Niagahoster Layanan Hosting Andalan – Seorang pembalap, sebagus apapun skillnya, tetap membutuhkan mobil balap yang mumpuni. Demikian pula dengan seorang blogger.

Mau punya nama domain yang keren, mau punya skill menulis yang hebat, tapi jika blognya dijalankan di layanan hosting ala kadarnya, pasti tak akan maksimal.

Ada banyak layanan hosting yang bagus yang bakal membuat blog kalian wus wus wus. Hosting luar negeri maupun hosting Indonesia.

Karena banyak pilihan, mungkin kamu bakal sulit menentukan pilihan. Nah, supaya gak kesulitan, saya kasih tau bahwa salah satu hosting yang layak untuk dipertimbangkan adalah Niagahoster, salah satu hosting terbaik di Indonesia.

Seperti apa ya layanan yang disediakan oleh Niagahoster?

Yuk ikuti saja pengalaman saya dalam mencoba membangun sebuah blog baru yang menggunakan layanan hosting Niagahoster.

Membeli Layanan Niagahoster

Pada prinsipnya, ada 9 langkah untuk membeli layanan Niagahoster, yaitu sebagai berikut:

  1. Buka situs Niagahoster.
  2. Pilih sebuah paket hosting, misalnya Pelajar. Saya juga menggunakan paket ini.
  3. Tentukan durasi pembayaran serta aktifkan opsi auto install WordPress jika ingin menginstall WordPress. Saya memilih untuk mengaktifkan opsi ini.
  4. Masukkan nama domain yang diinginkan.
  5. Jika tersedia, klik tambah ke cart. Jika sudah digunakan oleh orang lain, cari nama lain yang masih tersedia.
  6. Niagahoster menyediakan beberapa layanan tambahan dan jika dibutuhkan, aktifkan layanan tambahan yang ditawarkan.
  7. Login ke Niagahoster, bila belum punya akun, buat akun baru.
  8. Pilih opsi pembayaran dan checkout.
  9. Untuk melihat detail cara pembayaran, klik tombol bertuliskan “Klik disini untuk cara dan konfirmasi pembayaran”.
Baca Juga
Event Menarik Tentang Blog

 

Setelah melakukan proses pembayaran, kamu akan mendapatkan email bahwa akun Niagahoster telah aktif dan siap untuk digunakan.

Di dalam email tersebut ada tombol Login ke Member Area, klik tombol tersebut untuk masuk ke Member Area. Member area juga bisa diakses dengan membuka situs Niagahoster dan mengklik link Member Area yang ada di sisi kanan atas.

Di dalam Member Area inilah kamu bisa melakukan pengelolaan terhadap hosting yang digunakan.

Tak berapa lama kemudian, kamu akan menerima email lagi berisi pemberitahuan bahwa domain yang kamu pilih tadi telah aktif dan siap digunakan.

Pada email ini terdapat informasi cara untuk login ke blog WordPress beserta nama user dan passwordnya, serta informasi cara akses dan login ke cPanel.

Nah, sebelum melakukan pengaturan lebih lanjut, tak ada salahnya untuk melihat terlebih dahulu domain yang kamu daftarkan tadi. Sekadar informasi, domain yang saya daftarkan adalah sehatekno.com, jadi saya tinggal membuka browser dan mengetikkan sehatekno.com, tanpa perlu mengetikkan www lagi di depannya.

Seperti yang “dijanjikan” oleh sistem saat mendaftar, jika kamu mengaktifkan opsi auto install WordPress, maka domain tadi akan langsung berisi WordPress dan kamu tinggal mengelolanya.

Namun sebaiknya mengisi content blog baru ini belakangan saja. Ada beberapa hal yang perlu diatur lebih lanjut. Salah satunya adalah soal pengaktifan TLS/SSL supaya domain yang digunakan nanti akan memiliki protokol https.

Baca Juga
Antisipasi Posting Otomatis di Facebook

Mengaktifkan SSL

Pengaturan lebih lanjut terhadap hosting yang kamu gunakan bisa dilakukan melalui cPanel. Loginlah ke cPanel sesuai dengan informasi yang ada di email yang diterima saat pembelian paket hosting.

Setelah itu, masuklah ke bagian Security dan klik Lets Encrypt™ SSL.

Pada halaman berikutnya, klik Issue di sebelah kanan nama domainmu. Dengan mengklik Issue ini, akan muncul daftar domain dan subdomain yang akan dipasangi Lets Encrypt™ SSL.

Setelah yakin akan domain dan subdomain yang akan dipasangi Lets Encrypt™ SSL, klik tombol Issue.

Setelah Lets Encrypt™ SSL terpasang dengan benar, masuklah ke Dashboard WordPress, dan klik menu Settings > General.

Ubahlah nilai WordPress Address (URL) dan Site Address (URL) dari berawalan http menjadi https, misalnya tadinya http://namadomainku.com diganti menjadi https://namadomainku.com.

Simpan perubahan tersebut dan buka lagi domainmu melalui peramban. Saat dibuka, secara otomatis pada nama domain akan ditambahkan awalan https.

Namun bisa jadi pada peramban masih muncul peringatan bahwa terdapat mixed content pada domain tersebut, artinya ada komponen yang belum secure, misalnya gambar.

Masalah ini dapat diselesaikan dengan menginstall plugin Realy Simple SSL.

Nah, praktis hanya itu saja yang perlu dipersiapkan dalam mengelola domain baru yang hosting di Niagahoster. Kamu tinggal mengatur WordPress dan mengisi content saja.

Baca Juga
Honeypot, Gantinya Captcha

Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman saya di atas, bisa disimpulkan beberapa hal mengenai layanan hosting Niagahoster ini.

  1. Layanan cepat dan sigap. Mulai dari pendaftaran hingga aktivasi, semua terselesaikan dalam waktu kurang dari 24 jam.
  2. Penjelasan memadai. Penjelasan yang diberikan pada email saat aktivasi hosting sangat memadai. Kalaupun toh ada masalah, di dalam email tersebut juga terdapat link untuk mengaktifkan fitur Live Chat, mengirim email, maupun nomor telpon yang bisa dihubungi.
  3. Fitur auto install WordPress yang sangat membantu karena WordPress telah terinstall begitu hosting aktif.
  4. Menggunakan cPanel. Fitur cPanel merupakan fitur pengelolaan hosting yang disukai oleh banyak orang karena kemudahan pakainya.
  5. Menyediakan layanan Lets Encrypt™ SSL.
  6. Akses cepat. Saat melakukan berbagai pengaturan, nyaris tak terasa adanya lag. Jika saat melakukan berbagai pengaturan saja aksesnya relatif cepat, tentunya saat “hanya” diakses saja, aksesnya tentu juga cepat.
  7. Garansi 99.9% uptime.

 

Kemampuan Niagahoster memberikan jaminan dan layanan seperti di atas adalah karena mereka menggunakan Datacenter tier-4 DCI Indonesia.

Meskipun memiliki layanan yang bagus, tidak berarti harga yang dipatok oleh Niagahoster menjadi mahal. Niagahoster ini tergolong hosting murah loh.

Mereka bahkan memberikan diskon hingga 40% dan juga komisi jika berhasil mengajak orang lain menggunakan layanan Niagahoster.

Nah, tunggu apa lagi, segeralah manfaatkan berbagai fitur menarik dan terpercaya dari Niagahoster ini.

Follow me on social media:

4 Comments

Eddy Fahmi · 19/02/2018 at 5:32 am

Saat ini saya pake jasa hosting & domain dari provider lain. Kalo misalnya mau migrasi ke niaga hoster seberapa ribet urusannya? Atau niaga hoster bisa bantu saya melakukan migrasi itu?

    Oom Yahya · 19/02/2018 at 9:17 am

    Biasanya setiap hosting punya tools untuk membantu proses migrasi. Kalau tidak ya pasti ada bagian teknisnya yang siap membantu

maschun · 24/02/2018 at 8:50 pm

wah keren emang niagahoster ini, saya dulu pernah pakai, namun karean tidak ada duit untuk perpanjang, jadi lubet dech

matriphe! personal blog · 13/04/2018 at 5:38 pm

Mencoba Layanan Niagahoster

Pengalaman menggunakan Niagahoster, hosting Indonesia murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.