 6:05 am
    Permalink

    Bukaannya slah posisi..
    Tapi coba lihat bbrapa pertabdingan timnas itali dan juventus. Alessandro punya karakter bermain yg apik, baik sebagai striker maupun sbagai seorang trequartista. Kalo menurut saya sih, ketika bermain di timnas Dia tidak seolah kurang mendapatkan kepercayaan (yg lebih) utamanya dari para pemain. Berbeda sekali dengan rekan setimnya di juve. Ketika pd 2010, euro 2012, dan yg terakhir pd 2014 kmrn yg saya lihat timnas itali sangat membutuhkan sosok pemain seperti itu. Bahkan juventus pun belum memperoleh hasil maksimal di UCL semenjak pindah ke sydney fc 2012 yg lalu.. trims

    Reply
    • 26/06/2015 at 9:48 am
      Permalink

      Thanks komentarnya.
      Ini padahal tulisan lama loh :D

      Reply
  • 16/01/2016 at 6:49 am
    Permalink

    Yg nyela del piero pasti anak baru kenal dunia bola..
    Baru melek n ga tau sejarah awal kemampuan del piero..
    G jd fans juve krn dia,keluarga milanisti fanatik..tp krn dia g sendiri yg nyebrang ke juve..salam juventini..

    Reply
  • 21/02/2016 at 9:16 am
    Permalink

    Del Piero hebat. Mungkin menjadi yang terhebat yang pernah dimiliki Juventus. Tapi apakah Del Piero benar-benar yang terhebat di dunia? Apakah dia legenda sejati sepakbola? Kalo kata fans Juve sih gitu. Tapi kan nggak semua orang suka Juve. Ok, semua orang respect sama Del Piero. Tapi bagi saya yang suka Tottenham Hotspur, legenda sejati sepakbola modern tetap aja Ledley King. Jadi intinya, buat fans Juve yang bilang bahwa orang yang nggak menganggap Del Piero sebagai yang terbaik di dunia bego, dipikirin lagi deh. Kalian bilang Del Piero terbaik hanya karena kalian fans Juve. Misal kalian fans Persija ya kalian akan bilang Bambang Pamungkas yang terbaik.

    Reply
  • 03/04/2016 at 2:57 am
    Permalink

    Ehm 1997… Awal saya tahu akan bola, dan persis d thn itu Juve sdg jaya tentu Alex Del Piero yg sangat ditonjolkan sbg pemain muda plg menjanjikan. Sebagai fans yg baru kenal bola, tentu sangat ngefans dgn King ADP.
    Tp sampai dgn saat ini aq rasa mmg King ADP yg terbaik. Terlepas dari apapun itu, seorang yg besar tentu punya jiwa yg besar juga kepribadian yg istimewa. Silakan ada amati itu, soal skill main jika perbandingan dgn pemain2 td yg diperdebatkan tentu msg2 sama2 hebat. Tp soal kepribadian, loyalitas, gaya hidup dan respek dgn siapapun saya pikir hanya dialah yg d anggap MAESTRO. Contoh simpel, di kala puncak permainan dan kejayaan seorg pesepakbola pada umumnya mereka akan menikahi ato menggandeng seorang model, artis dan sejenisnya dgn hobi yg GLAMOUR. Sangat aneh mmg justru King ADP memilih sosok wanita sederhana yg hobi berkebun.

    Reply
  • 24/07/2016 at 8:10 pm
    Permalink

    Saya penggemar del piero, bukan juve. Analisan faisal riza tak slalu benar.

    Reply
  • 12/10/2016 at 11:19 pm
    Permalink

    analisa blog yg kurang sempurna.. del Piero dilahirkan ditempat yg bnr. klo tmpt yg salah knp Italia bisa sampe juara dunia 4 kali walau del piero salah satu penyumbang satu gelar kejuaraan tersebut di eranya. tp .menurut saya del Piero adalah pemain lengkap mas bro hanya saja dia belum rezeki mendapatkan pemain terbaik dunia namun dr segi prestasi kejuaraan dia sempurna juara dunia dan Champions pernah dia cicipi bahkan loyalitasnya patuf diacungi jempol. kasus calciopoli merupakan titik balik bagi mental para pemain bintang kala itu dimana disaat Juventus hrs turun ke serie b dan mendapatkan pengurangan poin jg tapi apa hasilnya del Piero adalah salah satu bintang yg bertahan utk tetap setia bersama juventus. del piero adalah del Piero bukan yg lain. del Piero adalah ikon bagi timnas Italia dan khususnya tim Bianconeri. memang saya juventini tp urusan skill kualitas pemain bintang saya menaruh respek sama semuanya tak terkecuali Maradona krn mereka semua unik dan punya karakter masing – masing dalam gaya bermain. Forza Alex Forza juve

    Reply
  • 02/04/2017 at 10:52 am
    Permalink

    Bicara tentang alex sama berbicara tentang taufik hidayat di dunia bulutangkis,, mungkin bukan yang terbaik,, tapi akan selalu dikenang dan dirindukan,,
    Penikmat bola sejati insya allah setuju sama saya,, hehe,, kalo ga percaya tanya ama maradona,, siapa itu delpiero,, solo capitano,,!!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.