Beberapa hari terakhir berita tentang pencurian PIN di mesin ATM menyeruak kembali. Katanya PIN yang kita masukkan bisa dibaca oleh orang yang antri di belakang kita menggunakan kartu jenis khusus. Lalu kita disarankan untuk memasukkan kembali kartu ATM dan menuliskan PIN yang salah, kemudian tekan Cancel.

Saya kok meragukan kebenaran berita tersebut. Apa mungkin angka PIN yang kita “ketikkan” tersebut bisa dibaca oleh orang lain? Di mana mesin ATM menyimpan angka PIN tersebut? Di memorinya?

Sebagai pembanding, pencurian data bisa dilakukan pada sebuah komputer kalau di komputer tersebut terdapat software keylogger, yaitu software yang bisa mencatat setiap tuts keyboard yang kita pencet. Orang yang berhasil menanamkan software tersebut ke dalam sebuah komputer bisa membaca apa saja yang diketikkan oleh orang lain. Ini biasanya terjadi di warnet-warnet.

Nah, sekarang apa di mesin ATM ada software tersebut? Apa mungkin seseorang bisa menginstall suatu software pada mesin ATM? Tidak bisa, kecuali pihak bank sendiri.

Baca Juga
Perpanjangan SIM di Layanan SIM Keliling

Saya jadi ragu, mungkin berita tersebut sengaja dihembuskan oleh pihak bank agar mereka bisa berkelit kalau ada seseorang yang mengklaim saldo tabungan mereka tiba-tiba amblas. Dan kasus terakhir ini juga amat sering terjadi.

Follow me on social media:
Categories: Seputar Kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.