Blog Oom Yahya

Catatan Usil Yahya Kurniawan

Pengalaman Menggunakan ASUS FonePad

Sudah sekitar dua minggu saya mengeksplor gadget baru saya yang keren ini. Dan sesuai janji saya sebelumnya, saya akan bagikan pengalaman penggunaannya.

Satu hal yang sudah pasti, kebutuhan saya akan sebuah gadget yang mampu menunjang pekerjaan saya terpenuhi. Saya dengan mudah mengakses internet melalui jaringan 3G karena ASUS FonePad diperlengkapi dengan slot SIM Card. Jadi untuk mengirim email, membuat catatan pendek, facebook-an, dan ngetwit (yang dua terakhir ini termasuk pekerjaan, bukan? :mrgreen: ) bisa saya lakukan dengan mudah.

Layarnya yang besar dan terang membuatnya nyaman bagi mata saya, sehingga kebutuhan saya akan kacamata baca bisa ditunda dulu. (upss)

Karena bisa internetan dengan jaringan 3G, maka bisa dipastikan pula FonePad dapat dipergunakan untuk menelpon. Kalo saja gak mikir soal pulsa, bisa gak berhenti-berhenti telpon-telponan karena menelpon dengan FonePad sangat nyaman. Soalnya FonePad diperlengkapi dengan dual-mic dan fitur noise-cancelling yang mereduksi suara kebisingan di latar belakang dan membuat komunikasi telepon lebih jelas.

OS yang digunakan adalah Jelly Bean yang sudah terbukti kehandalan dan kemudahan pakainya. Berbagai aplikasi yang saya butuhkan bisa diinstall dengan mudah. Apalagi “dapur pacu”-nya diisi oleh Intel, jadi semua aplikasi tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Soal kapasitas ruang simpan, FonePad saya diperlengkapi dengan memori sebesar 8 GB. Namun setelah dikurangi oleh sistem dan berbagai aplikasi bawaan, sisanya tinggal 3 GB. Bagi saya itu tidak terlalu menjadi masalah karena saya jarang foto-foto dan dokumen yang saya perlukan biasanya langsung saya simpan di layanan cloud. Tapi jika Anda membutuhkan ruang simpan tambahan, silakan menambah sendiri melalui kartu MicroSD. FonePad mendukung kapasitas MicroSD hingga 32 GB.

Oh ya, omong-omong layanan cloud, ASUS juga memiliki layanan cloud loh, namanya ASUS Webstorage. Di FonePad ini aplikasinya sudah ada, tinggal diaktifkan dan register saja, kita sudah dapat ruang sebesar 5 GB. Lumayan banget itu.

Keyboard virtual yang tersedia juga cukup nyaman karena tiap tombol ukurannya relatif lebar sehingga mengurangi typo.

Kameranya meski bukan kualitas super, namun cukuplah bila sekadar digunakan untuk berbagi foto atau dokumentasi pribadi. Contoh hasil jepretan kamera FonePad terlihat di bawah ini:

Jpeg

 

Itu buah markisa yang tumbuh di halaman rumah saya. :mrgreen:

Build quality casing FonePad juga benar-benar perfect dan berkesan mewah. Cuma agak sedikit licin jadi kita mesti hati-hati memegangnya.

Satu lagi, BBM for Android di tablet ini juga gak bikin boros seperti berita-berita miring yang muncul belakangan ini.

Nah, kalo boleh saya simpulkan, FonePad ini benar-benar memuaskan dan worth every penny you spent.

 

UPDATE.

Berhubung cukup banyak yang tertarik dengan FonePad dan bertanya ke saya, baik secara online maupun offline, berikut saya sampaikan informasi tambahan mengenai FonePad berdasarkan pertanyaan-pertanyaan itu:

 

Tanya: Baterai tahan berapa lama dan ngechargenya berapa lama?

Jawab: Baterai bisa tahan sekitar 1.5 hari asal tidak disiksa (evil_grin) artinya pemakaiannya normal-normal saja, untuk browsing, balas email, ngetwit, dan lain-lain. Tapi kalo ngegame terus-terusan ya gak sampai seharian penuh sudah kudu dicharge lagi. Waktu untuk ngecharge bila daya sudah kurang daripada 10% hingga penuh sekitar 2 jam.

 

Tanya: Bagaimana tingkat terang layar saat digunakan di outdoor?

Jawab: Tingkat terang cukup baik, cuma kacanya yang bening kadang memantulkan cahaya. Lha gimana lagi, bening sih (blush)

 

Tanya: Bagaimana hasil foto bila ruangan agak gelap?

Jawab: Karena tidak diperlengkapi blitz, hasilnya kurang bagus. Berikut adalah contoh foto objek yang sama (botol) dalam keadaan terang, agak gelap, dan gelap.

Botol-Terang Botol-Agak Terang Botol-gelap

 

Tanya: Bagaimana hasil benchmarknya?

Jawab: Jujur saja saya belum pernah melakukan benchmark, hehe. :mrgreen: Mungkin artikel ini bisa membantu.

132 Responses to Pengalaman Menggunakan ASUS FonePad

  1. GoldPocket says:

    Halo oom Yahya.. Another verry good review. Itu tadi katanya keasyikan nelepon karnanyaman.. Apa jangan2 keasyikan nelepon nonik sampai kehabisan pulsa ya.. Wkwkwkwkwk…

    • Oom Yahya says:

      Tengkiuh, Om.
      Hush, omongan tentang nonik jangan dibawa ke sini dong (doh)

      • astoe says:

        Asus fonepad 7 sy kalau dicas selalu nyala pd hal sdh sy showdown? Settingan sdh sy coba apa ada yg perlu sy setting lagi..Minta petunjuknya..Makasih

      • ray says:

        Om fonepade sy mati krna khabisan batre,,stelah sy cas fia hdp tapi trasa kayak tak setahan sperti biasa batre nya
        Gmna tu om??

    • hulag says:

      Om ini ane beli fonepad 8 ,,bru 3 minggu lyarnya burem and garis2,,pi pas di tombol kunci ,,blik semula or normal ,,pmkainya normal and g pernah jatuh ,,knpa ya om ?kok bisa gitu ,,apa klo di claim ,,hp saya di ganti baru ,,masih garansi om punya saya,,

  2. VanzMatic says:

    Hallo om Yahya..
    Pic dong.. pic…

    Gambar detail penampakan barangnya dong om, baik saat layar off maupun saat nyala, dan kalau bisa shoot layar saat menjalankan aplikasi tertentu.

    Lebih jos gandhos kalao om Yahya bisa tampilin benchmark nya..

  3. sandalian says:

    Itu markisa yang kecut ya Mas?
    Saya paling seneng minum Sprite yang dicampur dengan markisa kecut, rasanya suegar!

    *salah fokus*

  4. giewahyudi says:

    Iya ini yang pernah aku baca dulu. Memori internalnya Asus Fonepad ini memang kecil tapi Asus menawarkan semacam cloud computing bernama Asus Webstorage, jadi ga ragu lagi deh soal simpan menyimpan.. (emang koperasi) :D

  5. annosmile says:

    mana wujud hengpon nya omm…penasarannya ujudnya..
    btw knapa ga direview kemampuan kamera pada kondisi gelap terang biasanya jadi perbandingan hehe :D

  6. didut says:

    saya sudah beralih dr tablet ke yg kecil lagi, untuk kamera keknya memang hrs pake apps yg oke om biar hasilnya maknyus ^^

  7. uun says:

    Gara gara om yahya akhirnya beli fonepad :)

  8. ridwan says:

    Kalau soal harga update berapa donk om…

  9. Swastika says:

    Asus Fonepadnya kok nggak ditampilin (lagi) wujudnya Om? Kan saya pengin liat seberapa pas gadget ini dipegang tangan, biar nggak gampang slip.

  10. layanan cloud asus itu bisa dipake paralel sama google drive ga ya om? maksudnya, duplikasi gitu, buat backup..

    • Oom Yahya says:

      Wah, saya belum sempat nyoba sampai ke situ Bill. Ntar ya mudah2an sempat saya coba :D

      • Mahesh says:

        they have to work on getting a bteter battery life. i dont want to get a larger battery pack. That would just make it bulky. its not worth getting it if its going to be some big ass machine.

  11. ryan_oke says:

    BBM-an yuk, Oom.

  12. venus says:

    owalah. ini hape toh? tak kiro laptop ik :))

  13. lindaleenk says:

    Baru mau nanya bentukannya kayak apa, segede apa..
    Tyt mbak sabai udh nanya duluan :lol:
    *ke postingan satunya*

  14. anderson says:

    mas , asus webSTORAGE ntu koq gak ada ya ?. saya br beli 2 hari lalu tolong bantu pencerahan nya. Thx

  15. Oz says:

    om, klo mw pasang simcard dari yang sudah ada (yang bukan micro-sim) itu gimana ya?
    makasi om

    • Oom Yahya says:

      Bawa saja SIM Cardnya ke reparasi HP atau toko HP, kalau ragu malahan bawa ke kantor operatornya. Mereka punya kok alat yg bisa memotong SIM Card biasa menjadi micro-SIM

  16. Chandra Iman says:

    wah thanks reviewnya, asus brand yang sudah lama saya pakai sejak jaman motherboard :) jadi pengen juga nih beli fonepad nya :)

  17. Ian says:

    sipp…infox bagus, apalg kbetulan sy pke asus fonepad jg, cm mau tax..anti virus yg bgus dn co2k buat asus fonepad ap yh mnurut agan, soalx prnh kejadian, file foto yg prnh sy hapus kok msh ad tp letakx beda, ap ad recycle bin-nya jg kyk d PC ? tlng pncerahanx yh.. suwun..

  18. hendrawan says:

    setelah banyak membaca keunggulan dan kekurangan dari berbagai tablet, sepertinya asus type ini bagus untuk di miliki, selain dari harganya juga murah, fitur2nya pun juga sudah baik. tks infonya

  19. afif says:

    om….hasil jepretan kamera Asus phonepad saya kok buram ya…apa emang cacat dari pabrik nya ya…karena saya tdk sempat cek kamera pas saya beli…
    trus di mesinya kok bersuara krek krek krek kalau di buka suatu aplikasi,terutama pas buka kamera…thank

  20. asri says:

    Apakah aplikasi bbm bisa dipake di fonepad?di play store kok ga support

  21. asri says:

    ada linknya kah?

  22. Tracy says:

    Tq sdh berbagi om, belakangan ini sy sedang cari referensi tablet “keren” (penampilan ok, lancar dan harga murah, bisa bbm juga) setelah baca artikel ini, kayaknya Asus Fonepad ok juga yaa…heheh

  23. asri says:

    om yahya, mau tanya lagi neh.fonepad kan menggunakan 2 sim neh.dua-duanya juga bisa dibuat utk data.apakah ada perbedaan support sinyalnya utk 2 sim ini?makasih om

    • Oom Yahya says:

      Itu yang Fonepad 7, kalau Fonepad saja tanpa ada embel2 angka 7 bukan dual SIM. Yang punya saya yang Fonepad, jadi cuma single SIM.
      Cuma setahu saya dua2nya bisa dipakai untuk data kok

  24. tom says:

    Om..untuk sinyal edge,tablet ini mampu ga buat ngebrowsing ?thx atas infonyaa..

  25. faris says:

    om, mau tanya, pernah ada pengalaman volume speaker jadi kecil nggak?

    punya saya biasanya volume nggak sampai setengah udah kenceng sekarang jadi kecil banget…terimakasih

  26. iis says:

    om tolong bantu dunk…saya baru 1 minggu pake asus fonepad 7 tpi knp pas lagi maen games malah eror tampilannya langsung berubah dan diam saja tidak bisa di matiin dan tidak bisa tampilan menu nya.knp yah om.tolong penncerahannya om

  27. mashuririo says:

    thank om yahya aku kini dapat pencerahan

  28. astoe says:

    Asus fonepad 7 sy kalau dicas selalu nyala pd hal sdh sy showdown? Settingan sdh sy coba apa ada yg perlu sy setting lagi..Minta petunjuknya..Makasih

    • Oom Yahya says:

      Hampir semua gadget modern itu kalau dicharge justru nyala sendiri kok. Tenang saja, gak ada yg salah sama fonepad Anda.

  29. astoe says:

    Sy takut fonepad sy yg eror. Soalnya punya temen bisa showdown pd saat dicas, dan settingan sdh sama persis.

  30. Elvin Lucano Tanujaya says:

    Mau nanya donk agan2 sekalian..
    Bagaimana caranya menyalakan kembali asus fonepad yang kehabisan daya baterai..
    Ini saya sudah ngecas 4 jam.. Tp blm nyala2 lg..
    Mohob pentunjuknyad donk agan2 sekalian..
    Thank’s

  31. amirun says:

    Saya ingin minta pandangan mengenai tablet..
    Saya ingin beli tablet tetapi saya keliru…
    Saya ingin minta pandangan mengenai adakah saya patut beli ponepad7 me170cg atau galaxy tab3…
    Mohon penjelasan ya..terima kasih..;-)

    • Oom Yahya says:

      Memori serta kapasitas simpan lebih besar tab3. Kalau itu yg Anda butuhkan, ya go for tab3. Yang lain bisa dibilang imbang antara keduanya

  32. trie says:

    kalo mau beli carger ori nya di jakarta selatan dimana om,kalo pake carger tablet merek lain bagusnya carger apa yg cocok? soalnya saya carger pake carger2 di rumah, pada lama ngisinya 24jam baru penuh.

  33. Afall Fatkurrobbani says:

    Om cara menggunakanjari tan cdma saja gmana biar data selulernya konstan tdk berubah ubah

  34. Afall Fatkurrobbani says:

    Om cara merubah setingan cdma saja gmana? biar data selulernya konstan tdk berubah ubah

  35. bagus putera satrio says:

    Dear Om yahya

    Om Asus Fonepad saya kok gak bisa Donwload BBM ya disitunya tertera “tidak compatible” gimana cara nya ya om?
    terus volume nya juga kurang keras om klo lagi dengerin lagu gk maksimal gak kaya speaker Samsung.

    tks

    • Oom Yahya says:

      BBM harus diinstal dari APKnya. Googling aja untuk mendapatkan APK versi terbaru.
      Soal volume, ya itu masalah hardware, mau gimana lagi

  36. Souvanny says:

    Hallo saya mau nanya.Saya pakai tab Asus fonepad 7. saat saya mau meng -Srenshoot, tapi gagal malah “Matikan daya sedang memuat” kaya hp yg lagi mau dimatiin.. tpi hp nya ga matimati dan gitu terus kaya semacam nge hang….. Lalu harus diapain ya? Klo tau tolong di jawab trimakasih :)

    • Oom Yahya says:

      Kemungkinan besar baterainya sudah hampir habis. Coba kalau ambil screenshot dalam keadaan baterai penuh.
      Jangan lupa update firmwarenya juga ya.
      BTW, punya saya itu Fonepad doang, tanpa angka 7, jadi beda spesifikasi

  37. krisn bayu says:

    dear om yahya

    mau tanya ini kok fonepad saya ngejreng lama but, padahal masih baru, ini untuk ngecas perlu waktu 4-5 jam dari 10% smpai penuh
    thanks

  38. Rudi says:

    tolong info donk, kok asus fonefad 7 punya ku, sering restart sendiri. terus terakhir restart sudah tidak mau mneyala,,cuma loading saja.

  39. aisa karima says:

    mau tanya , asus fonepad7 kalau di ces kok ga namabah nambah daya nya. padahal ngeces dari jam8 malam smpai jam 8 pagi belum penuh penuh, padahal sudah memakai charger yg ori
    makasih .mhn jwabannya

    • Oom Yahya says:

      Coba update firmwarenya, bila perlu reset factory. Kalau masih tidak bisa, terpaksa bawa ke service centre

  40. ahmad says:

    Saya baru beli fonepad om, mau ngasih review tambahan tentang benchmark. Antutu benchmark until versi me372cg dgn procie 1,6 hasilnya 21800an

  41. Dbanding dengan teman2nya d kelas harga yang sama. Saya kira asus fonepad lbih unggul gan, lebih lagi dia bisa update k os andro kitkat.

  42. ninuk says:

    Saya mau tanya om yahya, boleh?
    Saya baru beli tab asus fonepad 7, sebaiknya langsung dipakai atau di charge dulu selama 8 jam. Kalau dipanduan sih disuruh charge dulu, tapi tab ini kan pake baterai jenis Li-po yang bisa lansung dipake? Mohon pencerahanya.

    • Oom Yahya says:

      Iya, saya juga rada heran dengan buku petunjuk Asus.
      Langsung dipakai gpp, lalu ngechargenya juga gak perlu 8 jam, sampai penuh saja

  43. ninuk says:

    Ok trima kasih infonya, o y satu lagi kalau waktu yang dbutuhkan untuk charge dari 10% sampai full sekitar 4 jaman normal kah? Dan tahan sampai 1 harian?

  44. ninuk says:

    Ok trma kasih pencerahanya :-)

  45. yasin says:

    Om yahya saya mau nanya dong, cara buka sim card gimana? Saya teken malah kedalam ga balik lagi. Biasanya kan balik lagi sama kaya memory card. Golongan dong om:’-(

  46. yasin says:

    Tolongin om maksudnya *typo hehe

  47. Pingback: Casing Asus Fonepad 8 - Casing Murah Meriah

  48. imelda says:

    mlm om , saya baru beli hp asus fonepad 7 , saya bingung mengorasikan’y dan tolong rincin cara downlod BBM nya…?

  49. afandi says:

    om yahya saya mau tanya.. ini knp fonepad 7 saya kok cuman keluar sinyal e aja, pdhal spesifikasinya udah tertera 3g hsdpa.. saya udh coba untuk ketik *#*#4636#*#* tapi untuk pilihan pengaturan telepon tidak muncul,. mohon pencerahannya

  50. indah says:

    Klo pakai fonepad pemakaian internetnya gmn cpet gk ? KLo dibanding dg samsung tab.3 gmn ? Bbm jg biar cpet…

    • Oom Yahya says:

      Kalo internet gak ada hubungannya sama tabletnya tapi operatornya. Mau tablet mahal kalo kebetulan pas sinyal operator jelek ya percuma, internet akan lelet

  51. sherine says:

    saya beli asus fonepad7 (FE170CG) sekitar 3 bulan lalu, pertama2 oke banget pake nya, tapi lama2 lemot abis deh, bingung mesti diapain lagi, system selalu update, saya sampe nginstal clean master buat blean junk ama boosting, tapi tetep aja lemot nya aujubilah, mesti diapain ya enaknya? mohon pencerahannya dong? thank you

    • Oom Yahya says:

      Aplikasi yang diinstal apa aja?
      Kalau aplikasinya banyak yg memakan resource ya lemot.
      Coba kalo perlu direset factory, trus install aplikasi yang benar2 dibutuhkan saja

  52. nufi says:

    sya pengen penglaman tntang fonepad ni om. Sy pngen punya tablet yang bsa menuhin sgala kbtuhn sy om. N sy fqr fonepad ni yg pas buat bntu sy dlm ngrjakan tugas-tugas kuliah sy om. Trus gmna y om, cra menulis dokumen di tablet ni? Smpean prnah ngetik atau nerjakan tugas-tugas smpean di tablet ni g’ om? Terimakasih

  53. novi says:

    asus fonepad 7 suami sy hbs di cas full di nyalain lg loding trs (hang) uda di tnggu tp ttp loding aj knp ya uda 2jm ttp g brbh??suami sk ngegame bkn oferdosis.kdg ngegame smbl di cas.tlg dong.

    • Oom Yahya says:

      Coba dilakukan reset factory. Saya ada tutorial reset factory di blog ini. Meski tutorialnya menggunakan zenfone, saya pikir tidak beda jauh.
      Saran saya, kalau saat dicharge jangan sambil dipakai

  54. novhie says:

    Om yahya saya pake hp fonfage 7 , saya biasa mengecas 5 jam , tapi udah 2 hari saya lupa mencabut jadi mengecas 8 jam , kira kira gak bakalan terjadi apa apa om ..

  55. ulum says:

    gara gara om yahya nh saya jadi pengen beli hehehehee ,,
    syang cameranya kurang jozz,,(gpp bukan tukang selfie ini)
    ohya om bisa dinaikin ke kitkat ga yah?

    • Oom Yahya says:

      Kalau Fonepad doang kelihatannya belum tersedia update ke KitKat. Entah kalau Fonepad 7 atau Fonepad 8

  56. dzikri says:

    Saya baru satu bulan lebih pake asus fonpad 7, tapi sekarng nge charge lebih dari 5 jam gk penuh2 ya? Minta komentar nya dong om.

  57. ramos says:

    Om fonepad ane koq ga bisa nerima aplikasi via bluetooth tpi klo lagu baru bisa, kira2 knapa tuh

    • Oom Yahya says:

      menerima aplikasi itu maksudnya share file APK? Coba update firmwarenya. Dari beberapa sumber saya baca setelah update firmware terbaru, khususnya ke KitKat, baru bisa share APK.
      Eh tunggu, ini Fonepad berapa?

  58. rahmad says:

    saya baru beli fonepad, pas saya update wafwere kok tiba2 mati ya, gk bisa hidup kembali,,, mohon solusinya ?

  59. dudi says:

    om kpn ya asus fenopad7 saya ga bisa nyala lg gara2 ada bacaan instal, trus saya tekan instal eeeh ternyata dh dua hari ini asus saya ga bisa ngangkat cb di logo asus aja, solusi’y gmn tolong share???

    • Oom Yahya says:

      Coba waktu muncul logo Asus, tekan tombol power, volume + dan volume – bersamaan sekaligus. Seandainya muncul menu, coba pilih factory reset atau semacam itu. Resikonya, data2 akan hilang

  60. ardika says:

    selamat malam,
    dear om yahya, saya mau tanya.
    kenapa tablet asus saya mengalami masalah saat pengisian baterai dan slot micro sim.
    pengisian wajar dalam keadaan hidup biasanya 3 jam, dan jika mati bisa sampai 2 jam. tetapi sekarang 12 jam saja cuma
    terisi 75% saja, dan saya selalu pakai carger ori.
    terus kartu sim sering tidak terbaca untuk beberapa detik saja.
    mohon bantuannya, apa masalahnya di baterai atau di cargernya?
    terimakasih

    • Oom Yahya says:

      Sudah coba update firmware?
      Untuk kartu SIM-nya, coba dibersihkan bagian kuning emasnya itu, pake penghapus pensil.

  61. egi says:

    Om kenapa di fonepad 8 ga bisa install bbm
    Bela ke email ya om trimakasih

    • Oom Yahya says:

      Bisa tapi harus langsung dari APK-nya.
      Coba cari artikel lain di blog ini tentang install BBM di Fonepad

  62. rahma says:

    Pagi om yahya, baru 3 hari sya beli asus fonepad 8, baru tau kalau layar dengan casingnya kaya longgar untuk sisi kirinya, jadi seperti layarnya tidak terlalu nancap, sisi kanan rapat2 aja. Apakah itu cacat pabrik? Apakah bisa ya untuk di claim baru? Makasih om

    • Oom Yahya says:

      Karena baru 3 hari, lebih baik secepatnya ditanyakan ke toko tempat beli. Siapa tau masih bisa ditukar

  63. vio says:

    om saya baru beli asus fonepad 7 fe170cg tp kenapa kalau dibuat browsing kok lama sekali padahal signal udah 3g hdspa

    • Oom Yahya says:

      Coba dites pake aplikasi speedtest dari OOKLA.
      Kalau perlu bandingkan dengan gadget lain yang menggunakan operator yang sama.

  64. hendri says:

    Om aq bru bli fenoPad 7 ne. Soal kamera, brows & fisik gak ada msalah om. Malah aq kasi jempol 5. Aq cm mo tanya om Tp aq cerita dulu ne. Dlu aq tu pake smartphone merk lain. Klo aq lg bpergian ke wilaya yg bukan daerah kota ya ngrtilh jaringannya ntar naik turun. Kadang endge (E) & kdang 3G (H). Enaknya smartphone aq tu aq stel aja pilh 3G yar gak pake naik turun lgi tu jaringn. Tp di Fenopad gak ada stel yar 3G aja. Klo 2G aja ada. Gmn tu mnurut om yahya.

  65. hendri says:

    Tanks bgt oom. Sangat membantu

  66. hendri says:

    Duh oom. Ada lgi ne. Bisa Video call gak pk fenopad 7. And caranya oom. Mhon bntuannya oom.

    • Oom Yahya says:

      Saya juga buat tulisan tentang cara video call pake zenfone. Apps yg dipake Google Hangout. Saya pikir pake Fonepad juga sama

  67. princess dinnaa says:

    Om yahya
    Aku udh3 bln yg lalu pake fenopad 7
    Udh 1 mggu ni lcd ny pecag karna gak sengaja ke injeek..
    D tny d service asus kt ny hrs ganti 1 paket lcd dan TS hrg 1 jt.
    Klo d konter lain 500rban cm LCD doang. Gak hrs ganti TS..
    Tp ak msh bingung nih..
    Klo milih konter ntar garansi udh gak berlaku lagi jd takut klo ad kerusakan yg lain gk bs ke asus..
    Tp llo d asus center bener2 mahall..
    Lbh baik d beneri atau gak ya??

    • Oom Yahya says:

      Maaf TS itu apa ya? Touch screen?
      Lha kalo pecah apa ya mungkin gak diganti?
      Kalau saya ya tetap pilih yg dari Asus karena nantinya garansi masih akan tetap berlaku.

  68. vivi-mpii says:

    omm mau tnya . kog fp 7 ku gbsa baca sim ya? pdhal sim ku micro jga tp ga kbca2 . knpa itu? :(

    • Oom Yahya says:

      SIM-nya asli micro atau dulunya mini lalu dipotong?
      Mungkin pemotongannya kurang presisi.
      Atau bisa juga kotor. Coba dibersihkan bagian kuning emasnya pake karet penghapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>