Blog Oom Yahya

Catatan Usil Yahya Kurniawan

Perpanjangan SIM di Layanan SIM Keliling

Kemarin di timeline Twitter saya, ada yang menanyakan tentang jadwal SIM Keliling di Yogyakarta. Saya sedikit tersentak dan segera melihat tanggal kadaluarsa SIM saya. Dan ternyata memang SIM C saya habis masa berlakunya tanggal 7 Maret 2012 ini. *ups, ketahuan* (hassle)

Saya segera mencari informasi tentang layanan SIM Keliling Yogyakarta dan mendapati jadwalnya sebagai berikut:

  • Senin dan Selasa di KB Gembiraloka
  • Rabu dan Jumat di Purawisata
  • Kamis di Pakualaman

Karena kemarin hari Senin, berarti lokasi SIM Keliling ada di KB Gembiraloka. Kebetulan KB Gembiraloka jaraknya relatif tidak terlalu jauh dari Gayam, lokasi sekolah anak saya. Jadi habis jemput anak saya pulang sekolah, saya segera menuju ke Gembiraloka.

Truk yang melayani SIM Keliling tersebut parkir di dekat jembatan sungai Gajah Wong di sebelah utara KB Gembira Loka. Segera saya memarkir motor dan menuju ke “loket” pendaftaran.

Di loket pendaftaran yang sejatinya hanya sebuah meja, saya mendaftarkan diri dengan menunjukkan KTP yang masih berlaku (tentu harus KTP wilayah Kotamadya Yogyakarta) dan SIM C yang hampir hampis masa berlakunya, beserta foto kopi masing-masing dua buah. Biaya yang dipungut adalah Rp 75.000,-

Setelah itu saya mendapatkan nomor antrian. Hari itu ternyata antrian cukup panjang, saya mendapatkan nomor 73 dan saat itu yang sedang diproses adalah nomor 56. (doh)

Yang membuat kurang nyaman, kursi yang tersedia untuk menunggu jumlahnya cuma sekitar 5 saja. Jadilah sisa orang yang mengantri berdiri atau duduk seadanya, di trotoar misalnya. Masih ditambah lagi suara generator listrik yang memekakkan telinga.

Untunglah, entah apa sebabnya, tidak ada orang yang menampilkan batang hidungnya ketika nomor antrian 63 hingga 68 dipanggil. Jadi lumayan memangkas waktu. Tepat 50 menit saya menunggu, akhirnya dipanggil juga.

Di dalam truk, prosedur yang dijalani adalah pemeriksaan kesehatan yang dipungut biaya Rp 20.000,- dan akhirnya pengisian data, lalu difoto. Dalam waktu beberapa detik saja, SIM baru sudah tercetak. SIM baru tersebut kemudian diberi dompet yang berharga Rp 5.000,-. Jadi total biaya perpanjangan SIM C adalah Rp 100.000,-.

Yang sempat kepikir, kok datanya diinputkan lagi, kok gak mengunduh saja dari database. Jadi sepertinya komputer yang digunakan di layanan SIM Keliling tersebut tidak online dengan server. Entahlah, mungkin ada mekanisme sinkronisasi data yang akan dilakukan secara berkala antara komputer yang digunakan di SIM Keliling tersebut dengan server.

Ah, buat apa mikir berat-berat, toh selama ini layanan itu sudah jalan dengan baik, bukan?

Yang penting SIM C saya juga sudah diperpanjang masa berlakunya. (dance)

26 Responses to Perpanjangan SIM di Layanan SIM Keliling

  1. waktu saya perpanjangan SIM, input data itu lebih ke verifikasi data sih oom.. karena ditakutkan ada alamat yang pindah — macam saya yang pindah alamat, sehingga SIM A-nya pun belom diperpanjang *pembenaran*

    anyway, sebenernya komputer mereka udah online kok. ketauannya waktu saya bayar pajak taunan dari STNK. kalo komputernya offline, otomatis layanan pun dihentikan dan baru layanin lagi kalo udah online.

    #bukankomenberbayar

    • Oom Yahya says:

      Kamu perpanjangan di kantor atau di SIM Keliling? Kalau di kantor memang sudah online, tinggal verifikasi aja, tapi kemarin betul-betul membuka form kosong dan diisi lagi, mulai dari nama, alamat, tanggal lahir, dan seterusnya

  2. sabaiX says:

    Minggu lalu aku perpanjang SIM A di kios yg di Blok M Square, Jaksel. Ini kios kecil banget, tapi permanen di basement mall jadi mungkin bisa online ya, tapi tetap harus ngisi formulir lagi.

    Antrian hanya 1 orang jadi total selesai dalam 10 menit :)

  3. Waaah, kalau SIM berakhir 7 maret, berati selamat ulang tahun Oom, semoga panjang umur dan sehat selalu.

  4. sumirat says:

    kalo mau perpanjang di jogja dari provinsi lain bisa ga yah? soalnya saya dari luar jogja

  5. fairyteeth says:

    jadi ngecek ktp, sim juga gara2 baca postingan ini…

    untung ternyata masih tahun depan habisnya :lol:

  6. lindaleenk says:

    selalu perpanjangan di samsat nya sih 8|
    ga pernah ke sim keliling.. *ga pernah tau jadwalnya*

  7. vie says:

    jam nya oom…dari jam brapa mpe jam brapa ya layanan SIm kelilingnya ituw…trimz :))

  8. ari says:

    om mau tanya nih
    perpanjangan sim untuk luar pulau ko kagak dilayani yah…?
    malah disuruh ngurus sendiri katanya..
    masa ane kudu balik dulu kekalimantan…?
    yang bener aje masa ngurusin SIM aje sampe 2 juta lebih kalo harus bolak balik kalimantan jogya…
    mohon masukannya om…
    thanks before

    • Oom Yahya says:

      Wah, kalau soal itu saya ndak tau. Namanya juga aturan, ya mau ndak mau memang harus diikuti.

  9. maseko says:

    kebetulan! saya juga baru inget kalo ternyata sim A saya udah habis masa berlakunya tanggal 6 maret kemarin :( kalo telat hampir 2 bulan gini kena denda nggak ya??? abis lupa sih :(

  10. harry says:

    klo aku biasanya di Amplaz (Ambarukmo Plaza) bs skalian traktir kel. klo pas SIM ultah hehehe…

  11. Kris says:

    Saya SIM C ternyata sudah mati sejak 17 Maret lalu.
    Bisa gak ya? Atau ada denda berapa ya…?

  12. braun says:

    SIM masih bisa diperpanjang asal mati belum setahun yang lalu. Pengalaman tahun kemarin gara2 SIM A saya mati lewat setahun jadi harus ujian lagi dari awal. Jadi tahu klo lima tahun berlalu SDM polisi sedikit lebih baik. Dulu yang nguji gendut dan ngasih ujian dia sendiri gak mau (gak bisa nyelesain) udah gitu mobil ujian suruh bawa sendiri (LHA… kan saya belum punya SIM masak suruh bawa mobil). Yang kemarin pengujinya masih muda dan memberi contoh cara selesaikan ujian. Udah gitu mobil bwt test disediain APV masih jreng…

  13. braun says:

    Tambahan bro…. dompet yang seharga Rp. 5000 itu gak usah dibeli. Termasuk praktek korupsi. Klo mau diusut lagi pemeriksaan kesehatan Rp. 20.000 itu dilakukan oleh dokter atw bukan. yang jelas kita berharap polisi benar2 profesional, udah digaji jangan ngobyek. klo merasa gaji kurang keluar aja jadi pengusaha.

  14. Agus says:

    Setelah baca info SIM Keliling di Blog Om Yahya saya langsung ngacir ke Purawisata tgl14 September 2012 beberapa menit yang lalu karena memang SIM saya habis bulan April yg lalu. Setelah sampai di lokasi Alkhamdulillah dalam waktu +- 5 menit sudah selesai dengan biaya untuk SIM C Rp. 100.000. Bagi rekan-2 yg kebetulan SIMnya dah habis/telat sptnya tdk ada denda keterlambatan (tapi tdk tahu jk sudah lebih dari 1 th).

  15. syahli says:

    Kalau sim udah mati lama kira2 6 bulan bisa kagak tuh mas perpanjangan di sim corner?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>