Mitos Seputar Vasektomi  – Belakangan ini istilah banyak anak banyak rejeki nampaknya sudah sangat tidak populer. Justru pada jaman modern ini nampaknya banyak anak malah bikin susah. Karena itu banyak keluarga muda yang sekarang ini mengikuti berbagai macam program KB untuk “menghambat” laju pertumbuhan jumlah anak.

Dengan KB, mereka bisa melakukan kegiatan “membikin” anak tanpa harus “menghasilkan” anak. :mrgreen:

Buat mereka yang kelak masih ingin untuk menambah jumlah anak, ada berbagai macam pilihan alat kontrasepsi yang tersedia, mulai dari Kondom, Pil KB, Suntik, Susuk, dan lain-lain. Sedangkan bagi mereka yang sudah tidak ingin menambah jumlah anak atau yang disarankan untuk demikian karena situasi tertentu, ada dua jenis KB yang sebaiknya ditempuh, yaitu Tubektomi dan Vasektomi.

Tubektomi (dilakukan pada wanita) adalah proses pemotongan tuba fallopii sehingga sel telur tidak akan pernah sampai ke rahim. Sedangkan Vasektomi (dilakukan pada pria) adalah proses pemotongan vas deferens sehingga sel sperma tidak dapat menuju ke saluran pengeluaran.

Baca Juga
Malangnya Aku di Pesta Blogger 2008

Nah, saat hendak memutuskan untuk mengambil langkah KB permanen ini, biasanya pihak wanita lah yang menjadi “korban” karena mereka yang harus menjalani tubektomi. Padahal proses operasi dan potensi resiko lebih besar. Ini semua terjadi karena budaya patriakal yang begitu dominan ditambah adanya berbagai hal yang salah dan menjadi mitos seputar vasektomi.

Sebagai orang yang sudah menjalani vasektomi, saya akan berbagai pengalaman saya sekaligus meluruskan mitos-mitos tersebut.

 

1. Vasektomi dilakukan dengan memotong penis.

Wah, ini jelas mitos yang amat sangat menyesatkan. Operasi vasektomi dilakukan hanya dengan sedikit melukai pangkal penis. Bekas lukanya saja hanya sekitar 5 mm.

 

2. Setelah vasektomi, penis tidak dapat berdiri.

Baca Juga
Talkshow di Eltira FM Jogja

Vasektomi bukan kebiri. Jadi para pria sama sekali tidak perlu kuatir karena tidak ada bagian dari kejantanannya yang diambil. Penis Anda tetap berfungsi normal seperti sebelumnya. Bahkan Anda sebenarnya tetap memproduksi sel sperma, hanya saja sel tersebut tidak berhasil menuju ke tempat yang benar karena salurannya sudah dipotong.

 

3. Tidak ada cairan yang keluar saat ejakulasi.

Tentu saja tetap ada cairan yang keluar. Memangnya lalu diganti dengan hembusan angin? :mrgreen: Cairan yang keluar saat ejakulasi itu adalah cairan semen. Sebelum vasektomi, cairan semen itu mengandung sel sperma. Setelah operasi, sel sperma itulah yang hilang dari cairan semen.

 

4. Gairah seks menurun pasca operasi.

Baca Juga
Menuju Startup Digital

Gairah seks tidak menurun pasca operasi. Bahkan saat masih diplesterpun saya sudah punya gairah. :mrgreen: Justru gairah seks bisa jadi malah naik karena sudah tidak punya kekuatiran “menghamili” istri. Saya sendiri merasakan frekuensi dan durasi ML justru meningkat, hehehe.

 

5. Operasi vasektomi adalah pekerjaan yang “berat”

Justru sebaliknya, proses operasi vasektomi cukup ringan dan cepat. Biusnya pun lokal saja. Saya malah bisa pulang dengan nyetir mobil sendiri.

 

Mudah-mudahan tulisan saya ini bermanfaat, terutama bagi para suami yang masih ragu untuk mengambil keputusan vasektomi.

Tulisan terkait mengenai hal ini dari sudut pandang istri saya ada di sini. (Mohon maaf karena keterlambatan perpanjangan domain, domain blog istri saya kini sudah dimiliki oleh orang lain)

Follow me on social media:
Categories: Sharing

84 Comments

ocha · 13/08/2008 at 8:03 pm

pertamax.

ijin save as buat lelaki ku

semoga nanti dia yg ber-KB, tentu saja setelah setoran anak sudah cukup.

Eltoro · 13/08/2008 at 8:23 pm

Durasi…..durasi lho meningkat :)

fist · 13/08/2008 at 9:48 pm

wah tapi saya tetep ngeri lho membayangkan “anu” saya digores dengan pisau bedah…. hiiiii…

Gum · 13/08/2008 at 11:10 pm

trus itu bisa di-“undo” nggak pak?

ekowanz · 14/08/2008 at 2:28 am

hmmm :-?

Tulus Handoko · 14/08/2008 at 8:52 am

Bikin anak jalan terusss…rizki tinggal jemput :)

Anjar Priandoyo · 14/08/2008 at 11:51 am

Huaduh… ga tega nih :D, serius nih mas sudah vasektomi. Hebat euy. Ngebayangnya aja sampai merinding

iman brotoseno · 14/08/2008 at 12:26 pm

jadi issue kalau biji diambil juga salah ya..

Yahya Kurniawan · 14/08/2008 at 12:31 pm

#4
Teorinya sih bisa, dengan menyambung kembali saluran yang diputus. Teknologinya juga sudah bisa. Tapi % keberhasilan kecil

#8
Iya, mas, salah itu

suprie · 14/08/2008 at 12:54 pm

membaca ini saya jadi ngilu,,,

yogie · 14/08/2008 at 1:20 pm

hiiii….serem….. mamaaaa….. :D

Harry · 14/08/2008 at 2:09 pm

waduh saya belum nikah jeh :D

bakulsapi · 14/08/2008 at 6:52 pm

ngakak mpe guling2 baca komen nya mas iman….

wah, 30+ ini artikelnya….

saya gag mau baca ah…miris

meong · 14/08/2008 at 7:51 pm

*ngelirik para pria2 itu*

kenapa sih, pd ketakutan gt ?? trus istrinya yg disuruh berkorban gt ?? ga ngerasain ya, sedari akil baligh same menopouse, yg namanya perempuan itu akrab dg rasa sakit -sakit mens, sakit hamil, sakit melahrkan, sakit meopouse-

*hihihhi, nyolot*

udah baca mas., tp td di hape dan pas lg ngisi training gt..eh bs jd artikel terpilih pendukung KB lho^^

ayo….CA bikin bisnis konsultan seks satu atap…^^

dani · 15/08/2008 at 10:25 am

salut pak yahya..
buat yg takut pisau bedah ada jg vasektomi tanpa pisau..tp utk motong salurannya ya tetep pake yg tajem..bukan gunting rumput :D

ndoro kakung · 15/08/2008 at 4:59 pm

woh, ngeriiiii … hahaha

abdee · 15/08/2008 at 11:38 pm

Vasektomi dalam istilah orang dinas KB adalah MOP (MetodeOperasi Pria).

Dari 100% peserta KB, Pria hanya 6%.

MOP dilakukan dengan persetujuan Istri.

ngodod · 16/08/2008 at 8:48 am

jah…, sayangnya vasektomi dan tubektomi ndak bisa di-undo. lo pengen punya anak lagi masak harus bayi tabung…?

zam · 16/08/2008 at 11:08 am

ada video tutorialnya ndak? tapi bukan video pas operasi.. tapi.. anu.. eehh… ah, sudahlah…

*beli kondom*

zam · 16/08/2008 at 11:09 am

Mega? negoro endi iku?

saya di MALANG, pak!

Yahya Kurniawan · 16/08/2008 at 11:17 am

#18
Lha khan memang ditujukan untuk yang sudah ingin KB permanen, kalau belum ya jangan

#20
Maklumlah, Zam, pake plugin yang databasenya gratisan :mrgreen:

Blackenedwing · 17/08/2008 at 4:53 pm

Gairah seks tidak menurun pasca operasi. Bahkan saat masih diplesterpun saya sudah punya gairah. Justru gairah seks bisa jadi malah naik karena sudah tidak punya kekuatiran “menghamili” istri. Saya sendiri merasakan frekuensi dan durasi ML justru meningkat, hehehe.
Mesuuummm ;D

Herman Saksono · 18/08/2008 at 2:49 am

“Saya sendiri merasakan frekuensi dan durasi ML justru meningkat, hehehe.

turut prihatin untuk bu yahya…

dani · 19/08/2008 at 2:30 pm

[oot]
@zam: pake indosat ya..safari windows jg kebaca mac.. [sama2 plugin db gratisan pak..]

hartono · 20/08/2008 at 4:45 pm

pak, operasinya di rumah sakit mana ? dengan dokter siapa ? dan biaya berapa ? terima kasih

Pangeran · 21/08/2008 at 8:45 pm

ni harusnya postingan serius ya…. tp kok saya ga berhenti ketawa ya baca artikel dan komentar2nya yang jahil-jahil…hehe….

orangutanz · 26/08/2008 at 10:48 am

Wah. Waktu remaja dulu saya sempet punya cita-cita divasektomi supaya bisa sembarangan buang ingus. Untung kembali ke jalan yang benar dan tetep ingusan.

Anyway, saya pernah baca bukannya kalo divasektomi akhirnya buah zakar-mugahar (“pemberontak” nge-top itu loo) jadi mati dan jadi kempis mas? Selain takut menyesal pas pingin punya anak lagi, hal ini juga cukup membuat “si badu” jadi ciyut mendengar kata vasektomi mas…

mohon pencerahannya demi masa depan “sibadu”. salam kenal…

nindityo · 04/09/2008 at 9:38 pm

eh boleh tau lebih lanjut gak.. japri dong.
setauku vasektomi gak musti di “putus” salurannya tetapi cuma diiket saja, sehingga bisa dikembalikan sewaktu-waktu.

pemuja rahasia · 06/09/2008 at 6:44 pm

gud, gud, gud

Kyai slamet · 07/09/2008 at 2:57 pm

Takuut…
Tapi keliatannya asyik tuh…
Durasi meningkat? Jadi selama ini cuma hitungan detik ya? Trus sekarang jadi menit?

muthie · 09/09/2008 at 11:07 am

pak, boleh saya minta no.contact bapak..???
kebetulan saya ditugasi di kuliah saya untuk membahas masalah vasektomi. mungkin bapak bisa dijadikan narasumber.
balas ke email saya ya pa..

ADBM Melben · 10/09/2008 at 12:02 am

#28 yang di iket itu tubektomi, tul ga pak???

o c H e · 13/09/2008 at 11:51 pm

iyaappphhh.. tengs ya om artikelnya.
mudah2an papa2 yg baca artikel ini bisa paham pentingnya vasektomi.

pengembara_jiwa · 14/09/2008 at 5:26 am

kalau udah dirasa cukup dengan jumlah anak yang ada, ini menarik juga untuk dilakukan.. dan tampaknya risikonya sangat kecil…. wahai para mama, berbahagialah..

btw, kenapa yang beginian namanya vasektomi dan tubektomi? kok berbau orde baru ya..? kenapa gak vasekjoni dan tubekwati? hehehe…. piss….

sugesti · 19/09/2008 at 11:15 pm

cma 1 kaya buat pk yahya…SALUT
smoga pria2 diluar sana sadar jg seperti anda

beslar · 26/09/2008 at 12:35 pm

Siip tenan.

viendys · 22/10/2008 at 4:43 pm

wuahhhhh…

two thunbs uP dechh, tP ngilu jg baca ceritanya..
ayo.. ayo… syapa yang mu ikutan??

Syukriy · 29/10/2008 at 11:06 am

Wah…. jadi nambah semangat nih…
Anakku udah mau 4, bro… sementara hasrat menggebu terus..
Thanks informasinya.
Bagus!

dian · 06/11/2008 at 4:47 pm

boljug tuh biayanya brp seh???

Andy · 16/12/2008 at 5:03 pm

dimana bisa vasektomi, dan berapa biayanya

Yahya Kurniawan · 17/12/2008 at 8:53 pm

#39 #40
Saya divasektomi di RS Bethesda, Jogja. Biayanya sekitar 200rb

dukun digital · 29/01/2009 at 8:28 pm

saya rasa vasektomi masih bisa di undo ko… kemarin abru aja liat di tipi… wawancara langsung dngan pelakunya.

YOPPIE · 06/02/2009 at 9:34 pm

Hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii…..! ngeri. tar g’ nikmat donk

anitya · 20/04/2009 at 6:53 pm

wahhh saya sie sbnarnya stuju bgt ma vasektomi…
masa semua hal harus d bebankan ma Wanita mulu…
Udah hamil,mlahirkan,ikut Kb lagi. (doh)

ya…ngerasain enaknya sama..
berkornan dong Untuk KB na.

(angry)

Budi · 22/04/2009 at 11:19 pm

Maaf bung Yahya… Apakah hal ini seharusnya menjadi kekhawatiran bg kaum wanita, apabila pria yang di vasektomi maka dengan karakter pria yg suka selingkuh jadi sangat aman dan tetap nikmat krn tidak perlu pakai kondom… Tidak ada tuntutan dan barang bukti apapun? Dan bisa membuat para pria selalu bebas dr tanggung jawab, Rasulullah pernah menyampaikan bahwa kita harus mempunyai anak yg bibit bebet bobot yang baik untuk generasi yg berkualitas bgmn ini dikaitkan dengan hidup susah dengan banyak anak sementara kita hidup didunia rejeki semua ada yang mengatur, ada rejeki anak, ada rejeki keluarga… Mohon dibalas, terima kasih

zam · 23/04/2009 at 10:55 am

@ Budi:

ah, kalo selingkuh mah selingkuh aja. gak ada hubungannya dengan vasektomiatau tidak. yang ndak vasektomi aja juga masih bisa selingkuh dengan asyik, dengan cara klokur di lokur, misalnya.. :p

balqis · 16/05/2009 at 3:47 pm

yaaaach…….sekale – kele pria juga hrus ikut dalam program KB donx….????? :p masa cuma perempuan ae yang jadi budak buwat KB, bener gak… :p

Nelz · 11/06/2009 at 6:31 am

mas, masih ada kemungkinan gak, kalo pria yg di vasek semenY masih mengandung sel sperma? alias bikin istriY hamil lagi? blz y coment ini k e-mail

NATNI · 04/07/2009 at 3:32 pm

ada yang bs ngasi jwbanny ga neh ma aku??
klo cowo bijinya diambil satu msi bs pnya ketrunan gak ntarnya?
and pa ja efek sampingnya klo tinggal satu?

Yahya Kurniawan · 04/07/2009 at 4:47 pm

Biji tinggal satu? Bisa kok punya anak. Bapak saya karena sakit atau kecelakaan gitu saya lupa, bijinya tinggal satu. Nyatanya saya lahir juga :mrgreen:

full · 03/08/2009 at 6:05 pm

(hungry) (brokenheart)

dewi · 16/08/2009 at 9:41 pm

mas penasaran niy…vasektomi msh bisa di undo gak siy…lebih beresiko or lebih mahal gak biayanya??? :-(

Dede · 07/09/2009 at 3:46 pm

weh, info yang menarik … selama ini suami emang ga keberatan di vasektomi, ketimbang saya yg ikut KB (belum nemuin mekanisme KB yang aman buat saya, katanya), tp justru saya yang ketakutan n mikir aneh2 shg memutuskan biar saya aja yg ikutan tubektomi. tp ternyata malah lbh simpel n lbh murah jg ya biayanya, ketimbang yg tubektomi. tp abis itu ga pake acara sakit jg kan? ga tega jg sih hehehe …

dion · 20/09/2009 at 8:07 pm

NEHI NEHI OSERAAAAMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM!

@di · 22/10/2009 at 9:31 am

Betul sekali apa yang diceritakan pak yahya
begitu pula yang saya rasakan, tidak ada efeknya, lucunya sehabis KB itu, sewaktu di rung ganti baju malah si burungnya bisa langsung berdiri (walaupun hanya sebentar), jadi ya tetep joooooos tenan and good mar so good and top markotop
buat yang sudah siap, mantapkan langkah kakimu, kalo bisa KB sekarang kenapa mesti besok

Joko · 22/10/2009 at 3:14 pm

Vasektomiku
sedikit berbagi cerita tentang vasektomi nambahin cerita pak yahya

setelah mendapat penjelas secara rinci dari dokter
saya di suruh ganti baju dengan baju seperti operasi, bajunya tipis gitu jadinya burung agak kelihatan maju, kemudian naik meja operasi, kemudian batang penisnya diikat keatas arah pusar (diplester) kemudian sekitar telurnya di bersihkan pakai betadin, kemudian setelah betadin agak kering, dokter bilang maaf ya pak agak sakit dan mules nich sambil meraba-raba saluran spermanya, tau-tau mak encuuuuuuuzzzzzs, sakit banget dan mules di sekitar pangkal penis sebelah kanan, ternyata saluran sperma sebelah kanan sudah di suntik bius, kemudian dokter bilang skali lagi ya pak, setelah kepegang salurannya saya tarik nafas karena sudah tahu rasanya pasti kayak yang pertama, cuuuuuuzzzzzzss, gak kaget lach karena dah tahu, habis itu dah kerasa apa-apa lagi, tahu-tahu istriku yang setia disampingku dipanggil sama dokter, bu ini lo saluran spermanya warnanya putih mengkilat seperti warna bihun dan sebesar pentil, ternyata salurannya sudah dikeluarkan, kemudian di ikat pada 2 sisi kemudian dokter bilang sama istriku “bu saluran spermanya di potong ya” istriku menjawab “ya dok”, hanya istriku bilang didekat telingaku “mas…, saluranya udah di potong kemudian diikat lagi lalu dimasukan kedalam lagi, sekarang tinggal saluran yang sebelahnya”, kok ga terasa apa2 ya kataku, kemudian saluran yang satunya dokter sudah tidak menanyakan lagi sama istriku, ya hanya hitungan 10 menit sudah selesai dan bekas luka hanya di plester saja.

ayu · 09/12/2009 at 6:36 pm

:p (okok) bgs jg ulasannya bg para pria yg sadar ya mbok gantian kalau anaknya udah cukup (blush)

Babenya anak2 · 06/01/2010 at 9:42 am

Pak yahya… Itu operasinya ke dokter apa yaa… Apa lsg bilang mau vasektomi… Klo datang tanpa istri apa boleh…

Yahya Kurniawan · 06/01/2010 at 9:44 am

Waktu itu saya bersama istri habis konsultasi ke dokter kandungannya istri saya.
Kalo tidak bersama istri, barangkali mungkin bisa ke dokter bedah atau tanyakan saja ke RS langganan Adna.

elis supraptini · 26/06/2010 at 8:35 pm

Pa Yahya,ayah saya sudah lama divasektomi.mungkin sewaktu saya berumur 14 thn.Sekarang saya berumur 30th.Awalnya saya malu untuk mencari informasi seputar vasektomi tapi setelah saya baca informasi yg bapak berikan,akhirnya lega juga rasanya.jujur saja pa,awalnya saya khawatir dan beranggapan yg bukan2 mengenai vasektomi.Dulu saya beranggapan vasektomi sama dgn dikebiri,jd saya mrasa kasian gitu sama ayah saya.

yulius · 12/07/2010 at 3:02 pm

klo kb vasektomi aq pkir akn lbih baik krna tdk akn ad kkwatiran u tancap trus. Wa hebt ya.

iwan · 28/07/2010 at 2:46 pm

mau sihh,tapi tak tega rasanya (hungry) (banana_ninja)

grissamosir · 05/08/2010 at 7:38 pm

:-( :-( (hungry) (hungry) (hungry) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (smileydance) (smileydance) (taser) (taser) (taser) (tears) (muscle) (muscle) (muscle) (annoyed) (annoyed) (annoyed) (beer) (beer) (biyayakan) (angry) (angry) (rock) :( 8-)

grissamosir · 05/08/2010 at 7:40 pm

(brokenheart) (gym) (gym) (gym) (fish_hit) (lmao) (rock) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (kepruk) (kepruk) (kepruk) (drinking) (drinking) (drinking) (drinking) (drinking) (drinking) (drinking) (drinking) (drinking) (doh) (doh) (doh) (banana_ninja) (banana_ninja) (banana_ninja) (banana_rock) (banana_rock) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (banana_cool) (banana_ninja) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (banana_cool) (banana_ninja) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (banana_cool) (banana_ninja) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (banana_ninja) (banana_rock) (fish_hit) (fish_hit)

xMoDx · 08/04/2011 at 4:00 pm

Vasectomy is a process through which birth can be controlled. Vasectomy is basically a method which is meant for the male generation. Vasectomy is in fact, a minor form of operation but it needs the doctor’s advice for whoever wants o undergo the operation. Vasectomy is a form of male process of sterilization. Through Vasectomy, the vas deferens of the males is removed through a simple form of surgery. Vasectomy however does not engross the total removal of the male testicles. Moreover Vasectomy also does not any how affect the sex hormones production in the males and neither the secretion of the hormones to the bloodstream is affected. Sexual life is not in any way found to get affected by Vasectomy. Normal erection of the penis and normal ejaculation is experienced by the males even after the Vasectomy. So there is not any sexual risk factor involved in respect of Vasectomy. A male experiences the normal sexual desire even after Vasectomy.

After the Vasectomy is performed, the male sperm no longer finds its outlet to the penis as they get already broken down and gets absorbed in different parts of the body. Vasectomy takes only a very short span of time to be performed. After it is operation is over, the operated patient after resting for only half an hour can return back home. Vasectomy is generally performed by giving local anesthesia to the patient concerned.

Vasectomy side effects though are common but are rare and can be appropriately diagnosed. Vasectomy leads to certain side effects. Pain is a very common vasectomy side effect. The pain which is associated with vasectomy practically declines after a week. Swelling of the testicle areas which occur after a week of vasectomy is another vasectomy side effect. Abscesses are yet another vasectomy side effect which leads to infection but can be virtually treated with antibiotics. Erectile Dysfunction (ED) is also a vasectomy side effect. Erectile Dysfunction (ED) leads to the declination of sexual contentment and satisfaction but it is only very much temporary.

Though the symptoms of vasectomy are rare it needs quick medical recommendations. Vasectomy side effects are thus very common but can be revealed and overcome with proper diagnosis. There are certain complications which are quite major in its aspects and often lead to certain infections. Staining, bruising, swelling and a certain amount of redness are quite common. It is however necessary to be estimated here that though the symptoms might be minor, it requires relevant medical advice.

Numb Tattoo · 05/05/2011 at 9:47 pm

lots of guys are saying that vasectomy is better than ragging yourself up in he middle of the thing going on just to put a condom, worst is you have to step down the building head on to the nearest convenience store while you are in heat!

SURYATI · 12/02/2012 at 10:14 am

terimasih infonya

Syaldi · 21/09/2015 at 9:05 pm

Mas Yahya, saya minta ijin untuk menyalin artikel ini ke web http://www.lakilakibaru.or.id. Terima kasih sebelumnya :)

    Oom Yahya · 21/09/2015 at 9:38 pm

    Silakan mas

aida · 31/12/2015 at 10:48 pm

Pak yahya..top markotop dueh ah..!!!ayo bpk2,pa2,ayah2..vasektomi..banyak anak banyak beban yo..hehehe..

カリビアンコム · 13/01/2016 at 2:00 pm

I really like what you guys are usually up too. This type of clever work and exposure! Keep up the superb works guys I’ve you guys to my blogroll.

Elisa · 10/02/2016 at 1:21 pm

Saya mau nanya dong, bagaimana kita ketahui apakah suami kita sudah di vasektomi ato belum? masalahnya saat dia di vasektomi, saya tidak diberitahu. apakah ada bedanya dan bisa kelihatan bedanya?

    Oom Yahya · 11/02/2016 at 11:30 am

    Kalau secara fisik tidak ada bedanya, bu.
    Satu2nya cara ya minta tes air maninya, kalau hasilnya azoospermia, berarti betul sudah vasektomi. Supaya hasilnya akurat, tes air mani dilakukan setelah 12x berhubungan suami istri pasca operasi vasektomi

Doel · 17/03/2017 at 9:18 am

dan sekarang anda pantas menjadi motivator om yahya….

    Oom Yahya · 17/03/2017 at 4:34 pm

    Waduh, berat ini (lol)

oRiN · 11/09/2017 at 2:38 pm

waduh… Meski saya lebih sering disayat2, tapi baca ini malah ngilu oooom haha

Opie · 11/09/2017 at 5:08 pm

Wooowww bisa meningkatkan durasi….. ….

hafiz · 11/09/2017 at 5:43 pm

prosesnya lama apa tidak om?????

    Oom Yahya · 21/09/2017 at 12:58 pm

    Tidak, cuma sekitar 15 menit

Cindhelaras · 12/03/2018 at 10:36 am

Dulu vasektomi th 2012, ketika istri hamil anak ke 3, sudah rencana kami sebelum nikah dulu, istri yg hamil & ngelahirin, saya yg ikut KB vasektomi jika udah tiba saatnya. Semula calon istri gak setuju, krn harus operasi n tetek bengeknya. tapi setelah dijelasin sejelas jelasnya, bahkan saya ajak ke klinik KB juga, akhirnya doi memberi ijin, bahkan nungguin pas penanganannya, gak lama sekitar 15 menitan….
Saya vasektomi di klinik KB RS Sardjito Yogyakarta, mandiri, biaya sekitar 200rb an…
Bener sih nggak sakit, cuma muleeessnya ketika cari saluran sperma yg harus dipotong, dan saya beruntung bisa lihat langsung saat operasi bjalan, semacam selang kecil sebesar kabel charger, dipotong sekitar 0,5 cm, namun sebelumnya ujung2nya diikat dulu, setelah diikat dipotong lalu dimasukkan kembali ke tempat semula. Sampai pulang ke rumah mulesnya blm ilang…..
luka sayat cuma sekitar 0,5 cm, hanya 1 dibawah batang, deket garis coklat tengah kantung, tdk dijahit hanya direkatkan lagi….
Pulang dibawain kondom 21 biji, utk pengaman 21 kali senggama setelah vasektomi, tp tdk terpaksi, istri kan lagi hamil, jadi tembak dalem tep aman, hehehe….
Setelah 21 x gituan (mungkin lebih, hehe….) & puasa ‘mutih’ seminggu, ke lab klinik lagi utk periksa sperma, biaya 25rb. Diberi tabung kecil utk tempat tampungan sperma sekali ejakulasi, ngeluarinnya harus onan tanpa pelumas lagi, duuhh ….
Selesaaiii, lumayan banyak sih, seminggu puasa ‘mutih’ gitu loh…
Hari berikutnya hasil di ambil, eng ing eeeng… hasil negatif, artinya tdk ada lagi sel sperma dlm air mani….
Pulang trus “ngrayain” sama istri…..
Sekarang, lancar jayaaaa….
Nafsu seksual juga ndak turun, malah sering meledak…. 2-3 kali seminggu udah hal biasa, bahkan pernah 4 hari tanpa sela (sensor)
Hanya sekedar share pengalaman saja, semoga bermanfaat …..

    Oom Yahya · 12/03/2018 at 11:25 am

    Terima kasih buat sharingnya ya

Ketika Gairah Ngeblog Menghilang « FromTo: gRy · 17/12/2009 at 11:19 pm

[…] bahasanya rada gimana gitu…apa mungkin masih berasa jetleg setelah rame diskusi milis tretnya om’yahya ttg vasektomi itu ya? (thinking) Categories: Lain-Lain, Personality, WordPress Tag:acer, add-on, bilbo, […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.