Blog Oom Yahya

Catatan Usil Yahya Kurniawan

August 13th, 2008

Mitos Seputar Vasektomi

Sharing, by Oom Yahya.

Belakangan ini istilah banyak anak banyak rejeki nampaknya sudah sangat tidak populer. Justru pada jaman modern ini nampaknya banyak anak malah bikin susah. Karena itu banyak keluarga muda yang sekarang ini mengikuti berbagai macam program KB untuk "menghambat" laju pertumbuhan jumlah anak.

Dengan KB, mereka bisa melakukan kegiatan "membikin" anak tanpa harus "menghasilkan" anak. :mrgreen:

Buat mereka yang kelak masih ingin untuk menambah jumlah anak, ada berbagai macam pilihan alat kontrasepsi yang tersedia, mulai dari Kondom, Pil KB, Suntik, Susuk, dan lain-lain. Sedangkan bagi mereka yang sudah tidak ingin menambah jumlah anak atau yang disarankan untuk demikian karena situasi tertentu, ada dua jenis KB yang sebaiknya ditempuh, yaitu Tubektomi dan Vasektomi.

Tubektomi (dilakukan pada wanita) adalah proses pemotongan tuba fallopii sehingga sel telur tidak akan pernah sampai ke rahim. Sedangkan Vasektomi (dilakukan pada pria) adalah proses pemotongan vas deferens sehingga sel sperma tidak dapat menuju ke saluran pengeluaran.

Nah, saat hendak memutuskan untuk mengambil langkah KB permanen ini, biasanya pihak wanita lah yang menjadi "korban" karena mereka yang harus menjalani tubektomi. Padahal proses operasi dan potensi resiko lebih besar. Ini semua terjadi karena budaya patriakal yang begitu dominan ditambah adanya berbagai mitos yang salah seputar vasektomi.

Sebagai orang yang sudah menjalani vasektomi, saya akan berbagai pengalaman saya sekaligus meluruskan mitos-mitos tersebut.

 

1. Vasektomi dilakukan dengan memotong penis.

Wah, ini jelas mitos yang amat sangat menyesatkan. Operasi vasektomi dilakukan hanya dengan sedikit melukai pangkal penis. Bekas lukanya saja hanya sekitar 5 mm.

 

2. Setelah vasektomi, penis tidak dapat berdiri.

Vasektomi bukan kebiri. Jadi para pria sama sekali tidak perlu kuatir karena tidak ada bagian dari kejantanannya yang diambil. Penis Anda tetap berfungsi normal seperti sebelumnya. Bahkan Anda sebenarnya tetap memproduksi sel sperma, hanya saja sel tersebut tidak berhasil menuju ke tempat yang benar karena salurannya sudah dipotong.

 

3. Tidak ada cairan yang keluar saat ejakulasi.

Tentu saja tetap ada cairan yang keluar. Memangnya lalu diganti dengan hembusan angin? :mrgreen: Cairan yang keluar saat ejakulasi itu adalah cairan semen. Sebelum vasektomi, cairan semen itu mengandung sel sperma. Setelah operasi, sel sperma itulah yang hilang dari cairan semen.

 

4. Gairah seks menurun pasca operasi.

Gairah seks tidak menurun pasca operasi. Bahkan saat masih diplesterpun saya sudah punya gairah. :mrgreen: Justru gairah seks bisa jadi malah naik karena sudah tidak punya kekuatiran "menghamili" istri. Saya sendiri merasakan frekuensi dan durasi ML justru meningkat, hehehe.

 

5. Operasi vasektomi adalah pekerjaan yang "berat"

Justru sebaliknya, proses operasi vasektomi cukup ringan dan cepat. Biusnya pun lokal saja. Saya malah bisa pulang dengan nyetir mobil sendiri.

 

Mudah-mudahan tulisan saya ini bermanfaat, terutama bagi para suami yang masih ragu untuk mengambil keputusan vasektomi.

Tulisan terkait mengenai hal ini dari sudut pandang istri saya ada di sini.

Back Top

Responses to “Mitos Seputar Vasektomi”

  1. pertamax.

    ijin save as buat lelaki ku

    semoga nanti dia yg ber-KB, tentu saja setelah setoran anak sudah cukup.

  2. Durasi…..durasi lho meningkat :)

  3. wah tapi saya tetep ngeri lho membayangkan “anu” saya digores dengan pisau bedah…. hiiiii…

  4. trus itu bisa di-”undo” nggak pak?

  5. Bikin anak jalan terusss…rizki tinggal jemput :)

    Tulus Handoko at Reply
  6. Huaduh… ga tega nih :D, serius nih mas sudah vasektomi. Hebat euy. Ngebayangnya aja sampai merinding

  7. jadi issue kalau biji diambil juga salah ya..

  8. #4
    Teorinya sih bisa, dengan menyambung kembali saluran yang diputus. Teknologinya juga sudah bisa. Tapi % keberhasilan kecil

    #8
    Iya, mas, salah itu

  9. membaca ini saya jadi ngilu,,,

  10. hiiii….serem….. mamaaaa….. :D

  11. waduh saya belum nikah jeh :D

  12. ngakak mpe guling2 baca komen nya mas iman….

    wah, 30+ ini artikelnya….

    saya gag mau baca ah…miris

  13. *ngelirik para pria2 itu*

    kenapa sih, pd ketakutan gt ?? trus istrinya yg disuruh berkorban gt ?? ga ngerasain ya, sedari akil baligh same menopouse, yg namanya perempuan itu akrab dg rasa sakit -sakit mens, sakit hamil, sakit melahrkan, sakit meopouse-

    *hihihhi, nyolot*

    udah baca mas., tp td di hape dan pas lg ngisi training gt..eh bs jd artikel terpilih pendukung KB lho^^

    ayo….CA bikin bisnis konsultan seks satu atap…^^

  14. salut pak yahya..
    buat yg takut pisau bedah ada jg vasektomi tanpa pisau..tp utk motong salurannya ya tetep pake yg tajem..bukan gunting rumput :D

  15. woh, ngeriiiii … hahaha

  16. Vasektomi dalam istilah orang dinas KB adalah MOP (MetodeOperasi Pria).

    Dari 100% peserta KB, Pria hanya 6%.

    MOP dilakukan dengan persetujuan Istri.

  17. jah…, sayangnya vasektomi dan tubektomi ndak bisa di-undo. lo pengen punya anak lagi masak harus bayi tabung…?

  18. ada video tutorialnya ndak? tapi bukan video pas operasi.. tapi.. anu.. eehh… ah, sudahlah…

    *beli kondom*

  19. Mega? negoro endi iku?

    saya di MALANG, pak!

  20. #18
    Lha khan memang ditujukan untuk yang sudah ingin KB permanen, kalau belum ya jangan

    #20
    Maklumlah, Zam, pake plugin yang databasenya gratisan :mrgreen:

  21. Gairah seks tidak menurun pasca operasi. Bahkan saat masih diplesterpun saya sudah punya gairah. Justru gairah seks bisa jadi malah naik karena sudah tidak punya kekuatiran “menghamili” istri. Saya sendiri merasakan frekuensi dan durasi ML justru meningkat, hehehe.
    Mesuuummm ;D

  22. “Saya sendiri merasakan frekuensi dan durasi ML justru meningkat, hehehe.

    turut prihatin untuk bu yahya…

  23. [oot]
    @zam: pake indosat ya..safari windows jg kebaca mac.. [sama2 plugin db gratisan pak..]

  24. pak, operasinya di rumah sakit mana ? dengan dokter siapa ? dan biaya berapa ? terima kasih

    hartono at Reply
  25. ni harusnya postingan serius ya…. tp kok saya ga berhenti ketawa ya baca artikel dan komentar2nya yang jahil-jahil…hehe….

  26. Wah. Waktu remaja dulu saya sempet punya cita-cita divasektomi supaya bisa sembarangan buang ingus. Untung kembali ke jalan yang benar dan tetep ingusan.

    Anyway, saya pernah baca bukannya kalo divasektomi akhirnya buah zakar-mugahar (“pemberontak” nge-top itu loo) jadi mati dan jadi kempis mas? Selain takut menyesal pas pingin punya anak lagi, hal ini juga cukup membuat “si badu” jadi ciyut mendengar kata vasektomi mas…

    mohon pencerahannya demi masa depan “sibadu”. salam kenal…

  27. eh boleh tau lebih lanjut gak.. japri dong.
    setauku vasektomi gak musti di “putus” salurannya tetapi cuma diiket saja, sehingga bisa dikembalikan sewaktu-waktu.

  28. gud, gud, gud

    pemuja rahasia at Reply
  29. Takuut…
    Tapi keliatannya asyik tuh…
    Durasi meningkat? Jadi selama ini cuma hitungan detik ya? Trus sekarang jadi menit?

  30. pak, boleh saya minta no.contact bapak..???
    kebetulan saya ditugasi di kuliah saya untuk membahas masalah vasektomi. mungkin bapak bisa dijadikan narasumber.
    balas ke email saya ya pa..

  31. #28 yang di iket itu tubektomi, tul ga pak???

    ADBM Melben at Reply
  32. iyaappphhh.. tengs ya om artikelnya.
    mudah2an papa2 yg baca artikel ini bisa paham pentingnya vasektomi.

  33. kalau udah dirasa cukup dengan jumlah anak yang ada, ini menarik juga untuk dilakukan.. dan tampaknya risikonya sangat kecil…. wahai para mama, berbahagialah..

    btw, kenapa yang beginian namanya vasektomi dan tubektomi? kok berbau orde baru ya..? kenapa gak vasekjoni dan tubekwati? hehehe…. piss….

    pengembara_jiwa at Reply
  34. cma 1 kaya buat pk yahya…SALUT
    smoga pria2 diluar sana sadar jg seperti anda

    sugesti at Reply
  35. Siip tenan.

  36. wuahhhhh…

    two thunbs uP dechh, tP ngilu jg baca ceritanya..
    ayo.. ayo… syapa yang mu ikutan??

    viendys at Reply
  37. Wah…. jadi nambah semangat nih…
    Anakku udah mau 4, bro… sementara hasrat menggebu terus..
    Thanks informasinya.
    Bagus!

  38. boljug tuh biayanya brp seh???

  39. dimana bisa vasektomi, dan berapa biayanya

  40. #39 #40
    Saya divasektomi di RS Bethesda, Jogja. Biayanya sekitar 200rb

  41. saya rasa vasektomi masih bisa di undo ko… kemarin abru aja liat di tipi… wawancara langsung dngan pelakunya.

  42. Hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii…..! ngeri. tar g’ nikmat donk

  43. wahhh saya sie sbnarnya stuju bgt ma vasektomi…
    masa semua hal harus d bebankan ma Wanita mulu…
    Udah hamil,mlahirkan,ikut Kb lagi. (doh)

    ya…ngerasain enaknya sama..
    berkornan dong Untuk KB na.

    (angry)

  44. Maaf bung Yahya… Apakah hal ini seharusnya menjadi kekhawatiran bg kaum wanita, apabila pria yang di vasektomi maka dengan karakter pria yg suka selingkuh jadi sangat aman dan tetap nikmat krn tidak perlu pakai kondom… Tidak ada tuntutan dan barang bukti apapun? Dan bisa membuat para pria selalu bebas dr tanggung jawab, Rasulullah pernah menyampaikan bahwa kita harus mempunyai anak yg bibit bebet bobot yang baik untuk generasi yg berkualitas bgmn ini dikaitkan dengan hidup susah dengan banyak anak sementara kita hidup didunia rejeki semua ada yang mengatur, ada rejeki anak, ada rejeki keluarga… Mohon dibalas, terima kasih

  45. @ Budi:

    ah, kalo selingkuh mah selingkuh aja. gak ada hubungannya dengan vasektomiatau tidak. yang ndak vasektomi aja juga masih bisa selingkuh dengan asyik, dengan cara klokur di lokur, misalnya.. :p

  46. yaaaach…….sekale – kele pria juga hrus ikut dalam program KB donx….????? :p masa cuma perempuan ae yang jadi budak buwat KB, bener gak… :p

  47. mas, masih ada kemungkinan gak, kalo pria yg di vasek semenY masih mengandung sel sperma? alias bikin istriY hamil lagi? blz y coment ini k e-mail

  48. ada yang bs ngasi jwbanny ga neh ma aku??
    klo cowo bijinya diambil satu msi bs pnya ketrunan gak ntarnya?
    and pa ja efek sampingnya klo tinggal satu?

  49. mas penasaran niy…vasektomi msh bisa di undo gak siy…lebih beresiko or lebih mahal gak biayanya??? :-(

  50. weh, info yang menarik … selama ini suami emang ga keberatan di vasektomi, ketimbang saya yg ikut KB (belum nemuin mekanisme KB yang aman buat saya, katanya), tp justru saya yang ketakutan n mikir aneh2 shg memutuskan biar saya aja yg ikutan tubektomi. tp ternyata malah lbh simpel n lbh murah jg ya biayanya, ketimbang yg tubektomi. tp abis itu ga pake acara sakit jg kan? ga tega jg sih hehehe …

  51. NEHI NEHI OSERAAAAMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM!

  52. Betul sekali apa yang diceritakan pak yahya
    begitu pula yang saya rasakan, tidak ada efeknya, lucunya sehabis KB itu, sewaktu di rung ganti baju malah si burungnya bisa langsung berdiri (walaupun hanya sebentar), jadi ya tetep joooooos tenan and good mar so good and top markotop
    buat yang sudah siap, mantapkan langkah kakimu, kalo bisa KB sekarang kenapa mesti besok

  53. Vasektomiku
    sedikit berbagi cerita tentang vasektomi nambahin cerita pak yahya

    setelah mendapat penjelas secara rinci dari dokter
    saya di suruh ganti baju dengan baju seperti operasi, bajunya tipis gitu jadinya burung agak kelihatan maju, kemudian naik meja operasi, kemudian batang penisnya diikat keatas arah pusar (diplester) kemudian sekitar telurnya di bersihkan pakai betadin, kemudian setelah betadin agak kering, dokter bilang maaf ya pak agak sakit dan mules nich sambil meraba-raba saluran spermanya, tau-tau mak encuuuuuuuzzzzzs, sakit banget dan mules di sekitar pangkal penis sebelah kanan, ternyata saluran sperma sebelah kanan sudah di suntik bius, kemudian dokter bilang skali lagi ya pak, setelah kepegang salurannya saya tarik nafas karena sudah tahu rasanya pasti kayak yang pertama, cuuuuuuzzzzzzss, gak kaget lach karena dah tahu, habis itu dah kerasa apa-apa lagi, tahu-tahu istriku yang setia disampingku dipanggil sama dokter, bu ini lo saluran spermanya warnanya putih mengkilat seperti warna bihun dan sebesar pentil, ternyata salurannya sudah dikeluarkan, kemudian di ikat pada 2 sisi kemudian dokter bilang sama istriku “bu saluran spermanya di potong ya” istriku menjawab “ya dok”, hanya istriku bilang didekat telingaku “mas…, saluranya udah di potong kemudian diikat lagi lalu dimasukan kedalam lagi, sekarang tinggal saluran yang sebelahnya”, kok ga terasa apa2 ya kataku, kemudian saluran yang satunya dokter sudah tidak menanyakan lagi sama istriku, ya hanya hitungan 10 menit sudah selesai dan bekas luka hanya di plester saja.

  54. :p (okok) bgs jg ulasannya bg para pria yg sadar ya mbok gantian kalau anaknya udah cukup (blush)

  55. Pingback:Ketika Gairah Ngeblog Menghilang « FromTo: gRy

  56. Pak yahya… Itu operasinya ke dokter apa yaa… Apa lsg bilang mau vasektomi… Klo datang tanpa istri apa boleh…

    Babenya anak2 at Reply
  57. Pa Yahya,ayah saya sudah lama divasektomi.mungkin sewaktu saya berumur 14 thn.Sekarang saya berumur 30th.Awalnya saya malu untuk mencari informasi seputar vasektomi tapi setelah saya baca informasi yg bapak berikan,akhirnya lega juga rasanya.jujur saja pa,awalnya saya khawatir dan beranggapan yg bukan2 mengenai vasektomi.Dulu saya beranggapan vasektomi sama dgn dikebiri,jd saya mrasa kasian gitu sama ayah saya.

    elis supraptini at Reply
  58. klo kb vasektomi aq pkir akn lbih baik krna tdk akn ad kkwatiran u tancap trus. Wa hebt ya.

  59. mau sihh,tapi tak tega rasanya (hungry) (banana_ninja)

  60. :-( :-( (hungry) (hungry) (hungry) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (smileydance) (smileydance) (taser) (taser) (taser) (tears) (muscle) (muscle) (muscle) (annoyed) (annoyed) (annoyed) (beer) (beer) (biyayakan) (angry) (angry) (rock) :( 8-)

    grissamosir at Reply
  61. (brokenheart) (gym) (gym) (gym) (fish_hit) (lmao) (rock) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (rofl) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (idiot) (kepruk) (kepruk) (kepruk) (drinking) (drinking) (drinking) (drinking) (drinking) (drinking) (drinking) (drinking) (drinking) (doh) (doh) (doh) (banana_ninja) (banana_ninja) (banana_ninja) (banana_rock) (banana_rock) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (banana_cool) (banana_ninja) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (banana_cool) (banana_ninja) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (banana_cool) (banana_ninja) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (banana_ninja) (banana_rock) (fish_hit) (fish_hit)

    grissamosir at Reply
  62. Vasectomy is a process through which birth can be controlled. Vasectomy is basically a method which is meant for the male generation. Vasectomy is in fact, a minor form of operation but it needs the doctor’s advice for whoever wants o undergo the operation. Vasectomy is a form of male process of sterilization. Through Vasectomy, the vas deferens of the males is removed through a simple form of surgery. Vasectomy however does not engross the total removal of the male testicles. Moreover Vasectomy also does not any how affect the sex hormones production in the males and neither the secretion of the hormones to the bloodstream is affected. Sexual life is not in any way found to get affected by Vasectomy. Normal erection of the penis and normal ejaculation is experienced by the males even after the Vasectomy. So there is not any sexual risk factor involved in respect of Vasectomy. A male experiences the normal sexual desire even after Vasectomy.

    After the Vasectomy is performed, the male sperm no longer finds its outlet to the penis as they get already broken down and gets absorbed in different parts of the body. Vasectomy takes only a very short span of time to be performed. After it is operation is over, the operated patient after resting for only half an hour can return back home. Vasectomy is generally performed by giving local anesthesia to the patient concerned.

    Vasectomy side effects though are common but are rare and can be appropriately diagnosed. Vasectomy leads to certain side effects. Pain is a very common vasectomy side effect. The pain which is associated with vasectomy practically declines after a week. Swelling of the testicle areas which occur after a week of vasectomy is another vasectomy side effect. Abscesses are yet another vasectomy side effect which leads to infection but can be virtually treated with antibiotics. Erectile Dysfunction (ED) is also a vasectomy side effect. Erectile Dysfunction (ED) leads to the declination of sexual contentment and satisfaction but it is only very much temporary.

    Though the symptoms of vasectomy are rare it needs quick medical recommendations. Vasectomy side effects are thus very common but can be revealed and overcome with proper diagnosis. There are certain complications which are quite major in its aspects and often lead to certain infections. Staining, bruising, swelling and a certain amount of redness are quite common. It is however necessary to be estimated here that though the symptoms might be minor, it requires relevant medical advice.

  63. lots of guys are saying that vasectomy is better than ragging yourself up in he middle of the thing going on just to put a condom, worst is you have to step down the building head on to the nearest convenience store while you are in heat!

  64. terimasih infonya

  65. hmm, tentunya tergantung komitmen suami istri yang bersangkutan. Saya vasektomi justru karena mencintai istri saya yang sudah 2 kali cesar. Operasi ketiga bisa berdampak buruk untuk kesehatannya. Kalo istri saya yang disuruh KB, yang cocok pake pil. Terapi hormonal dengan pil dalam jangka panjang juga kurang baik. Karena itu saya memutuskan untuk vasektomi, dan istri saya bangga dengan keputusan itu.
    Kalau ada laki2 yang kemudian gemar selingkuh karena vasektomi, berarti perlu dipentung (idiot) (kepruk)

  66. Biji tinggal satu? Bisa kok punya anak. Bapak saya karena sakit atau kecelakaan gitu saya lupa, bijinya tinggal satu. Nyatanya saya lahir juga :mrgreen:

  67. Vasektomi bisa sih di undo, tapi tingkat keberhasilan kurang, kalau tidak salah hanya sekitar 40%.
    Biaya gak mahal2 amat kok, 200rb an.

  68. Waktu itu saya bersama istri habis konsultasi ke dokter kandungannya istri saya.
    Kalo tidak bersama istri, barangkali mungkin bisa ke dokter bedah atau tanyakan saja ke RS langganan Adna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *