Walaupun menjadi salah satu MPV favorit banyak orang, kamu wajib menyelidiki kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza jika ingin membelinya.

Sumber: toyota.astra.co.id

Selain memaparkan kelebihan dan menyajikan data soal larisnya Toyota Avanza di pasar Indonesia, pastinya pabrik tidak akan memberitahu apa saja kekurangan mobil yang satu ini.

Tak dipungkiri, setiap saat sudah dilakukan berbagai inovasi pada MPV ini, tapi kamu tetap harus mengetahui kelebihan maupun kekurangannya, supaya tidak kecewa bila sudah membelinya.

Kelebihan Toyota Avanza

1. Desain Simple

Kelebihan pertama yang terdapat pada Toyota Avanza adalah desain eksteriornya yang stylish dan tampak elegan.

Sekarang ini, terdapat beberapa pembaharuan seperti headlamp depan tampil lebih bergaya, desain baru pada cover foglamp, dan juga new front aerokit-nya, sehingga membuat mobil ini tampak lebih sporty.

Desain yang simple begini biasanya timeless alias tak lekang waktu.

2. Mesin dengan 2 Varian Pilihan

Soal dapur pacu, Toyota Avanza menawarkan dua pilihan mesin, yaitu tipe 1.5 liter dengan teknologi 3SZ-VE dan tipe 1.3 liter berteknologi K3-VE.

Meskipun memiliki tipe dan kapasitas yang berbeda, keduanya menggunakan tipe DOHC VVT-I 16 katup dengan 4 silinder.

Selain itu, transmisi Toyota Avanza juga tersedia dalam varian manual dan matik, tinggal pilih sesuai kebutuhan.

3. Harga Jual yang Stabil

Harga jual mobil Toyota Avanza ini terbilang cukup stabil. Bahkan jika kamu ingin menjualnya lagi, harga yang kamu dapat tidak akan turun terlalu drastis.

Harga jual stabil ini merupakan hal yang logis dari sebuah mobil yang pangsa pasarnya sangat tinggi.

4. Layanan Service

Layanan service dan spare part untuk mobil yang satu ini sangat mudah dicari. Setiap dealer resmi biasanya memiliki spare part yang lengkap untuk Toyota Avanza, sehingga penggunanya tidak kesulitan untuk melakukan service rutin.

Bahkan di kalangan penggunanya ada kelakar yang mengatakan bahwa, bengkel pinggir jalanpun bisa memperbaiki Toyota Avanza, jadi tak akan mengalami kesulitan meski garansi service sudah habis.

Kekurangan Toyota Avanza

1.    Kurang Stabil Pada Kecepatan Tinggi

Nah, selain kelebihannya, tentu ada kekurangannya juga. Ketika dikendarai dengan kecepatan tinggi, mobil ini cenderung limbung, apalagi jika menikung.

Ada bagusnya sih, mendorong pengemudi untuk tidak ngebut.

Penyebab mobil limbung bisa dipastikan terletak pada suspensinya. Suspensi Toyota Avanza memiliki lingkaran pegas spiral yang lebar, karena “menampung” body mobil yang bongsor jika dibandingkan dengan dimensi shock absorber.

Setelah suspensinya juga cenderung empuk.

Plat bodinya yang relatif tipis juga menyumbang soal limbung tadi karena membuatnya mudah oleng saat melaju dengan kecepatan tinggi.

2. Aki Sering Bermasalah

Letak kekurangan lainnya adalah aki mobil. Masalah bawaan aki ini adalah ketika mobil dalam keadaan panas (misalnya setelah bepergian jauh), agak sulit untuk menyalakan mesin.

Masalah ini memang biasanya tidak muncul saat mobil masih baru, tapi tetap saja kudu menjadi salah satu hal yang kamu pertimbangkan.

3. Fitur Keselamatan Kurang Maksimal

Meskipun telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan seperti dual SRS airbagsseatbelt, ABS (anti-lock braking system), EBD (electronic braking distribution), dan konstruksi samping yang kuat, tetap saja fitur keselamatan Toyota Avanza dianggap kurang dibandingkan kompetitornya.

Fitur-fitur inipun relatif belum terlalu lama disematkan pada Toyota Avanza.

Jadi untuk menambah rasa aman, tak ada salahnya menggunakan layanan asuransi kendaraan terhadap mobil yang akan dibeli.

Follow me on social media:
Review Toyota Avanza: Kelebihan dan Kekurangan

3 thoughts on “Review Toyota Avanza: Kelebihan dan Kekurangan

  • 26/03/2020 at 7:55 pm
    Permalink

    Tambahan satu lagi kekurangan avanza, soal ergonomy. Setirnya hanya tilt tapi ga bisa diatur telescopic, jadinya kurang nyaman buat orang2 yg agak tinggi / agak pendek.

    Tapi ada tambahan kelebihan juga: best value for business. Avanza masih paling laris di dunia rental mobil. Jadi investasi yg bagus buat yg mau usaha transport.

    Reply
  • 01/04/2020 at 11:47 am
    Permalink

    Iya memang Avanza adalah mobil yang tepat untuk kondisi jalan di Indonesia. Kekuarangannya masih bisa di maklumi.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *