Blog Oom Yahya

Catatan Usil Yahya Kurniawan

Bikin Sendiri Tombol Start di Windows 8

Seperti sudah mulai diketahui banyak orang, tombol Start di Windows 8 sekarang sudah tidak ada lagi. Start menu sekarang digantikan oleh halaman Start. Untuk menuju ke halaman Start tersebut, bisa digunakan Charm Bar yang ada di sisi kanan layar atau menekan tombol Win di keyboard.

Tapi ternyata tak sedikit yang “rindu” terhadap tombol Start ini. Maklum, sudah kebiasaan sejak zaman bahuela.  :mrgreen:

Dengan sedikit utak-atik, bisa kok tombol Start dimunculkan lagi. Tentunya yang akan muncul bukan menu Start tapi dengan mengklik/tap tombol tersebut, daftar aplikasi yang ada di Windows 8 akan ditampilkan.

Beginilah caranya:

  1. Di Desktop, buka File Explorer dan buka library Document atau lokasi lain yang biasa Anda gunakan.
  2. Klik-kanan pada area kosong di dalam File Explorer dan pilih menu New > Shortcut.
  3. Pada bagian Type the location of the item masukkan teks berikut: explorer.exe shell:::{2559a1f8-21d7-11d4-bdaf-00c04f60b9f0}
  4. Klik Next.
  5. Pada bagian Type a name for this shortcut, masukkan nama shortcut tersebut, bebas sesuai selera, misalnya Start. Klik Finish.

Sampai di sini terciptalah sebuah file Shortcut bernama Start. Namun ikon file tersebut menggunakan ikon standar yang kurang menarik dan jelas tidak sama dengan ikon tombol Start. Karena itu, unduhlah ikon yang serupa dengan ikon tombol Start di sini atau di sini. Unduhlah yang memiliki format ICO.

Langkah untuk mengganti ikon file shortcut tadi adalah sebagai berikut:

  1. Klik-kanan file shortcut yang dihasilkan dan pilih Properties.
  2. Pada tab Shortcut, klik tombol Change Icon.
  3. Klik tombol Browse dan carilah ikon yang sudah diunduh tadi.
  4. Klik OK.

Setelah ikon berhasil diganti, klik-kanan lagi file tersebut dan pilih menu Pin to Taskbar. Setelah “nempel” di Taskbar, tarik ke posisi paling kiri, tempat di mana biasanya ada tombol Start.

Start Button Windows 8

Naaaah, sekarang di Windows 8 sudah ada tombol Start yang bisa digunakan untuk menampilkan daftar aplikasi. (dance)

9 Responses to Bikin Sendiri Tombol Start di Windows 8

  1. Sejak terbiasa pake laptop yang ada tombol WIN atau logo Windows-nya, saya malah udah cukup lama ga langsung klik tombol Start — kecuali kalo lagi butuh buat explore/manage device gitu.

  2. Penasaran sama windows 8,sampai sekarang belum pernah lihat secara langsung.

  3. aad says:

    Barusan dipraktekin, lumayan praktis tapi ttp kangen sama start menu klasik yg lebih “mouse friendly”

  4. rusyiam says:

    kalo membuat shortcut di dekstop untuk start screennya gimana. (kalo shortcut tersebut di klik langsung menuju start screen).

  5. rusyiam says:

    mau dimasukan ke rocketdock. kebetulan sekarang udah ketemu caranya. kemaren pakai autohotkey.

  6. Anonim says:

    Min, kalau mau kaya gini, gimaana, begitu klik start di dekstop, akan sama kaya kita mencet tombol windows ? bukan daftar aplikasi.
    Makasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>