Blog Oom Yahya

Catatan Usil Yahya Kurniawan

ASUS FonePad, Tablet Pertama Dengan Prosesor Intel

Saat sedang mobile, selama ini saya dan istri saya kadang-kadang menjumpai kesulitan kalau mesti menyelesaikan pekerjaan “ringan” yang membutuhkan komputer. OK, saya ada notebook di rumah, namun rasanya bawa notebook itu masih ribet, apalagi kalau mobile-nya itu pas jalan-jalan di taman misalnya. Ponsel juga bisa sih untuk kerja, misalnya sekedar balas email, tapi kekecilan, hehe.

Akhirnya kami memutuskan untuk “meminang” tablet. Karena alasannya mobilitas, kami memilih tablet berukuran 7 inchi, yang 10 inchi pun masih kami rasakan kebesaran. Trus kalaupun toh digunakan untuk komunikasi, ukurannya masih bisa ditoleransi lah kalo dideketin ke kuping.

Nah, jadinya ada dua tablet baru yang menghuni rumah saya, keduanya ASUS, yaitu MemoPad dan FonePad. Kali ini saya mau cerita soal FonePad karena tablet ini istimewa. Ini penampakannya.

FonePad

 

Jangan khawatir, foto di atas diambil kala parkir kok, mobilnya gak berjalan. (upss)

Pertama, tablet ini diperlengkapi dengan kemampuan komunikasi melalui slot SIM Card yang dimilikinya. Jelas ini sangat mendukung kebutuhan mobile kami. Slot SIM Card tersebut ditujukan untuk Micro SIM Card, jadi saya mesti memotong dulu SIM Card saya yang masih berukuran standar.

Berikutnya, yang ini pasti lebih istimewa: FonePad adalah tablet pertama yang menggunakan prosesor Intel! Prosesor yang digunakan adalah Intel® Atom™ Z2420 1.2 GHz yang memiliki nama kode Lexington. Dengan menggunakan prosesor tersebut, tablet ini menjadi gegas dan irit daya.

Resolusi layar yang ASUS FonePad adalah WXGA 1280×800, termasuk paling tinggi bila dibandingkan beberapa kompetitor yang sekelas, HD (High Definition) pula! Sayang belum menggunakan Gorilla Glass.

ASUS FonePad diperlengkapi dengan dua kamera, depan dan belakang. Sebenarnya kamera bukanlah hal yang mutlak kami perlukan sih tapi apa ya ada sekarang ini tablet atau ponsel tanpa kamera? Hehe. Setidaknya kameranya lumayanlah, dengan resolusi 1.2 MegaPixel untuk kamera depan dan 3 MegaPixel untuk kamera belakang dan semua sudah diperlengkapi fitur Auto focus.

Yang bikin saya makin terkesan, desain metallic finish yang membalut body ASUS FonePad ini sangat mempesona. Ada dua pilihan warna yang tersedia, yaitu Titanium Gray dan Champagne Gold. Saya memilih Champagne Gold, biar agak-agak anti mainstream gitu. Desain ini membuat ASUS FonePad menjadi produk yang nampak high class, seolah dua tiga tingkat di atas rentang harganya yang 3 jutaan kurang sedikit.

Baiklah, FonePad-nya saya pake mainan dulu. Nanti gimana pengalaman penggunaannya, bakal saya tulis lagi di blog ini juga. Stay tuned.

36 Responses to ASUS FonePad, Tablet Pertama Dengan Prosesor Intel

  1. Pingback: Install BBM for Android di Tablet - Blog Oom Yahya

  2. edward says:

    baterenya tahan berapa lama pak? procesor intel biasanya lebih boros tenaga.. :p

  3. intel Atom itu yang juga dipake buat netbook bukan ya Oom?

    btw, tebalnya seberapa? masih bisa masuk saku celana ga ya?

    • Oom Yahya says:

      Iya Bill, Intel Atom itu dulunya untuk netbook :mrgreen:
      Ukurannya 196.4 x 120.1 x 10.4 mm, cukup tipis tapi apa ya mau dimasukin saku celana? (lmao)

  4. mina says:

    Bagaimana dengan Asus MemoPadnya? *menunggu review*

    • Oom Yahya says:

      MemoPad hampir sama kok, dimension juga mirip. Bedanya cuma gak bisa nelpon sama prosesor belum Intel :mrgreen:

  5. ryan_oke says:

    Pajero ya, Oom?

  6. Bagus Gowes says:

    Sepintas mirip iPad Mini, dideketin lihat banyak apps.nya adroid banget. :)

  7. Catcilku says:

    Masih bisa kepingin dulu.. :D

  8. akhsan hakim says:

    apa kabar bbm di ponepad nya om? ak penggemar asus jg ni, skrg pake transformer tf300tg, asik memang si asus ini, btwbtw ponepad ini ada bawaan assesoris headset bluetooth nya ga om?

  9. uun corona says:

    kalau dibanding s+++++g tab 3.7.0 bagusan mana om? btw habis diujicoba langsung jual murah ya om.. :), mksh

  10. uun corona says:

    jual murah kok 5jt, gmn om kalau 6 jt, min transfer di e banking ku bisanya segitu je om, ketimbang pakai uang kembalian, nanti malah ribet… xixixixi

  11. Tina Latief says:

    yampun itu android? kok mirip ipad sih..
    berapa duit ini mas?

  12. giewahyudi says:

    Prosesornya yang sudah pakai Intel, KEREN. Tapi kayaknya ada yang ketinggalan, Om. Setahuku, Asus Fonepad ini sudah memiliki fitur telfon. Tolong dicek dulu ya, aku masih agak bingung sama Asus Fonepad dan Asus Padfone. :)

    *ngiler pengen punya juga*

  13. lindaleenk says:

    Ketagihan telponan pakai yg ini? -_-“

  14. heni dayati says:

    Om,aku jg rencana mau beli asus fonepad baru mau pesan di lazada.co.I’d..mau nanya2 tap bingung apa yang mau ditanya..kali aja kalo dah pegang asusnya baru banyak pertanyaan.bs minta alamaty emailnya om?aku ni gaptex banget,maklum dah ibu2 ingatannya lbh banyak ke bawang dan cabe

  15. zahrul says:

    Om cara pndah aplikasi ke sd card gmn?? G bsa y?

  16. zahrul says:

    Asus fonepad saya kok ramx sring tggal dkit bgt y.pdhal sy cm instal aplksi tmbhan 50 aplksi..tp ram sring trssa dkit bgt kdng mlah cm ssa 20 mb…knp tu y??

  17. zahrul says:

    om, punyaq casing bgian blakang yg atas (ttupx) kok udah baret y..gmpng bgt baret…px om gmn??

  18. Zahrul says:

    Beli dmn asesorisx…sya xari ssah….oo itu asesoris yg universal y….
    bner dah dkasi bgtuan…krn mnk gmpng baret ttup bgian blkang tu krn trbuat dr plastik bkan metal

  19. chris says:

    nanya om, usb otg bisa ga di asus fonepad ini?

  20. budianingsih says:

    Bagaimana cara upadate aplikasi bbm di asus fonepad? Karena saya sudah coba berkali kali dan hasilnya sama,, tertulis seperti ini : perangkat anda tidak kompatibel. Dulu saya bisa download hanya di mobogenie, karena di playstore tidak bisa. Tapi sekarang mobogenie,, tetap saja di alihkannya ke palystore.
    Mohon bantuannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>